mural
homeforward
Mau Investasi Emas Pegadaian? Perhatikan 5 Tips Ini!

Mau Investasi Emas Pegadaian? Perhatikan 5 Tips Ini!

Selain reksa dana dan pasar uang, salah satu instrumen investasi yang dipilih oleh banyak investor pemula adalah emas. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya layanan yang memudahkan orang awam sekalipun untuk berinvestasi emas, seperti layanan yang diberikan oleh pegadaian. 

Nah, kalau kamu adalah orang awam yang ingin memulai pengalaman investasi emas pegadaian, simak tips-tipsnya di sini, yuk!

Baca juga: Minat Investasi? Cobain Cara Deposito BCA yang Mudah Ini!

Apa Itu Investasi Emas?

Singkatnya, investasi emas adalah instrumen investasi dari pegadaian dalam bentuk jual beli emas dengan fasilitas titipan. Artinya, nasabah tabungan emas pegadaian akan menabung dalam bentuk uang. Kemudian dalam prosesnya, tabungan tersebut akan dikonversi menjadi sekian gram emas. 

Setelah gram emas tersebut mencapai angka tertentu, nasabah bisa memilih untuk mencetak emas tersebut, atau tetap melanjutkan tabungan.

5 Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

tips investasi emas pegadaian 1.png

Photo: Unsplash

Untuk kamu yang ingin berinvestasi emas melalui pegadaian, berikut ini adalah beberapa keuntungan investasi emas di pegadaian yang akan kamu dapatkan:

1. Terjangkau dan Mudah Dicairkan

Untuk mulai berinvestasi emas di pegadaian, kamu bisa mulai dengan pembelian emas sekitar Rp9 ribu-an saja, lho! Ini karena pegadaian menawarkan emas dengan berat mulai dari 0,01 gram saja. Proses pencairannya pun mudah, kamu bisa menjual kembali emas tersebut atau mencetaknya menjadi emas batangan setelah mencapai berat 1 gram.

2. Emas yang Dijual Sudah Bersertifikasi

Karena bekerja sama dengan beberapa perusahaan emas ternama, maka seluruh emas yang dicetak di pegadaian bisa dipastikan memiliki sertifikat asli.

3. Aman dan Bebas Pajak

Sebagai perusahaan yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, layanan yang diberikan pun dijamin aman dan kredibel.

4. Banyak Pilihan Gram Emas Untuk Dicetak

Saat ingin mencetak emas, kamu bisa memilih banyak denominasi mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, hingga maksimal 100 gram.

5. Sudah Memiliki Layanan Digital

Untuk membuka tabungan emas ini, kamu bisa melakukannya secara online melalui aplikasi pegadaian digital, lho! Jadi, kamu hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mengambil buku tabungan emas saja.

Trik Investasi Emas di Pegadaian dengan Aman dan Untung

Jadi tertarik untuk mulai berinvestasi dengan instrumen emas pegadaian, kan? Kalau iya, yuk, baca dulu beberapa trik dan tips di bawah ini agar kamu bisa mencapai goals investasimu!

1. Tentukan Tujuan Investasi Kamu Sebelum Mulai

Pertama, kamu wajib mengetahui tujuan investasi yang akan dilakukan ini. Misalnya saja, kamu berinvestasi untuk tabungan membeli rumah bersama dengan pasangan. Kamu bisa merencanakan seberapa banyak investasi yang harus dilakukan, dan kapan investasi harus ditambahkan atau diambil.

2. Pilih Kadar dan Berat Emas yang Tepat 

Trik investasi emas di pegadaian berikutnya adalah memastikan bahwa kamu telah memilih kadar dan berat emas yang sesuai. 

Pertama, ketahui anggaran investasi yang kamu miliki atau telah kamu persiapkan sebelumnya. Kemudian, tentukan rentang waktu investasi yang diinginkan, sesuai dengan goals yang ingin dicapai. Terakhir, selalu cari tahu harga emas terbaru beserta perkembangannya. Misalnya saja, kamu bisa mengunjungi website Sahabat Pegadaian dan carilah menu “Harga Emas Hari Ini”.

3. Jangan Takut Berkonsultasi dengan Ahli Investasi 

Sebagai orang awam yang baru saja memulai perjalanan investasi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli. Jika perlu, bergabunglah dengan komunitas atau forum di media sosial yang menjadi tempat saling berbagi ilmu investasi. 

4. Siapkan Dokumen yang Diperlukan Sebelum Mengunjungi Cabang Pegadaian

Untuk membuka rekening tabungan emas di kantor cabang pegadaian, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Dokumen tersebut adalah kartu identitas diri seperti KTP atau paspor, serta formulir pembukaan rekening yang disediakan oleh pihak pegadaian.

5. Bayar Biaya Pembukaan Rekening

Saat melakukan pembukaan rekening di kantor cabang pegadaian, ada beberapa biaya yang perlu dibayarkan seperti biaya buka rekening dan biaya penitipan emas per tahun. Saat membayar biaya-biaya tersebut, pastikan bahwa uang yang digunakan termasuk ke dalam anggaran investasi, dan bukan anggaran kebutuhan pribadi.. Tujuannya, agar investasi yang dilakukan bisa benar-benar dilacak keuntungannya.

Baca juga: Ingin Memulai Investasi Emas? Baca Dulu Penjelasannya di Sini!

Jika kamu berencana untuk melakukan investasi emas pegadaian dalam jumlah besar, rencanakan semuanya dengan matang, ya!

Selain melakukan investasi, hidup hemat juga bisa menjadi cara yang baik untuk menabung demi masa depan. Misalnya saja, kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk biaya admin transfer antarbank dengan aplikasi Flip! 

Dengan aplikasi satu ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya admin* untuk transfer antarbank, lho! Belum lagi. Kamu juga bisa isi saldo dompet digital biaya lebih hemat dengan aplikasi ini. Dijamin, hidup jadi makin hemat, deh! Makanya, yukdownload Flip sekarang juga!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi