mural
homeforward
Kenalan dengan Cara Mengatur Keuangan 50 30 20

Kenalan dengan Cara Mengatur Keuangan 50 30 20

Setiap orang pasti ingin memiliki keuangan yang stabil. Namun, tak semua bisa mengatur keuangan dengan baik. Padahal, jika kamu ingin menjaga kestabilan finansial, artinya kamu harus bisa menerapkan pengaturan keuangan yang tertata.

Banyak orang mengeluh saat menjelang akhir bulan karena mereka tidak memiliki uang yang cukup. Biasanya, hal tersebut terjadi karena kebiasaan overspending. Nah, agar keuanganmu stabil, ada baiknya kamu memahami cara mengatur keuangan 50 30 20. Seperti apa prinsip mengatur keuangan 50 30 20? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pentingnya Mengatur Keuangan

Sebelum berkenalan dengan cara mengatur keuangan 50 30 20, yuk, simak dulu pentingnya mengatur keuangan!

1. Agar kebutuhan tercukupi

pentingnya mengatur keuangan Sumber : Unsplash

Mengatur keuangan akan memberikan kamu kesempatan untuk mencukupi kebutuhan. Jika kamu bisa menahan egomu untuk membeli barang-barang mewah yang tidak perlu, maka kamu bisa menyimpan cadangan uang lebih banyak. Misalnya, dibanding membeli sepatu baru saat kamu masih mempunyai sepatu layak pakai, kamu bisa mengalihkan uang untuk ditabung atau dibelikan barang pokok.

2. Menghindarkan diri dari utang

Biasanya, orang akan berhutang saat tidak memiliki uang sama sekali. Artinya, jika kamu bisa mengatur keuangan dan menjaga stabilitas finansial, maka kamu tak akan takut kekurangan uang hingga berutang. Utang yang berlebihan akan sulit dibayarkan, apalagi jika pendapatanmu selalu minim dan kamu tak bisa mengatur keuangan dengan benar. Bisa-bisa hidup kamu akan sama seperti ungkapan ‘gali lubang, tutup lubang’.

3. Punya dana darurat

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, apalagi jika kita mengalami bencana yang tidak diinginkan. Misalnya seperti sakit atau peralatan kerja rusak dan perlu diganti. Dengan mengetahui prinsip mengatur keuangan 50 30 20, maka kamu akan memiliki dana darurat. Dana darurat akan sangat berguna jika kamu sedang terhimpit masalah.

Kenalan dengan Cara Menabung 50 30 20

Agar keuanganmu tetap stabil dan bisa memenuhi kebutuhan bulananmu, kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan 50 30 20. Metode ini sangatlah mudah dan pertama kali dipopulerkan oleh Elizabeth Warren, salah satu dari 100 orang berpengaruh di dunia versi majalah Times. Prinsip mengatur keuangan 50 30 20 adalah sebagai berikut:

1. 50 persen untuk kebutuhan pokok

cara menabung 50 30 20 Sumber : Pexels

Setengah dari penghasilanmu setiap bulan harus bisa mencukupi kebutuhan pokok harian. Misalnya untuk belanja kebutuhan pokok bulanan, biaya listrik juga air, internet, pulsa, obat, transportasi dan lainnya. Pastikan sebesar 50% dari gajimu mencukupi pengeluaran wajib per bulanmu. Untuk mengetahui berapa besar pengeluaranmu, kamu bisa mencatat pengeluaran setiap bulannya.

Jika kamu memiliki gaji sebesar Rp5 juta, maka kamu bisa menyisihkan sebesar Rp2,5 juta untuk kebutuhan pokok bulanan. Jangan lupa untuk memprioritaskan apa saja yang perlu kamu bayar dan bedakan mana kebutuhan atau keinginan.

2. 30 persen untuk keinginan

Setelah bekerja keras, pasti kita akan membutuhkan hiburan, bukan? Nah, untuk pemenuhan hiburan, misalnya membayar layanan streaming film atau musik, jalan-jalan, atau membeli barang non pokok, kamu bisa menyisihkan 30% dari pendapatan bulanan. Jadi, jika kamu memiliki gaji Rp5 juta, maka sisihkanlah Rp1,5 juta untuk keperluan ini.

Namun, jangan menghamburkan uang untuk membeli barang keinginan lebih dari yang seharusnya, ya. Kamu harus bisa menahan diri untuk berbelanja barang yang tidak diperlukan.

3. 20 persen untuk tabungan atau investasi

Terakhir, alokasikan 20% gajimu untuk tabungan atau investasi. Jika pendapatan bulananmu Rp5 juta, maka sisihkanlah minimal Rp1 juta untuk tabungan. Memiliki tabungan sangatlah penting untuk mencapai tujuan finansial, misalnya mempersiapkan dana menikah atau untuk beli rumah.

Itulah cara mengatur keuangan 50 30 20 agar kesehatan finansialmu tetap stabil. Jika kamu berniat untuk berinvestasi demi mendapat bunga lebih tinggi, pelajari terlebih dahulu pasar investasi dan instrumennya. Namun, bila belum berani berinvestasi, kamu juga bisa menabung di bank yang berbeda agar tabunganmu tetap aman. Memisahkan rekening pengeluaran dan tabungan untuk masa depan sangatlah penting. Dengan begitu, arus pengeluaranmu hanya akan terfokus di satu rekening saja.

Nah, jika kamu memiliki rekening tabungan beda bank, kamu tak perlu khawatir dikenakan biaya admin. Pakai aplikasi Flip agar transfer dana bebas biaya admin! Kamu bisa lebih hemat dari pengeluaran yang tidak perlu. Yuk, download aplikasi Flip sekarang!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.7

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

MasukBlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 50928829

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi