mural
homeforward
Bisa dari Rumah, Ini 3 Cara Melihat Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Bisa dari Rumah, Ini 3 Cara Melihat Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan tidaklah sulit, bahkan tidak perlu keluar rumah. Di era digital yang semakin maju, hampir semua hal bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone. Salah satunya adalah memantau saldo BPJS Ketenagakerjaan yang telah terkumpul.

Seperti kita tahu, iuran BPJS Ketenagakerjaan dibayarkan setiap bulan selama masa kerja. Pastinya kamu penasaran, kan, berapa nominal yang sudah terakumulasi selama ini? Dengan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, kamu akan tahu berapa nominal Jaminan hari Tua (JHT) yang bisa diambil ketika sudah tidak lagi bekerja. 

Dengan kemudahan akses internet, kini tidak perlu lagi pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui berapa jumlah saldo yang telah terkumpul. Berikut adalah tiga cara praktis untuk melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa harus datang ke kantor.

3 Cara Melihat Saldo

Tak perlu pergi ke kantor cabang BPJS terdekat, berikut adalah tiga cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan dari rumah:

Melalui Aplikasi

Cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah melalui aplikasi mobile BPJSTK (JMO). Tentunya kamu harus download dan install aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi BPJSTKU tersedia secara gratis di Google Play Store maupun iOS App Store.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi mobile BPJSTKU, lakukan registrasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Apabila belum memiliki akun maka pilih menu Buat Akun di beranda.
  • Masukkan NIK, tanggal lahir, dan nomor handphone yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor handphone.
  • Buat password.
  • Setelah berhasil mendaftar, kamu bisa login ke aplikasi BPJSTKU.

Setelah masuk ke aplikasi, pilih menu "Cek Saldo" untuk melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cari Tahu Saldo BPJS Lewat SMS

Jika tidak ingin install aplikasi JMO BPJSTKU, tenang saja, ada cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan tanpa aplikasi, kok. Kamu bisa cek saldo BPJS melalui layanan SMS. Caranya cukup dengan mengirimkan SMS dengan format:

DAFTAR SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL (bila ada) kemudian kirim ke nomor 2757.

Setelah terdaftar, kamu bisa cek saldo BPJS TK dengan cara mengirimkan pesan: CEK SALDO kemudian kirim ke 2757.

Cek Melalui Situs Resmi

Cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan yang ketika yaitu dengan mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id, kamu bisa cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan NIK. 

Apabila belum terdaftar, kamu bisa pilih ‘daftar pengguna’ dengan memasukkan beberapa data pribadi seperti nama, NIK sesuai KTP, tanggal lahir, dan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah verifikasi, kamu bisa login dengan memasukkan alamat email, password, dan klik saya bukan robot jika telah terdaftar. Setelah berhasil login, kamu bisa memilih menu "Cek Saldo" untuk melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan.

 

Baca Juga : Cara Bikin BPJS Ketenagakerjaan Online Bagi Freelancer, Mudah Lho!

Solusi Pengguna JMO yang Tidak Bisa Cek Saldo

Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) dan tidak bisa cek saldo, berikut beberapa solusi yang dapat dicoba:

Periksa Koneksi Internet

Pastikan bahwa koneksi internet pada perangkatmu berfungsi dengan baik. Coba untuk membuka aplikasi lain atau membuka situs web untuk memastikan bahwa koneksi internet berjalan dengan baik.

Cek Informasi Akun

Pastikan bahwa informasi akun yang kamu gunakan untuk masuk ke aplikasi Jamsostek Mobile sudah benar dan valid. Jika tidak berhasil login karena lupa kata sandi, kamu bisa klik “forgot password” kemudian membuat kata sandi yang baru.

Periksa Versi Aplikasi

Pastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru dari aplikasi Jamsostek Mobile. Jika aplikasi yang kamu gunakan masih versi lawas, silakan update dulu ke versi terbaru dari Play Store atau App Store.

Lakukan Update Sistem Operasi

Jika aplikasi Jamsostek Mobile masih tidak dapat digunakan, mungkin penyebabnya adalah versi sistem operasi yang belum support aplikasi JMO. Untuk itu, silakan lakukan update sistem operasi yang terbaru agar bisa support aplikasi JMO dengan baik.

Hubungi Pihak Jamsostek

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, kamu dapat menghubungi pihak Jamsostek untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Hubungi pusat layanan Jamsostek di nomor telepon 1500910 atau kirim email ke alamat [email protected]

Itulah beberapa cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dari rumah. Dengan mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan, kamu pun jadi tahu berapa jumlah uang yang akan kamu terima untuk Jaminan hari Tua (JHT). 

Sejumlah uang ini bisa kamu klaim ketika sudah tidak lagi bekerja, entah karena mengundurkan diri, terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pensiun dari perusahaan.

 

Baca Juga : Ini Dia Aturan BPJS Terbaru untuk Tahun 2023

 

Dengan memanfaatkan ketiga cara di atas, kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mencari tahu saldo yang telah terkumpul. Tidak hanya cek saldo saja, kini kamu bahkan bisa melakukan kewajiban membayar iuran BPJS dari rumah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Flip yang tersedia secara gratis untuk Android dan iOS

Menariknya lagi, transaksi di Flip bebas biaya administrasi, lho! Yuk, pakai Flip sekarang!

Bagikan

Lainnya

Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union
Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union
Kode Transfer Bank di Indonesia
Kode Transfer Bank di Indonesia
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Transfer Saldo OVO ke Dana: Proses dan Biaya yang Dibutuhkan
Transfer Saldo OVO ke Dana: Proses dan Biaya yang Dibutuhkan
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi