mural
homeforward
Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

Menabung merupakan kegiatan yang penting bagi semua orang untuk menciptakan stabilitas keuangan dan mengantisipasi masa depan. Ada berbagai cara untuk menabung, mulai dari menyimpan uang tunai di rumah hingga membuka rekening di bank. Salah satu opsi yang cukup populer adalah rekening deposito bank. Namun, sebenarnya apa itu deposito?

Baca juga: Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya

 

Apa Itu Deposito?

Kalau kamu ingin mengetahui apa itu deposito atau deposito berjangka, simak bagian ini, ya! Pada dasarnya, deposito adalah bentuk kesepakatan antara bank dan nasabah. Nasabah akan menyimpan sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu, entah selama beberapa bulan atau tahun, yang biasanya ditentukan dalam kontrak. Selama periode tersebut, dana yang disimpan akan mendapatkan bunga dengan suku bunga yang telah disepakati bersama bank.

Manfaat Deposito

Manfaat deposito yang pertama adalah stabilitas dana. Sebab, lembaga penjamin simpanan akan melindungi dana nasabah, sehingga mereka bisa merasa tenang. Selain itu, deposito memberikan suku bunga tetap yang telah disepakati sebelumnya agar nasabah bisa merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik.

Kemudian, deposito memberikan potensi pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan reguler. Suku bunga deposito cenderung lebih tinggi karena nasabah setuju untuk mengunci dana mereka dalam jangka waktu tertentu agar potensi keuntungan mereka meningkat.

Terakhir, deposito juga memberikan fleksibilitas dalam memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial nasabah. Dengan pilihan jangka waktu yang bervariasi, nasabah dapat memilih jangka waktu yang sesuai dengan rencana keuangan mereka, baik itu untuk tujuan jangka pendek atau investasi jangka panjang.

Keuntungan Deposito

Deposito menawarkan beberapa keuntungan bagi para penabung. Keuntungan deposito yang pertama adalah memberikan stabilitas keuangan karena penghasilan bunga yang stabil dan jangka waktu yang tetap untuk mengatasi risiko fluktuasi pasar.

Karena sifatnya yang stabil, deposito juga dapat menjadi bagian dari strategi diversifikasi portofolio investasi. Dengan mengalokasikan sebagian dana dalam deposito, nasabah dapat membagi risiko dengan memiliki aset yang berbeda dalam portofolio mereka. 

Selain itu, investasi deposito memberikan kontrol yang lebih besar terhadap risiko. Nasabah dapat mengetahui berapa banyak dana yang akan mereka terima pada saat jatuh tempo, sehingga mereka dapat menghindari risiko investasi yang tidak terprediksi.

Sistem Deposito dan Cara Kerja Deposito

Photo by Eduardo Soares on Unsplash

Sistem deposito berfungsi berdasarkan prinsip kesepakatan antara bank dan nasabah. Nasabah menyetorkan sejumlah dana ke bank untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, dan bank akan memberikan bunga secara periodik atau akumulatif hingga jatuh tempo selama periode waktu tersebut.

Ketika jangka waktu deposito berakhir, nasabah dapat memilih untuk menarik dana beserta bunga yang terakumulasi atau memperpanjang deposito dengan periode baru.

 

Jenis-Jenis Deposito dan Contoh Deposito

Deposito terbagi menjadi tiga jenis, yaitu deposito berjangka biasa, berjangka valas, dan syariah. Berikut adalah penjelasan lengkap dari jenis-jenis deposito:

  • Deposito Berjangka Biasa: Deposito berjangka biasa adalah deposito dengan jangka waktu dan suku bunga yang telah ditentukan. Nasabah akan menerima bunga pada akhir periode dan dapat menarik dana beserta bunga tersebut.
  • Deposito Berjangka Valas: Ini adalah jenis deposito yang menggunakan mata uang asing, seperti dolar Amerika Serikat, euro, atau yen Jepang sesuai isi perjanjian. Keuntungan dan penarikan dana dilakukan dengan menggunakan mata uang tersebut.
  • Deposito Syariah: Deposito syariah adalah deposito yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Islam. Satu hal yang membedakan contoh deposito ini adalah adanya prinsip bagi hasil yang tidak melibatkan bunga


 

Baca juga: Begini Syarat dan Cara Deposito BNI

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu deposito, manfaat, ciri, hingga cara kerja dan jenis-jenisnya. Memiliki deposito adalah salah satu cara terbaik untuk menabung di bank dengan untung. 

Nah, agar tabungan lebih cepat terkumpul dan financial goal lebih cepat tercapai, bisa juga sambil investasi di Flip karena kamu memperoleh keuntungan lebih tinggi dari deposito, yaitu hingga 11,5% per tahun. Yuk, gunakan Flip untuk mengembangkan dana kamu dengan lebih optimal!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_1.png

 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi