mural
homeforward
Step-by-Step Cara Memulai Bisnis Barang Impor di Indonesia: Potensi Cuan Banget!

Step-by-Step Cara Memulai Bisnis Barang Impor di Indonesia: Potensi Cuan Banget!

Punya impian menjalankan bisnis barang impor Indonesia? Yuk, stop berkhayal dan jadikan mimpi itu nyata! Sebagai langkah awal, kamu bisa pelajari dahulu apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis tersebut.

Nah, di artikel ini, kamu akan mendapatkan penjelasan bagaimana memulai bisnis barang impor. Kira-kira, apa saja sih, yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis barang impor? Berikut penjelasannya.

1. Lakukan riset 

Langkah awal yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis barang impor adalah melakukan riset. Riset yang dimaksud adalah riset untuk mengetahui komoditas impor apa saja yang sedang banyak dibutuhkan masyarakat Indonesia. 

Tahap riset ini juga penting dilakukan untuk memperkirakan berapa besar modal awal yang diperlukan untuk mengimpor barang. Untuk itu, kamu perlu tahu dari mana tiap barang yang ada di dalam list tersebut diimpor dan bagaimana cara membawanya ke Indonesia. 

Selain itu, kamu juga perlu mempelajari regulasi impor, melakukan survei harga jasa pengirimanserta mencari tahu bagaimana barang impor tersebut akan dipasarkan nantinya.

2. Tentukan produk apa yang ingin diimpor 

Setelah melakukan riset, kamu bisa menentukan produk apa yang hendak diimpor. Pastikan kamu memutuskan pilihan produk yang akan diimpor setelah mempertimbangkannya matang-matang, ya.

Beberapa pertanyaan berikut yang bisa kamu gunakan untuk menilai apakah sebuah komoditas tepat untuk dijual, misalnya seperti:

  1. Apakah barang yang dijual berkualitas dan memiliki banyak peminat di Indonesia?
  2. Apa modal yang kamu miliki cukup untuk melakukan pembelian produk, membayar biaya pengiriman, pajak impor, serta biaya lain yang tidak terduga?
  3. Apakah kamu yakin sudah memiliki rencana bagaimana cara memasarkan produk yang akan diimpor?

Jika kamu sudah mengetahui betul jenis produk yang ingin diimpor, kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mencari supplier produk.

Baca Juga : Mau Impor? Dokumen Impor Barang Berikut Harus Ada

3. Cari supplier produk 

Ini merupakan salah satu tahap yang mungkin akan memakan waktu cukup lama. Pasalnya, kamu mungkin perlu berangkat ke luar negeri untuk mencari langsung supplier produk impor yang ingin dijual. Dengan cara ini, kamu bisa langsung melihat dan menilai kualitas produk—tidak semata-mata hanya melihat dari foto/video saja.

Jika mendatangi supplier langsung terasa begitu memberatkan, kamu bisa menghubungi pihak supplier secara online. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat biaya yang dibutuhkan untuk bepergian ke luar negeri, biaya transportasi, biaya akomodasi, dan biaya lain-lain selama di sana.

Nah, jika pada tahap riset kamu sudah mencari nama supplier penyedia produk yang diincar, pada langkah ini kamu hanya perlu menghubungi supplier tersebut.

Selain bertanya tentang spesifikasi produk, harga, dan berapa Minimum Order Quantity (MOQ/jumlah minimal pemesanan), kamu bisa meminta contoh barang impor kepada supplier. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui fisik produk secara riil sehingga kamu bisa memutuskan untuk lanjut bertransaksi atau tidak.

4. Pahami prosedur pengiriman

Membeli produk dari luar negeri, apalagi dalam jumlah banyak seperti dalam impor tentu akan sangat berbeda dengan membeli produk dari supplier dalam negeri. Baik cara pengiriman, regulasi yang mengikat, serta perizinan yang dibutuhkan juga akan lebih banyak daripada pengiriman produk secara domestik.

Sebagai pengimpor, kamu perlu memahami betul bagaimana prosedur perdagangan internasional, dokumen apa saja yang dibutuhkan, biaya dan pajak apa saja yang perlu dibayar. 

5. Membuat perizinan serta dokumen yang diperlukan

Setelah mengetahui bagaimana prosedur pengiriman barang, kamu bisa mulai membuat perizinan serta dokumen yang dibutuhkan.

Salah satu bentuk kelengkapan yang perlu dimiliki importir adalah Angka Pengenal Importir atau yang biasa disingkat API. Untuk mendapatkan API, kamu perlu mendaftarkan bisnis yang dijalankan ke kantor Dirjen Bea dan Cukai.

Persyaratan yang diperlukan untuk memiliki API ini cukup banyak, yaitu:

  1. KTP
  2. Paspor
  3. Pas foto pengurus bisnis
  4. NPWP pemilik bisnis
  5. Surat Keterangan Domisili
  6. Surat Izin Usaha Perdagangan
  7. SK Pendirian Usaha yang dikeluarkan Kemenkumham
  8. Akta Notaris Pendirian Perusahaan
  9. Tanda Daftar Perusahaan

Demikianlah cara memulai bisnis barang impor di Indonesia. Mendirikan bisnis impor memang tidak semudah yang diperkirakan. Akan tetapi, jika kamu mau terus berusaha, lambat laun pasti usahamu berbuah hasil, kok!

Dalam kegiatan impor, kamu akan sering bertransaksi dengan supplier produk di luar negeri. Maka dari itu, pastikan kamu tahu bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan murah.

          Baca Juga : Apa Itu Importir? Pengertian dan Jenis-jenisnya

Good news, nih: Flip bisa bantuin kamu transfer dana ke rekening bank luar negeri dengan fitur Flip Globe, lho. Bahkan, biaya transfer ke rekening bank luar negeri di Flip tergolong murah. Dengan fitur ini, kamu bisa bertransaksi tanpa perlu membayar biaya transaksi dengan nominal yang mahal.

Yuk, cobain fitur Flip Globe di aplikasi Flip! Download Flip dari AppStore atau PlayStore, buat akun, lalu mulai bertransaksi! 
 [SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi