mural
homeforward
Apa Itu Reksadana: Keuntungan dan Platform Investasinya

Apa Itu Reksadana: Keuntungan dan Platform Investasinya

Sebagai investor pemula, banyak instrumen investasi yang bisa kamu coba karena mudah untuk dipahami dan dilakukan. Salah satu di antaranya adalah reksadana yang populer di kalangan masyarakat. Bahkan, saat ini sudah banyak platform yang membuatmu bisa melakukan investasi ini di mana saja dan kapan saja, lho! Sebelum itu, yuk, pelajari dulu apa itu reksadana!

Baca juga: Cara Investasi Reksadana yang Tepat untuk Pemula

 

Apa Itu Reksadana?

apa itu reksadana 1.png

Photo by Cookie_studio via Freepik

Cara kerja reksadana cukup simpel. Jadi, beberapa investor akan menanamkan investasinya untuk dikumpulkan menjadi satu dana kolektif. Kemudian, manajer investasi pemilik “merek” reksadana akan menggunakan dana kolektif tersebut untuk diinvestasikan pada instrumen lain sesuai kesepakatan sebelumnya. Nantinya, capital gain serta dividen yang didapatkan manajer tersebut akan dibagi dengan investor, sesuai dengan modal yang diberikan. 

 

Keuntungan Reksadana

Jika kamu adalah investor awam yang belum terlalu memahami dunia saham, obligasi, atau instrumen lainnya, reksadana adalah penyelamatmu. Ini karena dana yang kamu investasikan akan dikelola oleh manajer investasi yang telah berpengalaman di bidangnya. Cara melakukannya juga praktis karena saat ini ada banyak aplikasi investasi yang menawarkan layanan reksadana. Keuntungan reksadana yang terakhir adalah adanya opsi reksadana syariah. Jadi, kamu bisa terhindar praktik ribawi.

 

Contoh dan Jenis Reksadana

Saat akan berinvestasi, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan jenis reksadana. Agar tidak salah, berikut ini adalah pengertian singkat dari beberapa reksadana yang tersedia:

Pasar uang

Saat kamu menginvestasikan modal pada reksadana pasar uang, maka 100% dana akan ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti obligasi dengan jatuh tempo kurang dari setahun, Sertifikat Bank Indonesia, dan Deposito. Contoh reksadana ini adalah Batavia Dana Kas Maxima atau Sucorinvest Money Market Fund.

Obligasi/Pendapatan tetap

Untuk reksadana jenis ini, modalmu akan diinvestasikan pada efek dengan fixed income seperti surat utang atau obligasi. Contohnya adalah Danamas Stabil dan BNP Paribas Obligasi Kejora.

Saham

Sesuai namanya, modal yang kamu investasikan akan digunakan untuk melakukan investasi saham. Contoh reksadana ini adalah Manulife Dana Saham Kelas A dan Batavia Dana Saham.

Campuran

Terakhir, ada reksadana campuran yang berarti manajer investasi akan menggunakan modal dari investor untuk diinvestasikan pada lebih dari satu jenis instrumen. Contohnya adalah Syailendra Dana Investasi Dinamis dan Panin Dana Berimbang.

 

5 Aplikasi Reksadana Terbaik untuk Investor Pemula

Di App Store dan Play Store, kamu pasti bisa menemukan banyak platform investasi yang menawarkan produk reksadana. Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa aplikasi reksadana terbaik yang bisa kamu coba:

Bibit

Pertama, ada aplikasi dari PT Bibit Tumbuh Bersama yang dikenal dengan fitur “Robo Advisor”-nya. Dengan fitur ini, kamu akan terbantu dengan pemberian arahan saat akan memilih jenis investasi.

Bareksa

Kalau kamu mencari layanan yang menawarkan beragam produk reksadana, Bareksa adalah jawabannya. Selain itu, fiturnya yang terbilang lengkap juga membuatmu bisa dengan mudah melakukan investasi lewat aplikasi satu ini.

Ajaib

Aplikasi investasi Ajaib memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainnya. Tidak hanya pendaftaran yang cepat serta tampilan mudah dipahami, Ajaib juga dilengkapi fitur konsultasi gratis.

TanamDuit

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki banyak pilihan instrumen lainnya selain reksadana. Jadi, kamu yang ingin melakukan diversifikasi instrumen bisa melakukan semuanya lewat aplikasi ini. 

Tokopedia

Terakhir, kamu bisa mencoba fitur investasi reksadana yang disediakan oleh raksasa e-commerce Tokopedia. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan investasi dan pencairan reksadana dengan praktis, tanpa membuat akun tambahan.


 

Baca juga: Mengenal Pandangan Hukum Reksadana dalam Islam

Bagaimana, sudah paham apa itu reksadana, kan? Jangan lupa sebelum mulai berinvestasi, selalu cari tahu lebih jauh mengenai jenis reksadana yang kamu pilih, penyedia layanannya, hingga portofolio manajer investasi itu sendiri. Selain itu, tidak ada salahnya juga kalau kamu juga cari tahu terlebih dahulu mengenai jenis investasi lainnya. Misal, kamu bisa cari tahu soal investasi pendanaan UMKM dari Flip dan Amartha.

Flip sendiri adalah aplikasi transfer dana yang saat ini menyediakan layanan investasi bagi penggunanya. Dengan bekerja sama Amartha, Flip menawarkan instrumen investasi berupa pendanaan UMKM terpilih di Indonesia. Sebagai investor, nantinya kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 11,5% per tahunnya, lho! Untuk informasi yang lebih lengkap, klik di sini! Jangan lupa juga untuk download Flip sekarang, ya!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi