flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Mengenal Trend Live Streaming untuk Pebisnis

Mengenal Trend Live Streaming untuk Pebisnis

Live streaming atau live shopping kini telah menjadi cara baru bagi para penjual untuk berbisnis. Trend ini makin berkembang luas di Indonesia dan banyak orang mulai mencoba melakukan live streaming sendiri di berbagai platform.

Apa itu Livestream Shopping

Live stream shopping merupakan kegiatan menjual produk melalui siaran langsung livestream di platform digital. Seorang host akan memandu acara dengan memperkenalkan dan mempromosikan suatu produk secara langsung kepada penonton yang menyaksikan acara livestram tersebut. 

Penonton bisa berinteraksi seperti bertanya lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan selama siaran. Jadi, percakapan dapat terjadi dengan host sebelum calon pembeli memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Siaran ini biasanya tidak berlangsung lama karena penjual memberikan batas waktu tertentu. Terkadang penjual juga memberi batasan waktu untuk harga spesial sehingga mendorong calon pembeli untuk segera melakukan pembelian. Karena itulah, proses transaksi dalam kegiatan live shopping umumnya terjadi dengan cepat.

Trend Livestream Shopping 2023 di Indonesia

live shopping ffb 1

Sumber : Freepik

Selama beberapa tahun terakhir, trend bisnis live shopping berkembang pesat. Berikut ini beberapa trend live shopping di Indonesia pada tahun 2023.

Platform livestream shopping terus tumbuh

Platform livestream shopping telah ada di berbagai e-commerce seperti Shopee Live dan Tokopedia Live. Tidak hanya itu, beberapa platform media sosial juga mulai mengikuti perkembangan ini dan meluncurkan fitur live shopping. Kini, baik pelanggan maupun penjual bisa bebas memilih platform yang diinginkan karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Melibatkan influencer, host, dan artis

Peran influencer dan host kini semakin penting dalam live shopping. Jumlah pengikut yang besar bisa menjadi daya tarik bagi pada brand untuk bekerja sama. Selain itu, para host dengan keahlian mempromosikan produk menjadi aset berharga untuk meningkatkan penjualan. 

Beberapa artis juga tampil mengikuti live shopping dengan secara langsung menggunakan dan mempromosikan suatu produk. Hal ini menjadi strategi yang jitu untuk menarik minat para calon pelanggan untuk membeli produk mereka. 

Penawaran eksklusif

Dalam sesi live shopping, penjual biasanya akan memberikan penawaran khusus yang hanya bisa didapatkan jika pembeli melakukan transaksi pembeliaan saat streaming berlangsung. Hal ini mendorong calon pembeli untuk berpartisipasi dan melakukan pembelian selama acara. 

Contoh Pebisnis Sukses dengan Live Stream

live shopping ffb 2

Sumber : Freepik

Fitur live shopping telah berhasil membawa kesuksesan bagi banyak pebisnis dan influencer. Berikut ini beberapa diantaranya:

Viya

Viya mmerupakan seorang influencer dan host live shopping asal Cina. Karena kesuksesannya, wanita ini disebut sebagai Ratu Live Shopping. Dalam sesi streaming yang ia lakukan, Viya berhasil mencatat rekor penjualan produk dengan angka yang sangat tinggi sehingga berhasil meraih keuntungan besar.

Austin Li

Austin Li atau juga dikenal dengan Li Jiaqi juga merupkan influencer asal Cina yang berhasil meraih kesuksesan melalui live shopping. Rekor yang pernah ia buat adalah berhasil menjual sebanyak 15 ribu lipstik hanya dalam 5 menit.

Ryan Serhant

Ryan Serhant merupakan seorang agen real estate terkenal di Amerika Serikat. Menariknya, ia melakukan acara live shopping untuk menjual properti kepada para penontonnya. Di acara streaming yang dilakukannya, ia memberikan tur virtual properti yang ditawarkan.

Keuntungan Bisnis Menjalankan Livestream Shopping

woman-live-streaming-online-shopping-campaign.jpg

Sumber : Freepik

Ada banyak kelebihan livestream shopping yang tidak dimiliki oleh jual beli online pada umumnya. Berikut ini beberapa diantaranya. 

Meningkatkan interaksi

Livestream shopping memungkinkan penjual berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Penjual bisa menjelaskan secara rinci tentang produk yang ditawarkan dan pembeli bisa langsung bertanya lebih lanjut tentang produk tersebut. Cara ini membangun koneksi dan kedekatan antara penjual dan pelanggan sehingga kepercayaan terhadap produk juga ikut meningkat.

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Karena pembeli bisa langsung bertanya dan penjual langsung menjawab setiap pertanyaan yang ada, metode live shopping bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Keraguan calon pembeli bisa langsung terjawab dengan panduan dari penjual. Karena itulah, penjual harus bisa menjelaskan produk secara rinci seperti kualitas bahan, proses pengemasan, dan lain-lain. Kepercayaan inilah yang bisa membuat calon pembeli tergiur untuk langsung membeli.

Meningkatkan konversi penjualan

Pelanggan bisa langsung melakukan pembelian tanpa meninggalkan sesi streaming. Kemudahan ini bisa meningkatkan konversi penjualan. Pasalnya, calon pembeli tidak akan mengalami hambatan ketika ingin membeli produk yang sedang dibicarakan dalam live shopping.

Meningkatkan keuntungan

Ada kalanya pembeli sebelumnya ikut menambahkan komentar tentang produk atau pengalamannya sebelumnya. Jika mereka mendapatkan produk dan pengalaman yang baik, maka komentar mereka secara tidak langsung akan menambah kepercayaan calon pembeli baru. Hasilnya adalah penjualan yang makin meningkat sehingga keuntungan bisnis juga makin besar. 

Tips Menjalankan Livestream Shopping yang Efektif

live shopping ffb 3

Sumber : Freepik

Meskipun berpotensi menghasilkan banyak keuntungan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar live shopping bisa efektif. Berikut ini beberapa di antaranya.

Membangun Komunikasi

Agar kepercayaan terbangun dengan baik, usahakan untuk membangun komunikasi dengan penonton. Mulailah dengan menyapa para penonton dan lanjutkan dengan memaparkan produk yang dijual. 

Pastikan Anda berinteraksi dengan penonton dan menjawab setiap pertanyaann yang mereka ajukan. Lemparkan humor sederhana untuk menambah keddekatan dengan penonton dan agar live shopping tidak terasa membosankan.

Rutin dan konsisten

Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda harus rutin melakukan siaran. Hal ini penting untuk meningkatkan citra produk dan memperluas jangkauan streaming Anda. Jangan lupa untuk terus bersikap ramah dan mempertahankan interaksi yang baik.

Memberi diskon atau promo

Diskon merupakan salah satu cara terbaik menarik pelanggan. Anda tidak harus selalu memberikan diskon atau promo. Namun, lakukan beberapa kali agar pelanggan makin tertarik berbelanja di toko Anda.

Nah, itulah beberapa serba-serbi tentang live shopping yang telah menjadi trend di Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Jika Anda ingin memulai livestream shopping, pastikan Anda menyediakan fitur pembayaran yang mudah seperti yang disediakan Flip for Business

Flip for Business menyediakan link pembayaran untuk livestream shopping sehingga memudahkan Anda maupun pelanggan untuk melakukan transaksi. Dengan Flip for Business, Anda bisa melakukan transfer uang dengan Money Transfer ke 20.000+ tujuan dalam sekali klik, International Transfer ke 40+ negara dengan nilai tukar up to 50% lebih murah. Coba layanan Flip for Business sekarang juga

Flip for Business in general.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi