mural
homeforward
Catat! Cara Bayar Tagihan Listrik lewat BCA Mobile

Catat! Cara Bayar Tagihan Listrik lewat BCA Mobile

Saat ini ada dua tipe pembayaran listrik yang bisa dipilih masyarakat, yaitu listrik prabayar (token) dan listrik pascabayar (tagihan bulanan). Biaya dan tarif dasar kedua metode tidak berbeda, yang berbeda hanya mekanisme pembayarannya. 

Untuk cara bayar tagihan listriknya sendiri bisa daring seperti cara bayar tagihan listrik lewat BCA Mobile, bisa juga secara daring.

Baca Juga: Kenapa Tagihan Listrik Belum Tersedia? Ini Jawabannya

Listrik Prabayar VS Pascabayar

cara bayar tagihan listrik dari bca mobile

Sumber: Envato

Listrik token merupakan sistem pra-bayar di mana pelanggan diharuskan memperoleh kredit listrik dalam format token, yang kemudian diinputkan ke meteran listrik di tempat tinggal mereka. 

Pendekatan ini memfasilitasi pengguna agar lebih mudah mengendalikan dan memonitor penggunaan listrik mereka. Analoginya serupa dengan sistem pembayaran pulsa ponsel, di mana pelanggan perlu membeli kredit terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan layanan seluler mereka. 

Sedangkan listrik pascabayar kebalikannya, pengguna menggunakan listriknya terlebih dahulu untuk kemudian membayar tagihan sesuai pemakaiannya. Tagihan ini harus dibayarkan sebelum jatuh temponya, karena jika terlambat, kamu bisa dikenakan denda.

Cara Bayar Tagihan Listrik

Seperti yang telah disebutkan di atas, pembayaran tagihan listrik bisa secara daring maupun luring. Walaupun menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa, pembayaran secara luring masih sering dipilih oleh masyarakat.

Pembayaran luring bisa kamu lakukan dengan mendatangi beberapa tempat, di antaranya:

1. Kantor Pos

Kantor Pos tidak hanya melayani pengiriman barang saja lo, tetapi juga menjadi tempat pembayaran listrik. Kamu bisa datang ke Kantor Pos terdekat dan menyerahkan ID Pelanggan. Petugas akan menyebutkan jumlah tagihan yang harus bayar dan juga biaya administrasi Rp2500.

2. Minimarket

Jika Kantor Pos jauh dari tempatmu, kamu juga bisa membayarkan tagihan listrik di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Kamu bisa langsung ke kasir dan menyebutkan ID Pelanggan. Akan ada biaya administrasi tergantung kebijakan setiap minimarket.

3. PPOB (Payment Point Online Bank) 

Yang dimaksud dengan PPOB adalah sebuah loket yang terdapat layanan pembayaran tagihan. Bukan hanya listrik, tetapi juga air, internet, telepon, dan lain-lain. Caranya kurang lebih sama dengan dua tempat yang telah disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya dengan mendatangi tempat yang punya layanan pembayaran tagihan, kamu juga bisa membayar tagihan listrik secara online seperti cara bayar tagihan listrik lewat BCA Mobile. Selain itu kamu juga bisa membayar tagihan listrik melalui e-commerce dan juga aplikasi layanan keuangan digital seperti Flip.

Yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan pembayaran listrik secara daring, jangan lupa untuk memastikan data yang kamu masukkan sudah benar sebelum meneruskan pembayaran. Kamu juga harus menyimpan bukti transaksi pembayaran tagihan listrikmu dengan baik, jaga-jaga jika terjadi perselisihan data dengan PLN.

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat BCA Mobile

beli token dan bayar listrik di flip

Jika kamu adalah nasabah Bank BCA, kamu bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile untuk membayar tagihan listrik. Cara bayar tagihan listrik lewat BCA Mobile tidak sulit. Kamu tinggal mengikuti panduannya berikut ini:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile pada ponsel pintar kamu. 
  2. Pilih menu “m-BCA” di antara menu yang muncul.
  3. Kemudian pilih menu “m-Payment” . 
  4. Lanjutkan ke menu “Publik/Utilitas”.
  5. Pilih “PLN” di kolom nama perusahaan kemudian masukkan nomor pelanggan PLN . 
  6. Setelah memastikan detail tagihan sudah sesuai, klik “Ok”.
  7. Masukkan PIN m-BCA untuk membayar transaksi. 

Tidak sulit bukan cara bayar tagihan listrik lewat BCA Mobile? Opsi lain yang tidak kalah mudahnya adalah melakukan pembayaran di aplikasi layanan keuangan digital seperti Flip.

Baca Juga: Berubah Atau Tetap? Berikut Tarif Listrik 2024 Seluruh Golongan

Cara pembayaran tagihan listrik melalui Flip juga hanya membutuhkan beberapa langkah dan tidak membutuhkan biaya admin yang besar. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Buka aplikasi Flip, lalu pilih menu Listrik.
  2. Pilih sub menu TAGIHAN LISTRIK.
  3. Masukkan ID PELANGGAN, lanjutkan klik CEK TAGIHAN LISTRIK.
  4. Sistem akan menampilkan informasi identitas pemilik rekening listrik dan biaya yang harus dibayarkan. Jika sudah sesuai, klik LANJUT.
  5. Pilih bank yang ingin kamu gunakan untuk melakukan pembayaran.
  6. Lakukan transfer ke rekening Flip yang diminta melalui ATM, mobile banking, atau internet banking. Pastikan nominal yang kamu transfer sesuai yang tertera hingga tiga digit terakhirnya.
  7. Setelah melakukan transfer, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi dengan menekan tombol SAYA SUDAH TRANSFER. Flip tidak akan memproses transaksi yang belum dikonfirmasi.
  8. Flip akan segera memproses transaksi yang kamu lakukan. Setelah transaksi berhasil diproses, Flip akan menampilkan bukti pembayaran dan mengirimkannya ke alamat surel kamu.

Itu dia informasi singkat mengenai tata cara pembayaran tagihan listrik dan cara bayar tagihan listrik lewat BCA Mobile. Untuk kamu yang sangat sibuk, pembayaran secara daring melalui mobile banking dan aplikasi layanan keuangan digital seperti Flip adalah pilihan yang tepat. 

Semoga bermanfaat dan jangan sampai telat bayar tagihan listrikmu, ya!

Beli Token dan Bayar Listrik via Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi