mural
homeforward
Jangan Sembarangan, Ini 4 Cara Investasi Emas yang Tepat!

Jangan Sembarangan, Ini 4 Cara Investasi Emas yang Tepat!

Meskipun terdengar mudah, investasi emas harus dilakukan dengan benar. Investasi emas, apalagi untuk pemula, harus benar-benar dipastikan berjalan secara aman dan menguntungkan, jangan sampai justru berpotensi menimbulkan kerugian. Lantas, seperti apa cara investasi emas yang tepat? Simak selengkapnya berikut ini! 

Baca juga: Kenali Investasi Syariah, Investasi yang Halal dan Cuan!

 

Mengapa Investasi Emas Menguntungkan? 

mengapa investasi emas menguntungkan

Sumber: Pexels 

Emas tidak hanya sekadar perhiasan, tetapi juga merupakan instrumen investasi yang paling stabil saat ini. Berinvestasi penting untuk dilakukan ketika penghasilan sedang stabil agar kamu punya tabungan yang dapat digunakan sebagai dana darurat. Nah, investasi emas banyak dipilih saat ini karena beberapa alasan. 

Pertama, emas mempunyai nilai universal dan permintaan cukup tinggi. Logam mulia ini tidak akan pernah kehilangan nilai intrinsiknya. Jika kamu memiliki 2 gram emas 18 karat dalam bentuk cincin, misalnya, maka kandungan emasnya akan tetap sama selamanya. Berkat nilai universalnya, emas juga akan selalu dikenal dan dihargai oleh seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, investasi emas dapat memberikan keamanan finansial yang stabil daripada aset lain. 

Kedua, emas bersifat tahan akan inflasi. Tidak seperti aset lain, emas terbukti tetap stabil ketika nilai mata uang suatu negara mengalami penurunan atau peningkatan. Bahkan, emas juga terbukti mempunyai ketahanan yang amat baik ketika ekonomi dunia mengalami kehancuran. Oleh sebab itu, emas sering disebut sebagai komoditas krisis dan aman dari ketidakpastian geopolitik. Sebagai logam mulia yang dapat diwariskan, keunggulan emas berikutnya adalah dapat digunakan sebagai aset masa depan. Ketika diwariskan kepada anak, cucu, sampai cicit di masa depan nanti, nilai emas akan tetap terapresiasi dari waktu ke waktu karena faktor kelangkaan dan sebagainya. 

 

4 Cara Investasi Emas yang Tepat 

cara investasi emas

Sumber: Pexels 

Berkat keunggulan-keunggulan tersebut, emas menjadi pilihan yang tepat untuk diinvestasikan. Lalu, bagaimana cara investasi emas agar untung? Berikut ini adalah tips investasi emas yang patut kamu terapkan! 

1. Buat Tujuan Investasi 

Sebelum mulai berinvestasi, baiknya kamu pastikan dulu untuk apa tujuan kamu berinvestasi. Cara investasi emas yang tepat dan aman selalu dimulai dari tahap ini. Tentukan tujuanmu berinvestasi, apakah itu untuk tabungan pernikahan, pendidikan, dana darurat, atau untuk investasi hari tua. Perlu diingat bahwa emas adalah investasi jangka panjang, yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. 

2. Selalu Cek Harga Emas 

Tips investasi emas selanjutnya adalah selalu cek harga emas secara berkala. Cara memantau harga emas bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi atau situs-situs di internet. Kamu bisa membelinya ketika harga emas sedang rendah, lalu menjualnya ketika harganya sedang tinggi. Jangan sampai kamu menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena jelas akan membuat kamu rugi. 

3. Beli di Tempat yang Jelas 

Berikutnya, belilah emas di tempat yang jelas dan tepercaya. Ada banyak tempat yang menjual emas batangan untuk investasi, namun sebaiknya kamu membeli emas di tempat-tempat yang resmi. Biasanya, tempat yang resmi akan menyertakan surat-surat dan sertifikat yang membuktikan keaslian atau identitas emasnya. 

4. Simpan di Tempat Aman 

Last but not least, kamu harus menyimpan emas yang kamu miliki di tempat yang aman. Salah satu tips menyimpan emas yang aman di rumah adalah meletakkannya di dalam brankas atau safety box tersembunyi. Jika merasa masih kurang nyaman, kamu bisa juga menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ada di bank, tentu dengan biaya yang ditentukan oleh bank. Setelah menerapkan tips investasi emas di atas, saatnya kamu mengatur penghasilan yang kamu dapatkan. Kamu boleh berinvestasi berapa pun, tergantung jumlah penghasilan yang kamu dapatkan. Biasanya, orang-orang menyisihkan 20% dari gajinya untuk investasi emas. 

Misalnya, jika kamu berpenghasilan sebesar Rp5 juta setiap bulan, maka sisihkan 20%-nya, yaitu sekitar Rp1 juta untuk membeli emas. Harga emas saat ini sudah mencapai Rp900 ribu tiap gramnya. Jadi, kamu bisa membeli 1 gram emas setiap bulan. Lakukan lagi pada bulan berikutnya. Lama-kelamaan, investasi kamu akan terkumpul sedikit demi sedikit, dan dalam kurun waktu 10 tahun, kamu sudah menyimpan dana sebesar Rp120 juta. 

 

Baca juga: Ingin Memulai Investasi Emas? Baca Dulu Penjelasannya di Sini!

Bila penghasilan kamu lebih sedikit atau lebih banyak daripada itu, maka kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan pengeluaran kamu. Jangan sampai fokus di investasi saja, ya. Pastikan juga penghasilan kamu sudah memenuhi semua kebutuhan kamu atau keluarga, Selamat berinvestasi emas!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi