mural
homeforward
Cara Bikin BPJS Ketenagakerjaan Online Bagi Freelancer, Mudah Lho!

Cara Bikin BPJS Ketenagakerjaan Online Bagi Freelancer, Mudah Lho!

Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan bersifat wajib untuk setiap pekerja yang ada di wilayah hukum Indonesia. Kewajiban tersebut berlaku secara menyeluruh, baik untuk pekerja mandiri atau mereka yang berstatus sebagai karyawan. Sebagai seorang pekerja, freelancer perlu pula mengetahui cara bikin BPJS Ketenagakerjaan. 

Ketika tercatat sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan, kamu akan memperoleh perlindungan dari berbagai risiko kerja. Dengan menjadi anggota, kamu pun bisa mendapatkan berbagai manfaat, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. 

Jenis Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Ketika ingin mengikuti tahapan cara bikin BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus tahu jenis-jenis keanggotaannya terlebih dulu. Ada jenis status keanggotaan yang tersedia, yaitu: 

1. Penerima Upah

Jenis anggota BPJS Ketenagakerjaan pertama adalah penerima upah. Mereka adalah pekerja yang mempunyai status karyawan, baik karyawan swasta, aparatur sipil negara (ASN), atau BUMN.

2. Bukan Penerima Upah

Selanjutnya, ada kategori anggota bukan penerima upah. Mereka adalah kelompok pekerja yang mendapatkan penghasilan lewat usaha mandiri. Contohnya adalah pengusaha, freelancer, pelaku UKM, dan lain semacamnya.

3. Pekerja Migran Indonesia

Status keanggotaan pekerja migran ditujukan untuk pekerja WNI yang mendapatkan penghasilannya di luar wilayah hukum Republik Indonesia.

4. Pekerja Jasa Konstruksi

Keanggotaan ini ditujukan untuk mereka yang bekerja di bidang jasa konstruksi. Layanan jasa konstruksi mencakup proses perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan proyek konstruksi.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan berfungsi dalam memberikan perlindungan bagi setiap anggotanya. Dengan menjadi anggota, kamu akan memperoleh manfaat BPJS Ketenagakerjaan dalam berbagai bentuk, di antaranya: 

1. Jaminan Hari Tua (JHT)

Pertama adalah manfaat berupa jaminan hari tua. Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk uang tunai saat mencapai usia 56 tahun, mengalami cacat total, atau kematian. Dalam kondisi tertentu, kamu bisa pula mengajukan pencairan sebagian dana JHT. 

Skema iuran JHT berbeda-beda sesuai dengan status kepesertaan. Untuk freelancer yang termasuk dalam kelompok anggota bukan penerima upah, perhitungannya berdasarkan tingkat penghasilan. Iuran terkecil adalah Rp20 ribu, dan tertinggi adalah Rp414 ribu per bulan. 

 

         Baca Juga : Cara Buat BPJS Kesehatan Online Secara Mandiri, Bisa Lewat HP!

2. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Selanjutnya, ada pula manfaat berupa jaminan kecelakaan kerja. Perlindungan ini berlaku tidak hanya di tempat kerja. Namun, kamu juga akan mendapatkannya ketika melakukan perjalanan ke tempat kerja atau tengah dalam perjalanan dinas. Besaran iuran JKK BPU BPJS Ketenagakerjaan adalah 1% penghasilan, (minimal Rp10 ribu, maksimal Rp207 ribu). 

3. Jaminan Pensiun (JP)

BPJS Ketenagakerjaan juga mempunyai manfaat dalam bentuk jaminan pensiun. Hanya saja, jaminan ini hanya berlaku bagi kelompok anggota penerima upah. Jadi, kamu yang berstatus sebagai freelancer tidak bisa mendapatkan manfaat jaminan pensiun. 

4. Jaminan Kematian (JKM)

Ada pula manfaat berupa jaminan kematian. Nominal iuran JKM BPU adalah sebesar Rp6.800 per bulan. Manfaat ini ditujukan bagi para ahli waris yang bisa diperoleh dalam berbagai bentuk, termasuk di antaranya adalah:

  • Santunan kematian
  • Santunan berkala
  • Biaya pemakaman
  • Beasiswa pendidikan yang ditujukan untuk anak, berlaku maksimal hanya untuk 2 anak

5. Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Jaminan kehilangan pekerjaan merupakan manfaat terbaru yang bisa didapatkan dari cara bikin BPJS Ketenagakerjaan. Seperti halnya jaminan pensiun, jaminan kehilangan pekerjaan hanya berlaku bagi anggota BPJS Ketenagakerjaan yang berstatus sebagai karyawan. 

Cara Bikin BPJS Ketenagakerjaan Online

Sampai di sini, kamu sudah mengetahui jenis keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai untuk pekerja dengan status freelancer. Selain itu, kamu juga tahu manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan pendaftaran untuk bisa menjadi salah satu anggotanya. 

Cara pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan tidaklah sulit. Bahkan, saat ini BPJS Ketenagakerjaan menyediakan cara pendaftaran secara online. Kamu juga tidak perlu melakukan pembayaran biaya dalam bentuk apa pun saat mendaftar. 

Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Terdapat beberapa persyaratan dokumen yang perlu kamu persiapkan ketika ingin mengikuti langkah-langkah cara bikin BPJS Ketenagakerjaan, yaitu: 

  • KTP
  • Alamat Email aktif
  • Nomor HP aktif

 

          Baca Juga : BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Kalau sudah mempersiapkan persyaratannya, kamu bisa mengikuti cara bikin akun BPJS Ketenagakerjaan berikut ini. 

  • Buka laman BPJS Ketenagakerjaan BPU
  • Verifikasi data serta tuliskan kode captcha yang muncul di layar. Jangan lupa menekan tombol "Lanjutkan" dan centang tanda persetujuan
  • Tuliskan data yang diminta dengan benar dan klik "Request OTP"
  • Lakukan pengisian data individu berkaitan dengan informasi pekerjaan
  • Laksanakan pembayaran iuran ketika telah memperoleh kode iuran yang dikirim via email
  • BPJS Ketenagakerjaan mengirimkan kartu digital via email atau bisa pula kamu ambil dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat

Setelah terdaftar menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, kamu perlu melakukan pembayaran iuran secara rutin dan tepat waktu. Untuk cara pembayarannya, kamu bisa memanfaatkan layanan Flip dengan mudah. Pakai Flip, kamu bisa melunasi tagihan iuran kapan saja dan dari mana saja. Yuk, segera download Flip di PlayStore atau AppStore!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi