mural
homeforward
Ingin Memulai Investasi Emas? Baca Dulu Penjelasannya di Sini!

Ingin Memulai Investasi Emas? Baca Dulu Penjelasannya di Sini!

Orang Indonesia ternyata makin melek investasi, lho! Menurut hasil survei “Insights and Future Trends of Investment in Indonesia yang dilakukan Populix, mayoritas responden (72%) mengaku kalau mereka sudah melakukan investasi, terutama dari kalangan milenial. Dari sekian banyak instrumen yang ada di Indonesia, investasi emas jadi salah satu yang populer. Apa alasannya?

Baca juga: Kenali Investasi Syariah, Investasi yang Halal dan Cuan!

 

Manfaat Investasi Emas 

Kalau dibandingkan dengan saham, reksa dana, atau peer-to-peer lending misalnya, investasi emas mungkin terdengar jadul. Lantas, kenapa masih banyak orang yang memilih emas untuk berinvestasi?

Bahkan kalau melihat hasil survei yang sama dari Populix, emas termasuk salah satu jenis investasi yang paling banyak dipilih (46%), menempati urutan kedua setelah reksa dana (47%). Data ini didukung oleh riset yang dilakukan Tirto bersama Jakpat pada tahun 2022. Hasil riset menunjukkan bahwa ada 53% responden yang memiliki emas sebagai instrumen investasi.

Tingginya popularitas emas di Indonesia tidak terlepas dari manfaat investasi emas sendiri. Salah satunya adalah kemampuan emas dalam melindungi investor dari inflasi, menjadikannya salah satu penyimpanan nilai jangka panjang terbaik. 

Memang, sih, harga emas bersifat fluktuatif, tapi nilainya relatif stabil dari tahun ke tahun. Kalau melihat data dari Bank Dunia, rata-rata harga emas dalam 10 tahun terakhir mengalami pertumbuhan sekitar 34%, naik dari USD 1.487/troy ons pada April 2013 menjadi USD 1.999/troy ons pada April 2023. Ini lebih tinggi dari rata-rata inflasi tahunan di Indonesia dalam 10 tahun terakhir sebesar 4,23%.

 

Keuntungan Investasi Emas

Photo credit: rawpixel (Freepik)

Tidak hanya manfaat perlindungan dari inflasi, investasi emas juga menawarkan sejumlah keuntungan lain yang membuatnya begitu populer di kalangan investor Indonesia. Ini dia beberapa di antaranya:

Bisa dimulai dari modal kecil

Emas menjadi bukti nyata bahwa kamu tidak perlu modal besar untuk mulai investasi. Saat ini, ada banyak penyedia investasi emas yang memungkinkan kamu untuk beli emas mulai dari harga puluhan ribu saja.

Contohnya seperti Pegadaian yang menyediakan program Tabungan Emas, di mana kamu bisa top up saldo untuk beli emas mulai dari 0,01 gram. Ketentuan seperti ini pun memudahkan para investor pemula untuk mulai berinvestasi emas dengan modal terjangkau.

Rendah risiko

Risiko cenderung rendah juga merupakan salah satu keuntungan investasi emas yang patut kamu pertimbangkan. Seperti yang sempat disebutkan di atas, nilai emas cenderung stabil walaupun tetap mengalami fluktuasi. Bahkan nilainya cenderung naik selama 10 tahun terakhir. Jika ada fluktuasi pun, biasanya emas hanya mengalami perubahan statis dalam waktu pendek.

Fleksibilitas tinggi 

Thanks to technology, sekarang kamu bisa jual-beli logam mulia dengan jauh lebih mudah melalui platform online. Hal ini juga mencakup emas, lho. 

Menariknya lagi, fleksibilitas investasi emas juga mencakup kemudahannya dalam pencairan. Jadi, sewaktu-waktu kamu butuh dana untuk urusan darurat, kamu bisa menjual emas dan mendapatkan uang tunai dalam waktu beberapa hari saja. Proses pencairan ini juga biasanya bisa dilakukan via online atau aplikasi, lho!

 

Jenis Investasi Emas

Jadi tertarik buat berinvestasi setelah mengetahui berbagai manfaat dan keuntungan investasi emas? Sebelum itu, ketahui dulu kalau secara umum ada tiga jenis investasi emas yang bisa kamu pilih. 

Emas batangan

Ini dia jenis emas yang paling ideal dipilih untuk investasi. Soalnya, emas batangan mengandung emas murni dengan kadar mencapai 24 karat. Artinya, kandungan emas dalam jenis batangan ini bisa sampai 99,9 persen. Hal ini berbeda dari emas perhiasan, misalnya, yang pembuatannya melibatkan berbagai campuran logam.

Untuk investasi emas batangan, kamu bisa membelinya dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, bahkan sampai 1 kilogram. Sesuaikan saja dengan kondisi budget-mu, ya!

Emas online

Sesuai namanya, jenis investasi emas satu ini memang bisa kamu dapatkan secara online atau dengan mengakses internet. Jadi, kamu pun tidak perlu datang langsung ke toko emas atau toko logam mulia.

Umumnya, kamu bisa berinvestasi emas secara online melalui website atau aplikasi penyedia layanan jual-beli emas. Namun, perlu kembali diingat untuk selalu berhati-hati agar terhindar dari penipuan. Pilihlah layanan resmi yang disediakan oleh Pegadaian, bank, atau perusahaan jasa keuangan yang sudah terdaftar OJK.

Emas perhiasan

Dengan bentuknya yang cantik dan beragam, emas perhiasan memang bagus menjadi investasi penampilan di samping investasi finansial. Namun, sebetulnya jenis emas satu ini kurang dianjurkan sebagai investasi. 

Saat membeli emas perhiasan, uang yang kamu keluarkan tidak cuma untuk beli emas tersebut, tapi juga biaya pembuatannya. Apalagi, umumnya emas perhiasan bukan merupakan emas murni karena juga mengandung logam lainnya seperti perak atau tembaga. 

 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Cara Investasi Emas yang Tepat!

Kini, sudah terjawab kenapa investasi emas masih begitu populer di Indonesia. Nilai yang stabil, modal dan risiko rendah, hingga tingginya fleksibilitas menjadi alasannya. Tidak mengejutkan kalau sekarang kamu jadi tertarik buat berinvestasi emas.

Tapi kalau kamu juga sedang mencari investasi tambahan untuk bantu mewujudkan financial goals, investasi di Flip adalah solusinya! Bekerja sama dengan Amartha, Flip menyediakan layanan investasi dengan keuntungan setara 11,5 persen per tahun. Pada saat bersamaan, kamu bisa investasi sekaligus membantu UMKM di Indonesia untuk berkembang.

Buktikan sendiri keuntungan investasi di Flip dengan download aplikasinya di App Store atau Google Play Store sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi