mural
homeforward
Metode Kakeibo, Cara Menabung Khas Orang Jepang

Metode Kakeibo, Cara Menabung Khas Orang Jepang

Menabung adalah kegiatan yang perlu kamu lakukan untuk menjaga stabilitas keuangan. Namun, sering kali kita bingung bagaimana cara menabung yang tepat. Metode menabung tersebut harus bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Dengan begitu, kegiatan menabung jadi menyenangkan dan mudah dilakukan. 

Salah satu metode menabung yang perlu kamu tahu dan patut dicoba adalah Kakeibo. Metode Kakeibo adalah salah satu cara menabung yang banyak digunakan oleh masyarakat Jepang. Sebenarnya, apa dan bagaimana teknik menabung Kakeibo? Simak penjelasannya di bawah ini! 

Baca juga: Ingin Kuliah ke Jepang? Ini dia 6 Universitas Terbaik di Jepang

Apa itu Metode Kakeibo? 

cara menabung ala orang jepang

Sumber: Pexels 

Kakeibo sendiri memiliki arti โ€˜catatan keuangan rumah tanggaโ€™. Artinya, teknik menabung Kakeibo ini mengutamakan pencatatan dan perencanaan keuangan dalam lingkup rumah tangga. Namun, secara umum, metode Kakeibo adalah sebuah cara untuk melakukan pencatatan keuangan secara manual demi mencapai tujuan tertentu. Karena metode ini manual, maka kamu akan memerlukan kertas dan pena alih-alih aplikasi keuangan. 

Para peneliti mengatakan bahwa menulis sesuatu secara manual dengan tangan akan memberikan perubahan positif. Dengan begitu, metode Kakeibo dipercaya mampu meningkatkan kesadaranmu untuk terus melakukan pencatatan. 

Jika kamu sadar untuk melakukan pencatatan keuangan, maka kamu pun mulai mempertimbangan pengeluaran demi mencapai sebuah tujuan. Misalnya, kamu memiliki tujuan untuk menabung demi membeli rumah. Ketika kamu melakukan pengeluaran besar setiap bulannya dan melakukan teknik menabung Kakeibo, kamu akan menyadari bahwa pengeluaran tersebut bisa ditekan. Pasalnya, kamu bisa melihat secara langsung angka pengeluaran yang kamu tulis dari bulan ke bulan. Metode Kakeibo ini pun dipercaya bisa mengurangi pengeluaran hingga 25 persen. 

4 Panduan Pertanyaan ala Kakeibo 

Menggunakan metode Kakeibo ini tidaklah sulit. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pencatatan adalah menanyakan empat pertanyaan ala metode Kakeibo ini. Dengan mempertimbangkan betul-betul, kamu akan memiliki arahan yang jelas dalam melakukan teknik menabung Kakeibo ini. Keempat pertanyaan ala metode Kakeibo ini adalah: 

  • Berapa banyak uang yang saya punya? 
  • Berapa banyak yang akan disimpan? 
  • Berapa banyak yang bisa dibelajakan? 
  • Bagaimana caranya meningkatkan uang yang ditabung?   

Pertanyaan pertama mengacu pada pendapatanmu tiap bulannya. Setelah itu, kamu harus menyisihkan uang untuk disimpan. Tentukan target serta jangka waktu yang kamu butuhkan untuk menabung atau menyimpan uangmu. Misalnya, kamu mau menyimpan uang untuk membeli mobil dalam waktu lima tahun lagi. Maka, perhitungkan berapa banyak jumlah uang yang harus kamu simpan tiap bulannya untuk mencapai target. 

Ketiga adalah mempertimbangkan uang yang dibelanjakan. Dalam pertanyaan ini, kamu perlu memahami pengelompokan pengeluaran, yaitu pokok, sekunder, tambahan wawasan (misalnya membeli buku), dan terakhir adalah pengeluaran ekstra seperti perbaikan rumah atau kendaraan pribadi. Pertanyaan keempat mengacu pada poin pertanyaan ketiga. Artinya, dari pengeluaran tersebut, bagian manakah yang bisa kamu kurangi? Analisislah keempat kelompok tersebut dan mulailah berhemat. 

Cara Atur Keuangan dengan Metode Kakeibo 

Setelah kamu mengetahui garis besar teknik menabung Kakeibo dengan menanyakan pertanyaan di atas, maka yang harus kamu lakukan berikutnya adalah: 

mencatat pengeluaran rutin

Sumber: Pexels 

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran 

Buatlah catatan pemasukan bulanan serta pengeluarannya. Jangan lupa, kamu harus mencatat ini secara manual. Pahami terlebih dahulu berapa banyak uang yang masuk dan prediksi uang yang akan keluar. Artinya, kamu harus mulai membuat rincian pengeluaran yang mungkin akan kamu keluarkan selama sebulan. 

2. Tentukan Budget 

Langkah kedua adalah menentukan bujet. Jika kamu memiliki tujuan tertentu dalam menjalankan metode Kakeibo ini, misalnya untuk membeli suatu barang atau pergi ke suatu tempat, maka kamu harus mengetahui besaran biaya yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jumlah uang yang harus kamu tabung tiap bulannya. 

3. Analisis Pengeluaran 

Terakhir adalah menganalisis pengeluaran. Seperti yang sempat disinggung di awal, kamu perlu mencermati bagian mana saja yang bisa kamu hemat. Misalnya, poin pengeluaran sekunder seperti jalan-jalan dan makan di luar bisa kamu tekan, maka kamu bisa mengalihkan dananya untuk masuk ke tabungan. Biasakanlah diri untuk menabung sejak dini, apalagi jika kamu memiliki banyak keinginan yang mau diwujudkan. 

Baca juga: Mengupas Salah Satu Kampus Top di Jepang โ€“ Universitas Tokyo

Metode Kakeibo ini sangat cocok untuk kamu coba jika kamu ingin mencapai tujuan tertentu. Jangan lupa untuk memiliki rekening tabungan terpisah agar danamu tidak terpakai. Jika rekeningmu berbeda bank, kamu bisa menggunakan Flip, aplikasi transfer bebas biaya admin* agar lebih mudah. Selamat mencoba!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
ยฉ 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi