mural
homeforward
Berikut Produk Bank Syariah yang Dapat Digunakan Nasabah

Berikut Produk Bank Syariah yang Dapat Digunakan Nasabah

Meski berbeda dari cara kerja dan prinsipnya, ternyata produk-produk yang ditawarkan bank syariah tidak jauh berbeda dari bank konvensional. Nasabah yang biasanya menggunakan bank konvensional untuk transaksi dan mengelola keuangan tidak harus ragu apabila ingin menggunakan berbagai produk bank syariah. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai produknya, lihat di sini. 

Baca juga: Menilik Ekonomi Syariah di Indonesia dari Masa ke Masa

 

Tabungan Syariah 

Fungsi tabungan syariah tidak berbeda dari tabungan konvensional di mana nasabah menyimpan dana yang dimiliki di bank. Uang tabungannya juga sama-sama bisa ditarik di ATM, lewat teller bank, atau menggunakan internet banking. Perbedaannya terletak pada kesepakatan antara bank dan nasabah. Pada tabungan syariah terdapat kesepakatan yang disebut juga dengan akad. Umumnya akad yang diberlakukan adalah wadiah dan mudharabah. Bila nasabah memilih akad wadiah, itu tandanya nasabah hanya menitipkan dana tabungan ke bank dan bank tidak mendapatkan keuntungan. Berbeda lagi jika nasabah memilih akad mudharabah, tabungan akan dikelola oleh bank serta menggunakan sistem bagi hasil. 

Gadai Syariah 

Menggadai barang juga bisa dilakukan di bank syariah dengan produk gadai syariah. Produk bank syariah ini menggunakan akad rahn atau ijarah. Syarat utama melakukan gadai adalah nasabah atau kreditur wajib menyerahkan barang sebagai jaminan akad. Apabila debitur tidak mampu melunasi cicilan pinjaman, barang jaminan itu akan dijual untuk menutupi utang. Jika harga jual dari barang jaminan melebihi utang, maka kelebihannya akan dikembalikan kepada debitur. Selain itu, debitur tetap menanggung biaya pemeliharaan karena menurut pandangan Islam barang jaminan tetap dimiliki oleh debitur. 

Deposito Syariah 

Deposito syariah merupakan simpanan berjangka yang menggunakan prinsip akad mudharabah. Jangkanya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Produknya dapat dimiliki oleh perorangan maupun perusahaan. Keuntungan didapat dari bagi hasil dengan penawaran sebesar 60:40 untuk nasabah dan bank. Ada banyak manfaat yang bisa didapat nasabah dari deposito syariah. Di antaranya adalah adanya fasilitas ARO (automatic roll over), dananya dikelola secara syariah, pembagian dananya dapat diatur sendiri dan digunakan sebagai jaminan pembiayaan serta dana dijamin oleh Lembaga Pinjaman Simpanan (LPS). 

Pinjaman Syariah 

Nasabah yang ingin melakukan pinjaman tanpa riba bisa menggunakan produk pembiayaan bank syariah ini. Hal ini karena pada pinjaman syariah, transaksinya mengikuti peraturan syariah dan memegang asas tolong menolong. Pelunasan pinjaman dapat berupa cicilan atau pembayaran langsung. Biasanya pinjaman menggunakan asas mudharabah dan bank mendapatkan keuntungan dari margin harga beli barang dengan harga jual kepada nasabah. 

Giro Syariah 

Produk perbankan syariah lainnya adalah giro syariah. Nasabah giro, disebut juga dengan giran, bisa berasal dari badan hukum atau nasabah perorangan yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi terutama dalam jumlah yang besar. Dana yang disimpan itu dapat ditarik memakai bilyet giro selain kartu ATM atau melalui cek. Ketentuan dari giro syariah adalah bersifat titipan, tak ada imbalan kecuali pemberian sukarela dari bank, dan titipannya bisa ditarik kapan saja. 

 

Tips Memilih Bank Syariah 

Untuk mendapat produk-produk bank syariah yang baik, tentunya nasabah harus mendapatkannya dari bank syariah yang baik pula. Berikut ini ada tips untuk memilih bank syariah yang tepat untuk nasabah: 

1. Pilih yang Mudah Diakses 

Nasabah yang tinggal di kota-kota besar mungkin tidak akan kesulitan dalam mengakses bank di area mereka. Sayangnya, masih ada daerah yang minim dengan ATM atau kantor cabang bank sehingga nasabah kesulitan dalam mengakses bank atau kegiatan transaksi lainnya seperti menarik uang. Memang beberapa bank bisa diakses oleh ATM Bersama, namun biaya administrasi yang dikeluarkan cukup besar dan bisa merugikan jika nasabah sering melakukan transaksi seperti penarikan uang. Oleh karena itu, nasabah sebisa mungkin memilih bank yang mudah diakses, khususnya di area tempat tinggal. Dengan begitu nasabah tak harus kesulitan untuk mendapat layanan bank atau melakukan transaksi. 

2. Memiliki Pelayanan Terjamin 

Nasabah tentunya ingin mendapatkan pelayanan terbaik saat menggunakan produk bank syariah. Contoh pelayanan yang baik adalah pelayanan yang cepat, ramah, sesuai standar yang ditetapkan, dan mampu memenuhi kebutuhan nasabah. Pelayanannya juga harus mencakup hingga keamanan sehingga nasabah akan merasa lebih aman saat bertransaksi. Kualitas pelayanan itu dapat diketahui dengan melihat ulasan-ulasan yang diberikan oleh nasabah lainnya. 

3. Lihat Penerapan Biaya Administrasi 

Meski jumlah biaya administrasi cenderung kecil, namun bila nasabah melakukan transaksi berkali-kali jumlah yang kecil itu dapat membesar. Itu sebabnya banyak nasabah yang kurang menyukai adanya biaya administrasi. Bila nasabah tidak ingin dibebankan biaya administrasi, carilah bank syariah yang membebaskan biayanya. Tak hanya itu, pertimbangkan juga bank yang tidak membebankan biaya pencairan cek di kota yang berbeda dan biaya RTGS. 

 

Baca juga:  Pasar Modal Syariah: Contoh dan Bedanya dari Jenis Konvensional

Begitulah produk bank syariah yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah. Selain terjamin untuk kaum Muslim, bank syariah memiliki keunggulan lainnya seperti bebas dari bunga, bahkan ada juga bank syariah yang membebaskan biaya administrasi bulanan pada nasabahnya. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk nasabah yang ingin terhindar dari riba atau pengeluaran yang banyak.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi