flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Memahami Direct Debit dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Memahami Direct Debit dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Direct debit merupakan metode pembayaran yang sudah sangat populer sejak beberapa tahun lalu. Sekarang ini, sistem pembayaran ini sudah makin banyak digunakan karena keamanan dan kemudahannya, baik bagi para pelanggan maupun bisnis.

Artikel ini akan membahas lebih jauh tentang apa itu direct debit dan manfaatnya bagi bisnis.

Pengertian Direct Debit

Debit 1.jpeg

Sumber : Envato

Direct debit adalah metode pembayaran otomatis yang memungkinkan suatu perusahaan atau individu mengambil dana secara langsung dari rekening bank pelanggan. Metode pembayaran ini umumnya dilakukan untuk melakukan pembayaran tagihan rutin. Misalnya, tagihan air, asuransi, listrik, cicilan pinjaman, langganan bulanan, dan lain-lain.

Metode ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pemilik rekening. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi mengatur pembayaran secara manual setiap bulan. Hal ini juga mengurangi risiko terjadinya kesalahan saat pembayaran atau keterlambatan membayar karena lupa tanggal jatuh tempo.

Metode ini berbeda dengan debit menggunakan kartu. Pada debit menggunakan kartu, pemilik rekening masih menggunakan kartu debit secara fisik untuk melakukan pembayaran. Sementara itu, direct debit menggunakan instruksi tertulis dan langsung mengakses dana dari rekening bank tanpa melibatkan kartu debit fisik.

Cara Kerja Direct Debit

debit 2.jpeg

Sumber : Envato

Cara kerja direct debit melibatkan beberapa proses yaitu otorisasi, persetujuan jumlah dan frekuensi pembayaran, serta pengiriman instruksi ke bank pengguna. 

Otorisasi

Pada tahapan ini pemilik rekening memberikan otorisasi tertulis kepada penerima pembayaran untuk mengambil dana dari rekening mereka. Biasanya, otorisasi ini bisa berupa formulir atau permohonan online. 

Persetujuan nominal dan frekuensi pembayaran

Pada tahapan selanjutnya, pemilik rekening menentukan nominal dan frekuensi pembayaran yang sudah disiapkan oleh platform penerima pembayaran. Biasanya, ada beberapa pilihan frekuensi pembayaran seperti bulanan, tiga bulan sekali, atau satu tahun sekali. 

Pengiriman instruksi

Setelah nominal dan frekuensi disetujui, maka penerima pembayaran mengirimkan instruksi ke rekening bank pelanggan untuk mengambil pembayaran. Instruksi ini umumnya berisi informasi tentang nominal, frekuensi, dan rincian rekening bank pelanggan.

Pengambilan pembayaran

Setelah semua informasi yang dibutuhkan terpenuhi, barulah penerima pembayaran bisa mengambil pembayaran secara rutin dari rekening pengguna. Proses ini terjadi secara otomatis menggunakan sistem perbankan. Jadi, pemilik rekening sudah tidak perlu lagi melakukan intervensi manual apapun untuk melakukan pembayaran rutin.

Perlu diingat bahwa pemilik usaha diharuskan mengirimkan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan 10 hari kerja sebelum tanggal transaksi. Pemberitahuan tersebut berisi nominal dan tanggal pembayaran. Jadi, pelanggan dapat memastikan bahwa mereka memiliki cukup uang di rekening agar pembayaran direct debit dapat berlangsung secara otomatis. 

Kelebihan Direct Debit

debit 4.jpeg

Sumber : Envato

Ada beberapa kelebihan yang membuat direct debit menjadi metode pembayaran yang populer saat ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

Lebih mudah dan nyaman

Metode ini memungkinkan pembayaran otomatis dengan jadwal yang teratur. Jadi, pemilik rekening tidak perlu lagi mengingat dan mengatur pembayaran secara manual setiap kali tagihan akan jatuh tempo. Hal ini menghemat waktu dan tenaga serta mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan pembayaran.

Tepat waktu

Terlambat membayar tagihan dengan tepat waktu adalah risiko pembayaran manual. Masalahnya, keterlambatan pembayaran ini bisa membuat pemilik rekening terkena denda keterlambatan yang terkadang tidak sedikit. 

Pembayaran otomatis menggunakan direct debit bisa membuat pemilik rekening lebih tenang. Hal ini membantu mencegah keterlambatan pembayaran sehingga catatan kredit pemilik rekening akan tetap baik. 

Aman

Metode pembayaran ini sudah dilindungi oleh sistem perbankan yang aman dengan protokol keamanan yang kuat. Jadi, hal ini akan mengurangi risiko kehilangan uang maupun pencurian informasi pembayaran. Jadi, transaksi secara elektronik akan tetap aman.

Kemudahan mengelola anggaran

Pemilik rekening bisa mengatur dan merencanakan pembayaran tagihan dengan lebih baik. Dengan begini, pemilik rekening bisa memastikan tagihan penting dan cicilan pinjaman dibayar lebih dahulu secara tepat waktu untuk menghindari masalah. Jadi, anggaran dana dapat dikelola dengan lebih baik.

Pengaturan mudah

Meskipun pembayaran dilakukan secara otomatis, pemilik rekening tetap memiliki akses penuh untuk membatalkan dan mengubah otoritasi. Jadi, setiap terjadi perubahan tagihan maupun kebutuhan lainnya, pengguna bisa dengan mudah mengaturnya kembali sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Direct Debit Bagi Bisnis

Sumber : Envato

Pembayaran direct debit memiliki banyak manfaat bagi bisnis dan pengusaha. Berikut ini beberapa diantaranya.

Meningkatkan kepercayaan

Jika perusahaan menggunakan metode pembayaran direct debit, mereka akan menjalani pemeriksaan secara rinci dan diawasi secara ketat oleh institusi perbankan. Pemeriksaan secara ketat dan terus menerus ini membuat suatu bisnis menjadi lebih transparan. Transparansi inilah yang membuat bisnis menjadi lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Menerima pembayaran tepat waktu

Direct Debit juga membuat pemilik bisnis mendapatkan pembayaran secara tepat waktu. Hal ini akan menghindari risiko dan masalah yang mungkin timbul karena adanya keterlambatan pembayaran.

Arus kas yang lebih baik

Metode pembayaran ini memastikan bisnis mendapatkan pembayaran untuk layanan dan produk yang ditawarkan. Hal ini membuat arus kas menjadi lebih lancar. Arus kas yang lancar akan menghasilkan modal kerja yang sehat. Hal ini membuat bisnis dapat berjalan lebih lancar.

Direct Debit merupakan alternatif pembayaran yang jauh lebih sederhana untuk bisnis maupun pelanggan. Pasalnya, pelanggan mendapatkan keuntungan dengan pembayaran yang tepat waktu sehingga dapat menghindari denda. Di sisi lain, bisnis juga mendapatkan manfaat dengan pembayaran yang lancar sehingga memperlancar arus kas. 

Untuk solusi terintegrasi untuk mengirim dan menerima pembayaran bisnis, Anda bisa menggunakan platform terpercaya seperti Flip for Business. Platform ini memungkinkan Anda untuk mengelola transaksi bisnis dengan cepat, mudah, dan aman dalam satu platform. Anda bahkan bisa mengakses melalui web dashboard atau aplikasi sesuai kebutuhan.

Jadi, ayo bergabung dengan Flip for Business sekarang juga!

cta_banner_for_b2b_blog_banner_ap.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi