flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Perencanaan Bisnis Bagi Pengusaha, Butuh Komponen Apa Saja?

Perencanaan Bisnis Bagi Pengusaha, Butuh Komponen Apa Saja?

Jika Anda berniat merintis suatu usaha, bukan cuma urusan mencari modal yang harus dipikirkan. Mempunyai perencanaan bisnis yang matang juga sama pentingnya dengan memiliki modal memulai usaha.

Pasalnya, tidak ada satu bisnis pun yang tidak menghadapi rintangan. Menyusun perencanaan usaha dapat meminimalkan risiko serta mencari solusi terbaik atas kendala yang dialami. 

Lalu, apa itu perencanaan bisnis, tujuan, dan komponen yang harus ada? Begini penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Perencanaan Bisnis?

business-plan-strategy-development-process-graphic-concept.jpg

Sumber : Freepik

Dalam lingkup ekonomi, perencanaan bisnis merujuk pada suatu fungsi manajemen yang berhubungan dengan strategi, kebijakan, peraturan, prosedur, dan program yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Berbekal perencanaan usaha, secara sistematis Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Mengidentifikasi tujuan bisnis
  • Mengidentifikasi dan mengkombinasikan sumber daya yang telah dimiliki
  • Menentukan aktivitas operasional usaha
  • Mengendalikan standar operasional 
  • Menganalisis lingkungan bisnis
  • Mengembangkan strategi guna mencapai kesuksesan jangka panjang.

Tujuan Perencanaan Bisnis

two-cropped-startuppers-developing-business-plan.jpg

Sumber : Freepik

Secara ringkas, perencanaan bisnis memiliki beberapa tujuan, antara lain:

Sebagai action plan

Perencanaan usaha bertujuan menjadi rencana aksi atau action plan yang mengarah pada upaya mendapatkan solusi. Rencana usaha dibutuhkan agar Anda dapat memilah masing-masing permasalahan dan mengelompokkannya agar lebih mudah mencari cara mengatasinya.

Sebagai road map

Perencanaan bisnis bertujuan agar fokus usaha Anda tetap sesuai visi dan misi. Termasuk di dalamnya memastikan bagaimana aktivitas operasional usaha selalu on track. 

Sebagai pendukung aktivitas penjualan

Memiliki perencanaan usaha yang matang bisa materi pendukung kegiatan penjualan. Tunjukkan perencanaan usaha kepada investor agar mereka yakin bisnis Anda mempunyai potensi usaha yang menjanjikan.

Tahap Perencanaan Bisnis

colleagues-working-together-financial-report-using-modern-gadget.jpg

Sumber : Freepik

Terdapat beberapa tahap perencanaan usaha yang perlu Anda lakukan.

Menganalisis pasar

Analisis pasar merupakan upaya mempelajari masalah-masalah yang ada di lapangan sesuai pangsa pasar tertarget. Tentukan lebih dulu produk atau jasa apa yang akan ditawarkan, baru terjun ke lapangan guna menganalisis bagaimana pasar dan kompetitor Anda. 

Menyusun anggaran

Anggaran pasti berkaitan erat dengan sarana dan biaya produksi. Anggaran perencanaan usaha bisa mencakup dua komponen biaya, yaitu:

  • Biaya investasi, dikeluarkan pada awal aktivitas produksi
  • Biaya variabel, biaya habis pakai yang dipengaruhi jumlah biaya produksi maupun faktor lainnya. 

Menghitung pendapatan

Jangan lupa untuk mencatat arus kas masuk dan keluar untuk menghitung pendapatan yang diperoleh. Dari informasi ini, Anda dapat mengestimasi berapa besar keuntungan yang didapat serta menentukan strategi berikutnya. 

Menghitung hasil keseluruhan bisnis

Untuk menghitung hasil usaha, Anda bisa memperolehnya dari pendapatan dan biaya produksi yang dikeluarkan. Secara kasar perhitungan ini bisa menunjukkan seperti apa laporan laba rugi bisnis Anda. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah memerlukan suntikan dana atau cukup dengan modal yang ada saat ini.

Komponen Perencanaan Bisnis

aerial-view-business-data-analysis-graph.jpg

Sumber : Pexels

Anda sudah mengetahui seperti apa tahap perencanaan bisnis. Lantas, apa saja komponen perencanaan usaha yang harus ada di dalamnya?

Deskripsi usaha

Deskripsi usaha penting untuk menguraikan tentang usaha yang Anda jalani kepada para pemangku kepentingan maupun pihak terkait. Deskripsi usaha juga menjelaskan ide bisnis yang hendak Anda jalani. 

Jadi, mereka pun bisa lebih memahami bisnis seperti apa yang akan Anda rintis. Selain itu, deskripsi usaha yang jelas juga dapat menjadi bahan pertimbangan tindak lanjut dari pihak pemangku kepentingan dan pihak lainnya.

Strategi pemasaran

Strategi pemasaran akan membantu Anda mengenal lebih baik kelebihan dan kekurangan produk pesaing. Berangkat dari informasi tersebut, Anda bisa menciptakan produk lebih baik dengan nilai manfaat tersendiri yang membuatnya unggul dibandingkan kompetitor. 

Riset pasar

Komponen perencanaan bisnis berikutnya adalah melakukan riset pasar. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mempelajari berbagai hal tentang produk dan pangsa pasar. Misalnya, selera konsumen dan tren terkini. 

Langkah awal ini juga penting dilakukan sebelum memulai bisnis. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami segmentasi pasar dan menyiapkan produk yang dapat diterima oleh konsumen. 

Implementasi pada proses produksi

Komponen berikutnya terkait bagaimana Anda menerapkan ketiga komponen terdahulu dalam proses produksi. Perencanaan usaha matang akan menunjang aktivitas produksi sehingga Anda bisa merilis produk sesuai jadwal yang telah dipersiapkan.

Pemantauan produk

Memantau produk setelah masuk pasar harus dilakukan untuk mengetahui seberapa baik respons konsumen atas produk tersebut. Maka, Anda dapat memahami apa saja kekurangan produk dan mana aspek yang perlu ditingkatkan. Pemantauan produk juga menjadi bahan evaluasi bisnis yang sedang dirintis.

Manajemen operasional

Operasional bisnis tidak berhenti usai produksi pertama. Menyelenggarakan manajemen operasional yang terstandar jadi komponen penting dalam perencanaan bisnis. Mulai dari pengaturan peralatan, penyediaan dan penggunaan bahan baku, sampai proses produksi.

Kegiatan manajemen operasional pun mencakup bagaimana memilih SDM yang berkualitas sehingga proses produksi berlangsung efektif dan efisien. Perencanaan SDM jelas harus diperhatikan mengingat SDM merupakan aset perusahaan berharga agar bisa menjalankan kegiatan usaha dengan maksimal.

Mengestimasi biaya

Mengawali sebuah bisnis tentu perlu melakukan estimasi biaya. Komponen ini akan membantu Anda mengetahui jumlah laba rugi suatu usaha lewat laporan keuangan. Anda pun dapat memperkirakan berapa jumlah biaya yang dibutuhkan guna memproduksi suatu produk.

Evaluasi

Komponen perencanaan bisnis terakhir adalah evaluasi. Komponen evaluasi berperan penting dalam meninjau keseluruhan komponen perencanaan yang telah Anda susun sebelumnya. Jika hasil evaluasi positif, tentu Anda berpotensi meraup keuntungan lebih. 

Namun, jika evaluasi menunjukkan hasil negatif, bisa jadi ada yang kurang tepat atau salah saat merencanakan maupun melaksanakan perencanaan itu. Bagaimanapun seberapa sukses perencanaan usaha Anda mustahil diketahui jika belum mempraktikkan rencana tersebut. 


 

Demikian ulasan tentang perencanaan bisnis, pengertian, tujuan, tahapan, dan komponen yang perlu ada di dalamnya. Untuk memastikan kelancaran usaha, pastikan Anda mempercayakan solusi semua transaksi bisnis pada Flip for Business

Kenapa Flip for Business? Karena hanya dengan mengandalkan satu platform, Anda dapat melakukan otomatisasi terkait kegiatan transaksi yang akan menghemat waktu serta biaya. Anda dapat melakukan kiriman pembayaran maupun menerima pembayaran secara real-time, termasuk kirim uang ke luar negeri

Kabar baiknya, Anda dapat mencoba layanan kirim uang ke banyak destinasi domestik maupun internasional secara mudah. Jadi, siap membangun usaha Anda bersama Flip for Business?

Flip for Business in general.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi