mural
homeforward
Metode Kakeibo, Cara Menabung Khas Orang Jepang

Metode Kakeibo, Cara Menabung Khas Orang Jepang

Menabung adalah kegiatan yang perlu kamu lakukan untuk menjaga stabilitas keuangan. Namun, sering kali kita bingung bagaimana cara menabung yang tepat. Metode menabung tersebut harus bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Dengan begitu, kegiatan menabung jadi menyenangkan dan mudah dilakukan.

Salah satu metode menabung yang perlu kamu tahu dan patut dicoba adalah Kakeibo. Metode Kakeibo adalah salah satu cara menabung yang banyak digunakan oleh masyarakat Jepang. Sebenarnya, apa dan bagaimana teknik menabung Kakeibo? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Metode Kakeibo?

cara menabung ala orang jepang Sumber: Pexels

Kakeibo sendiri memiliki arti ‘catatan keuangan rumah tangga’. Artinya, teknik menabung Kakeibo ini mengutamakan pencatatan dan perencanaan keuangan dalam lingkup rumah tangga. Namun, secara umum, metode Kakeibo adalah sebuah cara untuk melakukan pencatatan keuangan secara manual demi mencapai tujuan tertentu. Karena metode ini manual, maka kamu akan memerlukan kertas dan pena alih-alih aplikasi keuangan.

Para peneliti mengatakan bahwa menulis sesuatu secara manual dengan tangan akan memberikan perubahan positif. Dengan begitu, metode Kakeibo dipercaya mampu meningkatkan kesadaranmu untuk terus melakukan pencatatan. Jika kamu sadar untuk melakukan pencatatan keuangan, maka kamu pun mulai mempertimbangan pengeluaran demi mencapai sebuah tujuan.

Misalnya, kamu memiliki tujuan untuk menabung demi membeli rumah. Ketika kamu melakukan pengeluaran besar setiap bulannya dan melakukan teknik menabung Kakeibo, kamu akan menyadari bahwa pengeluaran tersebut bisa ditekan. Pasalnya, kamu bisa melihat secara langsung angka pengeluaran yang kamu tulis dari bulan ke bulan. Metode Kakeibo ini pun dipercaya bisa mengurangi pengeluaran hingga 25 persen.

4 Panduan Pertanyaan ala Kakeibo

Menggunakan metode Kakeibo ini tidaklah sulit. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pencatatan adalah menanyakan empat pertanyaan ala metode Kakeibo ini. Dengan mempertimbangkan betul-betul, kamu akan memiliki arahan yang jelas dalam melakukan teknik menabung Kakeibo ini. Keempat pertanyaan ala metode Kakeibo ini adalah:

  • Berapa banyak uang yang saya punya?
  • Berapa banyak yang akan disimpan?
  • Berapa banyak yang bisa dibelajakan?
  • Bagaimana caranya meningkatkan uang yang ditabung?

 

Pertanyaan pertama mengacu pada pendapatanmu tiap bulannya. Setelah itu, kamu harus menyisihkan uang untuk disimpan. Tentukan target serta jangka waktu yang kamu butuhkan untuk menabung atau menyimpan uangmu. Misalnya, kamu mau menyimpan uang untuk membeli mobil dalam waktu lima tahun lagi. Maka, perhitungkan berapa banyak jumlah uang yang harus kamu simpan tiap bulannya untuk mencapai target.

Ketiga adalah mempertimbangkan uang yang dibelanjakan. Dalam pertanyaan ini, kamu perlu memahami pengelompokan pengeluaran, yaitu pokok, sekunder, tambahan wawasan (misalnya membeli buku), dan terakhir adalah pengeluaran ekstra seperti perbaikan rumah atau kendaraan pribadi.

Pertanyaan keempat mengacu pada poin pertanyaan ketiga. Artinya, dari pengeluaran tersebut, bagian manakah yang bisa kamu kurangi? Analisislah keempat kelompok tersebut dan mulailah berhemat.

Cara Atur Keuangan dengan Metode Kakeibo

Setelah kamu mengetahui garis besar teknik menabung Kakeibo dengan menanyakan pertanyaan di atas, maka yang harus kamu lakukan berikutnya adalah: mencatat pengeluaran Sumber: Pexels

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Buatlah catatan pemasukan bulanan serta pengeluarannya. Jangan lupa, kamu harus mencatat ini secara manual. Pahami terlebih dahulu berapa banyak uang yang masuk dan prediksi uang yang akan keluar. Artinya, kamu harus mulai membuat rincian pengeluaran yang mungkin akan kamu keluarkan selama sebulan.

2. Tentukan Budget

Langkah kedua adalah menentukan bujet. Jika kamu memiliki tujuan tertentu dalam menjalankan metode Kakeibo ini, misalnya untuk membeli suatu barang atau pergi ke suatu tempat, maka kamu harus mengetahui besaran biaya yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jumlah uang yang harus kamu tabung tiap bulannya.

3. Analisis Pengeluaran

Terakhir adalah menganalisis pengeluaran. Seperti yang sempat disinggung di awal, kamu perlu mencermati bagian mana saja yang bisa kamu hemat. Misalnya, poin pengeluaran sekunder seperti jalan-jalan dan makan di luar bisa kamu tekan, maka kamu bisa mengalihkan dananya untuk masuk ke tabungan.

Biasakanlah diri untuk menabung sejak dini, apalagi jika kamu memiliki banyak keinginan yang mau diwujudkan. Metode Kakeibo ini sangat cocok untuk kamu coba jika kamu ingin mencapai tujuan tertentu. Jangan lupa untuk memiliki rekening tabungan terpisah agar danamu tidak terpakai. Jika rekeningmu berbeda bank, kamu bisa menggunakan Flip, aplikasi transfer bebas biaya admin agar lebih mudah. Selamat mencoba!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi