mural
homeforward
7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 5 Juta

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 5 Juta

Mengatur keuangan merupakan hal yang sangat penting, apalagi dalam rumah tangga. Keuangan bahkan menjadi salah satu penyebab perceraian paling besar selain orang ketiga. Ini menandakan bahwa kemampuan mengatur keuangan rumah tangga sangat diperlukan di Indonesia.

Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), pendapatan penduduk Indonesia rata-rata adalah Rp62,2 juta per tahun pada 2021 atau sekitar Rp5 jutaan per bulan. Oleh karena itu, berikut cara mengatur keuangan rumah tangga dengan pendapatan Rp5 juta agar tetap bisa menabung dan belanja.

1. Pahami Dulu Kondisi Keuangan Rumah Tangga

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta per bulan adalah pahami kondisi keuangan rumah tangga. Artinya, coba breakdown pengeluaran rumah tangga selama sebulan, apakah pengeluaran tersebut masih bisa ter-cover dengan pendapatan kamu dan pasangan. Jika ternyata pengeluaran lebih besar, bahkan sampai terpikat utang, kamu harus merombak pengaturan keuangan rumah tangga yang sudah ditetapkan sebelumnya.

2. Sisihkan Uang Tabungan di Awal Bulan

sisihkan uang tabungan di awal bulan Sumber : Unsplash

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang tabungan di awal bulan. Ini dilakukan agar kamu tidak menabung dari sisa uang bulanan yang sudah habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Menabung di awal bulan juga membuat kamu lebih disiplin untuk menyisihkan uang dalam jumlah tertentu.

Persentase yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan rumah tangga adalah 50:30:20. Sebanyak 50 persen dari Rp5 juta, yakni Rp2.500.000 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, transportasi, dan tagihan. Sedangkan 30 persen (Rp1.500.000) untuk investasi dan tabungan, serta 20 persen (Rp1.000.000) untuk memenuhi keinginan, misalnya nongkrong, belanja, dan sebagainya.

Agar kebiasaan menabung semakin maksimal, pisahkan rekening utama dengan rekening khusus tabungan. Cara ini memang mengharuskan kamu untuk transfer dana setiap bulan, belum lagi jika rekeningnya beda bank, akan ada tambahan biaya administrasi. Namun, tidak perlu khawatir sebab sudah ada Flip, aplikasi transfer dana bebas biaya admin sehingga kamu bisa lebih hemat, deh!

3. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan juga jadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang tidak boleh dilewatkan. Kebutuhan adalah hal-hal yang sifatnya penting dalam kehidupan sehari-hari, misalnya makan, minum, uang transportasi, dan biaya listrik.

Sementara itu, keinginan adalah hal sifatnya lebih tidak wajib dan bertujuan untuk memberikan kesenangan atau hiburan sesaat, misalnya belanja barang-barang branded, nonton film di bioskop, dan lainnya. Dengan memisahkan dua hal ini, kamu akan tahu mana yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan mana yang tidak.

4. Ikuti Investasi dengan Risiko Rendah

ikut investasi dengan risiko rendah Sumber : Unsplash

Selain menyisihkan uang untuk ditabung, investasi juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang patut untuk ditekuni. Kini, sudah banyak instrumen investasi yang tersedia. Dengan penghasilan Rp5 juta per bulan, kamu bisa memilih untuk ikut investasi dengan risiko yang rendah, seperti membeli emas atau reksa dana pasar uang.

5. Sebaiknya Hindari Dulu Mengikuti Program Kredit

Cara mengatur keuangan agar tidak boros yang berikutnya adalah dengan menghindari dahulu program kredit yang kini banyak ditawarkan oleh berbagai e-commerce. Alih-alih membeli barang dengan program kredit, ada baiknya kamu menabung terlebih dahulu. Pasalnya, kredit dapat membuat pengeluaran semakin membengkak dan cenderung mengarahkan kamu pada gaya hidup yang boros.

6. Alokasikan Uang ke Dana Darurat

Selain memenuhi kebutuhan pokok, mengalokasikan uang ke pos dana darurat juga merupakan salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta. Dana darurat diperlukan untuk mengatasi hal-hal yang sifatnya mendadak, seperti PHK tiba-tiba, kecelakaan, atau sakit.

7. Belanjalah Saat Ada Promo

Terakhir, kamu bisa mengoptimalkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan membiasakan diri untuk berbelanja saat ada promo. Sekarang sudah banyak marketplace dan swalayan yang menyediakan berbagai pilihan promo menarik. Jika bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan di pasar tradisional, ini juga bisa menjadi opsi utama untuk kamu.

Itulah cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa kamu terapkan. Jika kamu harus menabung di rekening yang berbeda atau berbelanja di marketplace, pastikan untuk menggunakan Flip, aplikasi transfer uang dan top up e-wallet gratis agar pengeluaran semakin hemat. Download aplikasi Flip sekarang!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.7

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

MasukBlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 50928829

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi