mural
homeforward
Jangan Keliru! Begini 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Jangan Keliru! Begini 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Permintaan akan emas yang sangat tinggi dalam berbagai sektor, terutama investasi, membuat oknum nakal tidak ragu untuk memalsukan emas. Terlebih lagi, sangat sulit membedakan antara emas asli dan palsu secara kasat mata. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara membedakan emas asli dan palsu biar tidak tertipu.

Baca juga: Mau Investasi Emas Pegadaian? Perhatikan 5 Tips Ini!

 

1. Amati Fisiknya

cara membedakan emas asli dan palsu 1.jpeg

Sumber : Envato

Perlu kamu ketahui bahwa perbedaan utama antara emas asli dan palsu adalah terletak pada mark, tanda, stempel, atau cap khususnya. Jika kamu amati fisiknya secara teliti, kamu bisa lihat pada emas asli terdapat cap yang menunjukkan kadar emas, berat, serta perusahaan pencetakannya. 

Sebagai contoh, emas cetakan PT Antam Tbk memiliki logo ANTAM serta kode seri unik yang terukir langsung digrafir pada bagian badan emasnya. Emas asli juga diukur menggunakan satuan karat, yakni satu karat emas setara dengan 1/24 bagian. Karat ini mengacu pada kemurnian emas. 

Semakin kecil nilai karat, semakin banyak pula campuran logam lainnya dalam emas tersebut. Misalnya, emas 18 karat (18K) terdiri dari 18 bagian emas murni dan 6 bagian logam lain, sehingga memiliki kemurnian emas sebesar 75%. 

 

2. Gosok Emas

Jika kamu belum yakin setelah menggunakan cara pertama, kamu bisa coba menggosokkan emas untuk mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu. Emas yang asli warnanya tidak akan memudar dan merata walaupun telah digosok. 

 

3. Gigit Emas

Buat kamu yang sering menonton pertandingan olahraga, pasti sering melihat para atlet pemenang juara 1 berselebrasi dengan menggigit medali emasnya. Nah, hal tersebut ternyata bisa jadi referensi untuk mengetahui perbedaan emas asli dan palsu. Pasalnya, semakin tinggi kadar karat sebuah emas, semakin lunak pula permukaannya.

Jadi, saat kamu menggigitnya, ada sedikit bekas gigitan yang akan tertinggal. Hanya saja, metode ini cuma berlaku untuk logam mulia. Kamu tidak bisa menerapkannya pada emas perhiasan, sebab kandungan logam tambahan di dalamnya membuat permukaan perhiasan menjadi lebih keras. 

 

4. Dekatkan ke Magnet

Tahukah kamu kalau emas asli itu bersifat nonmagnetis? Artinya, emas asli tidak akan tertarik atau menempel jika kamu dekatkan ke magnet. Sebaliknya, jika emas tersebut menempel pada magnet, kemungkinan besar itu adalah emas palsu. 

Akan tetapi, metode ini hanya berlaku untuk logam mulia saja, ya. Kamu tidak bisa mengujinya pada emas perhiasan karena biasanya ada campuran logam lain yang membuat perhiasan tersebut bersifat magnetik.

 

5. Jatuhkan di Atas Keramik atau Kertas

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membedakan emas asli dan palsu adalah menjatuhkan atau menggoreskannya di atas permukaan ubin keramik maupun kertas. Emas yang asli memiliki kekerasan yang relatif rendah, sehingga tidak akan meninggalkan bekas goresan pada keramik.

Di sisi lain, emas palsu yang terbuat dari campuran logam lain yang lebih keras biasanya akan ada bekas goresan yang tertinggal. 

Perbedaan lain dari emas asli dan palsu adalah terletak dari kepadatannya. Untuk mengujinya, kamu bisa menggunakan wadah berisi air, kemudian menjatuhkan emas ke dalam wadah tersebut. Jika emas tersebut tenggelam, kemungkinan besar emas tersebut asli karena sifatnya padat.

Akan tetapi, cara ini terlalu berisiko, ya. Jika memang benar logam mulia yang kamu goreskan asli, bisa jadi logam mulia tersebut akan rusak. 

 

6. Pastikan Keasliannya dengan Sertifikat

Salah satu cara yang paling efektif untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan memeriksa sertifikatnya. Kamu bisa meletakkan sertifikat emas kamu di bawah sinar ultraviolet atau sinar matahari, kemudian akan muncul strip-strip hologram warna-warni layaknya uang kertas.

 

7. Uji Profesional

Jika kamu masih ragu setelah menggunakan lima cara di atas, coba lakukan uji profesional dengan mendatangi toko atau gerai emas yang tepercaya. Tanyakan perihal keaslian emas yang kamu punya supaya mereka bisa membantu kamu untuk memeriksa dan memverifikasi keaslian.

Biasanya pihak toko emas akan menggunakan alat-alat tertentu, seperti electronic gold tester machine, untuk mengidentifikasi keaslian emas. Dengan alat ini, mereka bisa mengukur berat dari emas tersebut secara akurat sebagai patokan untuk menentukan harga jual.

 

8. Mengetes Suaranya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa emas asli itu bersifat padat, tetapi bersuara nyaring. Untuk mengetesnya, kamu bisa mengetuknya dengan koin logam, kemudian dengarkan suaranya. Jika menghasilkan suara dering yang nyaring dan panjang, berarti emas tersebut asli.

 

9. Uji Asam Nitrat atau Cuka

Untuk mengetahui keaslian emas, kamu bisa coba beri beberapa tetes asam nitrat atau cuka. Emas yang asli tidak akan bereaksi atau teroksidasi ketika terkena cairan asam ini. Sebaliknya, jika palsu, emas tersebut akan bereaksi atau berubah warna jika terkena tetesan asam nitrat.

 

10. Gunakan Aplikasi CertiEye

Jika kamu tidak punya waktu untuk pergi ke toko emas, kamu bisa gunakan aplikasi CertiEye untuk memeriksa keaslian emas. Cukup unduh aplikasi ini di smartphone kamu melalui Google Play atau App Store. 

Namun, cara ini hanya bisa diterapkan pada emas keluaran terbaru, ya. Caranya adalah dengan memindai barcode yang terdapat pada pembungkus logam mulia.

 

Baca juga: 10 Jenis Reksadana Syariah, Jaga Uangmu dengan Amanah

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membedakan emas asli dan palsu. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu agar terhindar dari modus penipuan emas palsu, ya.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi