mural
homeforward
Apa Itu Obligasi Pemerintah? Simak Penjelasannya di Sini!

Apa Itu Obligasi Pemerintah? Simak Penjelasannya di Sini!

Investasi kini menjadi alternatif menarik dari menabung. Investor tinggal memilih jenis instrumen investasi apa yang ingin mereka gunakan. Bermacam instrumen investasi yang tersedia memiliki peraturan, keuntungan, dan risikonya sendiri. Obligasi pemerintah adalah salah satu jenis investasi yang bisa dicoba investor. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai obligasi ini, kamu bisa melihatnya di sini.

Baca Juga: Aplikasi Investasi Saham, Trik Jitu Optimalkan Portofolio

Pengertian Obligasi Pemerintah

obligasi pemerintah

Sumber : Envato

Secara inti, obligasi pemerintah atau government bond merupakan surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia yang ditunjukkan sebagai pendanaan. Obligasi ini ditawarkan secara langsung kepada perseorangan. Dalam denominasi valuta asing, obligasi ini disebut dengan sovereign bond (obligasi internasional).

Jaminan dari pemerintah membuat jenis obligasi ini digemari oleh masyarakat. Bukan hanya itu, obligasi ini juga terkenal sebagai obligasi bebas risiko. Hal ini karena pemerintahan dapat mencetak uang dan menaikkan pajak untuk melunasi pembayaran saat jatuh tempo.

Sebenarnya yang dimaksud dari bebas dari risiko ialah aman dari risiko kredit. Masih ada risiko lainnya dari obligasi ini yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi.

Jenis Obligasi Pemerintah

Surat Berharga Negara (SBN) terbagi menjadi dua, yaitu Surat Utang Negara (SUN) dan SPN. Lalu SUN terbagi lagi menjadi Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan Obligasi Negara (ON). 

SPN memiliki tenor pendek di bawah satu tahun yang membuat obligasi ini jarang diperdagangkan. Rupiah dan US Dollar merupakan jenis mata uang yang diterbitkan oleh obligasi pemerintah.

ON yang terbagi menjadi ON Rupiah dan ON Valuta Asing memiliki perbedaannya sendiri. ON Rupiah adalah obligasi negara dengan denominasi rupiah yang terdiri dari dua kategori, Fixed Rate – Rp dan Variable Rate – Rp. Pada Fixed Rate – Rp terdapat banyak jenis di bawahnya seperti Fixed Rate – Reguler, Zero Coupon Reguler dan ORI. Sedangkan jenis Variable Rate – Rp adalah Variable Rate – Reguler.

ON Valuta Asing adalah obligasi negara dengan denominasi US Dollar yang disebut sebagai INDON. Obligasi ini memiliki tingkat kupon tetap atau fixed rate. Dalam pergerakannya, INDON lebih mengikuti US Treasury atau imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat.

Cara Membelinya

obligasi pemerintah

Sumber : Envato

Bagi kamu yang sudah tertarik untuk membeli obligasi ini, hal paling awal yang harus kamu lakukan adalah menemukan mitra yang tepercaya dan tepat untuk membeli obligasinya. Carilah dengan saksama agar tidak salah pilih. Kemudian ikutilah langkah-langkah berikut:

  • Pertama, membuat Single Investor Identification (SID), caranya dengan melakukan registrasi melalui mitra distribusi. SID adalah kode tunggal yang diterbitkan KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia.
  • Kedua, setelah memiliki SID, lakukan pemesanan sesuai produk obligasi yang disediakan melalui mitra distribusi. Baca pula ketentuan yang ada. Karena pemesanan hanya dapat dilakukan saat masa penawaran berlaku, penting bagi kamu untuk mengikuti informasi terkini.
  • Ketiga, lakukan pembayaran. Kamu akan mendapatkan billing code yang dikirim lewat SMS atau email. Kode ini digunakan untuk membayarkan dana sesuai dengan metode yang dipilih.
  • Terakhir, lakukan konfirmasi memakai Nomor Transaksi Penerimaan Negara atau NTPN ke mitra distribusi. Setelahnya kamu dapat meminta bukti konfirmasi kepemilikan obligasi.

Keuntungannya

Saat melakukan investasi, tentunya investor menginginkan keuntungan. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan investor saat memilih instrumen investasi supaya mereka tidak mengalami kerugian. Beberapa keuntungan yang didapat dari obligasi pemerintah adalah:

  • Risikonya minim
  • Potensi untuk mencapai capital gain
  • Bunganya tetap sampai jatuh tempo
  • Investasinya mendapat jaminan dari pemerintah
  • Membuat masyarakat ikut bekerja sama dalam pendanaan pembangunan nasional
  • Bisa dijaminkan atau dipinjamkan pada pihak lain asal sesuai kesepakatan
  • Mampu diperjualbelikan di pasar sekunder 
  • Adanya bid price dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra
  • Melalui ETP (Electronic Trading Platform), investor dapat memperdagangkannya di organized OTC.
  • Bunga produk investasi ini melebihi deposito

Risikonya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, obligasi ini masih memiliki risiko yang harus diperhatikan meskipun itu minim. Mengetahui berbagai risikonya dapat membantu investor dalam menghindari kerugian. Apa saja risikonya?

Risiko Likuiditas

Risiko ini kemungkinan muncul saat investor melakukan penjualan obligasi sebelum jatuh tempo. Jadinya investor akan mengalami kesulitan saat menjual obligasi dengan nilai wajar pada pasar sekunder.

Risiko Pasar

Selanjutnya ada risiko pasar. Sama seperti risiko likuiditas, risiko ini kemungkinan muncul saat investor menjual obligasi sebelum jatuh tempo. Selain itu, terjadi pula penurunan harga di pasar sekunder.

Dari penjelasan kedua risiko tadi, bisa disimpulkan bahwa cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak menjual obligasi ini sebelum jatuh tempo. Harga jual akan tetap tinggi sehingga investor tetap mendapatkan keuntungan.

Penutup

Begitulah penjelasan mengenai obligasi pemerintah mulai dari pengertian, jenis, cara membeli, keuntungan sampai risikonya. Dari penjelasan tadi pun kamu dapat mempertimbangkan obligasi ini sebagai instrumen investasi mengingat jaminannya yang lebih terpercaya.

Baca Juga: Mau Bayar Cicilan KPR Di BTN? Yuk, Cek Dulu Kode Bank BTN!

Dengan melakukan investasi obligasi ini, kamu menjadi salah satu bagian yang ikut andil dalam pendanaan di Indonesia. Jadi, investasi tersebut tidak hanya berguna untuk diri kamu seorang. 

Sangat bermanfaat, bukan? Nah, biar makin hemat, jangan lupa pakai Flip untuk transaksi antarbank yang cepat dan mudah. Yuk, unduh Flip dan rasakan kemudahannya!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi