mural
homeforward
7 Cara Menghemat Kuota Internet, Gak Bikin Dompet Jebol

7 Cara Menghemat Kuota Internet, Gak Bikin Dompet Jebol

Pemakaian ponsel kini telah menjadi suatu kebutuhan wajib untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Mulai dari urusan pekerjaan, bertukar informasi, memesan kendaraan, membeli makanan dan minuman, mendengar musik, menonton film, hingga membeli tiket atau membayar tagihan. Semua tidak lepas dari ponsel. 

Guna menunjang semua hal tersebut, kamu harus mengunduh banyak aplikasi dan membutuhkan kuota dan jaringan internet yang mumpuni. Meski begitu, ternyata aplikasi yang ada pada ponsel kamu tetap menyerap kuota meski tidak kamu gunakan. Apabila kamu tidak menerapkan cara hemat kuota, pastinya akan terjadi pemborosan yang membuat kamu harus terus melakukan isi ulang.   

Baca juga: Tips Mudah Beli Kuota Indosat Murah

Penyebab lain mengapa kuota internet kamu cepat habis adalah pemakaian ponsel yang tidak kamu perhatikan. Supaya kamu tidak cepat kehabisan kuota sampai tiba waktunya habis, coba lakukan beberapa tipsnya berikut ini. 

1. Mematikan Fitur Lokasi Saat tidak Terpakai 

mematikan fitur lokasi

Sumber: Tekno Kompas

Cara menghemat kuota yang pertama adalah mematikan fitur lokasi ketika kamu tidak sedang memakainya. Pasalnya, fitur lokasi atau GPS pada beberapa aplikasi yang biasanya kamu akses tidak hanya menyedot baterai ponsel, tetapi juga cukup menghabiskan kuota internet. Umumnya, fitur ini akan membutuhkan kuota untuk mengirim dan mengunduh data. 

Meski tidak sedang kamu pakai, aktivitas ini akan terus berlangsung. Alhasil, baterai dan kuota internet sudah pasti menjadi cepat habis. Nah, supaya kamu tetap busa hemat kuota, caranya sebenarnya sangat mudah. Kamu dapat memilih opsi mengaktifkan fitur GPS dan lokasi hanya ketika sedang mengakses aplikasi tersebut. Jadi, fitur akan mati atau nonaktif secara otomatis apabila kamu sedang tidak mengakses aplikasi tersebut. 

2. Tutup Platform Video Ketika tidak Ditonton 

Menyaksikan video dari platform streaming seperti YouTube atau kanal lain memang sangat seru dan menyenangkan. Meski begitu, kalau kamu tidak dapat mengontrol aktivitas satu ini, sudah pasti dampaknya adalah kuota internet menjadi cepat habis. 

Misalnya, saat menyaksikan video yang memiliki kualitas SD atau 480p, kamu memerlukan kuota internet kurang lebih sebanyak 300 MB untuk setiap jamnya. 

Sementara itu, saat melakukan streaming video dengan kualitas HD atau 720p, besar kuota yang kamu butuhkan kurang lebih 700 MB. Berbeda lagi kalau menyaksikan video dengan kualitas paling bagus alias Full HD yang memiliki resolusi 1080p, kamu perlu kuota internet sampai 3 GB untuk setiap jamnya. 

Jika begitu, bagaimana cara menghemat kuota internet supaya tidak terlalu boros saat menonton? Cara paling mudah adalah menurunkan kualitas video yang kamu tonton. Misalnya menonton dengan kualitas 480p atau 720p saja sebenarnya sudah cukup bagus. Selain itu, jangan lupa untuk menutup aplikasi ketika kamu sedang tidak nonton. Sebab, meski kamu sedang mengakses tab lain, aplikasi tersebut tetap mengunduh data. 

3. Matikan Fitur Unduh Otomatis pada Email atau Aplikasi Chatting 

mematikan fitur unduh otomatis

Sumber: iNews

Hemat kuota juga bisa kamu lakukan dengan menonaktifkan fitur unduh secara otomatis pada aplikasi email atau chatting yang kamu pakai. Memang benar, mengunduh file dokumen, gambar, atau video secara manual terasa sangat merepotkan. Namun, dengan mematikan fitur ini, kamu bisa memilih mana file atau gambar yang perlu kamu unduh atau tidak. Dengan begitu, kuota internet tidak akan cepat habis karena tidak semua file terunduh secara otomatis. 

Bahkan, kalau tidak mengaktifkan fitur ini, setidaknya kamu bisa menghemat kuota sampai 1GB dalam waktu satu bulan dan bisa memakainya untuk mengakses aplikasi lainnya. Sangat lumayan, bukan?   

4. Matikan Fitur Update Aplikasi Otomatis 

Selain mematikan fitur unduh otomatis pada aplikasi chatting, cara menghemat kuota berikutnya yang sering lupa dilakukan adalah mematikan fitur update aplikasi secara otomatis. Sebab, update otomatis akan memakan kuota internet cukup besar. Misalnya, satu jenis aplikasi yang melakukan pembaruan secara otomatis menghabiskan kuota sekitar 30 MB. Namun, fitur update otomatis pada ponsel kamu akan secara langsung mengunduh 3 sampai 5 aplikasi sekaligus. 

Apabila ukuran aplikasi sama, kamu sudah menghabiskan kuota sebesar 150 MB. Jadi, sebaiknya lakukan pembaruan aplikasi secara manual. Pilih aplikasi yang memang harus kamu perbarui lebih dulu. Alhasil, kuota internet tidak cepat habis hanya untuk mengunduh pembaruan aplikasi. 

5. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis dalam Penyimpanan Cloud 

mematikan fitus sinkronisasi otomatis

Sumber: Shopee

Apakah kamu mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis untuk menyimpan data cadangan? Jika iya, sebaiknya kamu matikan saja fitur tersebut, dan melakukan back up data secara manual. Sebab, fitur back up dan sinkronisasi otomatis juga membuat kuota internet kamu jadi lebih cepat habis. 

Saat melakukan pemindahan data, kamu perlu kuota yang besar sesuai ukuran file yang kamu punya. Apabila kamu melakukan back up data secara manual, pemakaian internet bisa menjadi lebih hemat. Ini karena kamu bisa memilih file penting mana saja yang ingin kamu simpan dalam bentuk online. 

6. Hindari Fitur Pemutar Otomatis saat Menyalakan Musik 

Beberapa aplikasi musik streaming memiliki fitur pemutar otomatis. Memang sangat memudahkan, tapi secara bersamaan juga membuat kuota internet jadi lebih cepat habis. Tentunya, solusi untuk masalah ini adalah menonaktifkan fitur pemutar otomatis tersebut. Jadi, ketika satu album musik sudah selesai, kamu bisa menghidupkan musik lagi secara manual.   

7. Atur Pemakaian Harian 

Jangan lupa, kamu juga harus rutin melakukan pengecekan pemakaian internet. Bijaklah untuk memilih penyedia layanan internet yang bisa memberikan kebebasan untuk mengatur pemakaian kuota internet bulanan. Selain itu, pastikan kamu membeli paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: Langkah-Langkah Beli Kuota XL Online

Hemat kuota internet ternyata hanya perlu kamu lakukan dari kebiasaan sederhana, ya? Sayangnya, justru ini yang kerap terlupa, sehingga membuat kuota internet lebih boros. Namun, kamu tidak perlu khawatir kalau kuota habis, karena sekarang kamu bisa melakukan isi ulang pulsa dan kuota internet dari aplikasi Flip. 

Tidak hanya transfer uang bebas biaya admin*, aplikasi Flip menawarkan pengisian ulang pulsa dan kuota semua provider dengan pilihan nominal yang beragam. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, prosesnya juga sangat mudah dan praktis. Pastikan kamu sudah download aplikasi Flip di ponselmu, ya! Gratis dari App Store dan Play Store!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_4.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi