flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Ini Strategi Promo yang Efektif untuk Menarik Pelanggan

Ini Strategi Promo yang Efektif untuk Menarik Pelanggan


 

Banyak hal yang harus dilakukan jika ingin bisnis yang kamu jalankan sukses. Selain mengatur arus kas secara baik, kamu wajib menjalankan strategi promo yang tepat. Bagi kamu yang belum memahami apa itu promo dan bagaimana strategi yang benar untuk menjalankannya, simak penjelasan berikut ini. 

Apa itu Promo?

 

Promo adalah bentuk aktivitas dalam pemasaran yang umumnya diberikan oleh sebuah perusahaan atau penjual barang kepada konsumen demi menaikkan angka penjualan barang dan jasa yang diperdagangkan.  Saat promo diberikan, maka harga sebuah produk otomatis akan menjadi lebih murah. Faktor ini yang akan membuat calon konsumen tergiur dan rela mengeluarkan sejumlah dana untuk memiliki produk tersebut. 

Promo sangat direkomendasikan jika produk baru saja dikeluarkan. Dengan harga yang lebih terjangkau, tentu calon konsumen akan lebih tertarik. Bila kualitas produk yang dijual bagus, maka pembeli tak akan segan untuk kembali meskipun harus membayar dengan harga yang lebih tinggi. 

Keuntungan Memberikan Promo kepada Pelanggan

Setelah mengetahui apa itu promo, ketahui pula apa saja keuntungan yang didapatkan usahamu bila memberikan promo kepada para pelanggan. Berikut beberapa di antaranya. 


 

  1. Memperkenalkan produk baru

Keuntungan promo yang pertama yakni dapat membantu kamu mengenalkan produk baru kepada calon pelanggan. Diharapkan setelah mengenal produk tersebut, para pelanggan akan tertarik untuk membeli lagi di kemudian hari. Tentunya ini akan meningkatkan angka penjualan.


 

  1. Mempertahankan loyalitas pelanggan

Para pelanggan tentu senang diberikan promo terlebih untuk mereka yang menjadi member dari toko atau brand yang kamu jual. Program ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga mereka akan setia pada brand yang kamu jual. Tentu ini akan berimbas pada angka penjualan produk dalam jangka panjang. 


 

  1. Mendapatkan pembeli baru

Ketika memberikan promo, kamu tentu berharap bisa mendapatkan pembeli baru dengan rentang usia dan selera yang lebih luas. 


 

Jenis-jenis promo

Terdapat beberapa jenis promo yang bisa kamu terapkan untuk menaikan performa bisnis. Apa saja? Berikut penjelasannya. 


 

  1. Iklan 

Iklan merupakan jenis promosi yang sudah lama ada tetapi sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan akan produk atau layanan yang dijual. Saat ini, tempat pemasangan iklan bukan hanya dapat dilakukan di televisi, radio, majalah atau surat kabar saja. Perkembangan digital yang kian maju membuat kamu dapat beriklan melalui media sosial, situs website, bahkan pesan teks. 


 

  1. Pemasaran langsung

Jenis promo berikutnya adalah pemasaran langsung atau direct marketing. Promo ini dilakukan langsung dari perusahaan kepada pelanggan melalui berbagai media. Misalnya mengirim email, WhatsApp,  dan sms ke nomor pelanggan yang terdaftar. Kamu juga mendistribusi pamflet, katalog bahkan surat promosi ke berbagai lokasi demi mendapatkan respons langsung dari pasar. 


 

  1. Promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan jenis promo yang hanya diberikan dalam kurun waktu terbatas. Misalnya barang obral, souvenir gratis, hingga promo belanja akhir tahun. Jenis promosi ini dihadirkan untuk memainkan emosi pelanggan. Para pelanggan akan berpikir jika mereka hanya memiliki waktu terbatas sehingga harus segera dilakukan tindakan pembelian produk. 


 

  1. Penjualan pribadi

Pernahkan kami melihat ada orang yang menawarkan produk secara personal ke pelanggan tertentu? Jika iya, maka jenis promo ini disebut sebagai penjualan pribadi atau personal selling

Tidak hanya pada konsumen perorangan, perusahaan yang menerapkan personal selling akan mengirim wakil mereka mendatangi perusahaan atau komunitas tertentu untuk memperkenalkan produk yang dijual. Nantinya, lewat jenis promo ini pihak penjual akan langsung mendapatkan umpan balik secara langsung. Promo produk lewat call center juga merupakan jenis personal selling


 

  1. Melalui Public Relation (PR)

Sebuah perusahaan umumnya memiliki bagian PR atau hubungan masyarakat (humas). Melalui PR, promo dilakukan membangun citra publik dari suatu brand secara lebih luas. Biasanya penyebaran informasi produk dari seorang PR akan menyasar sebuah bisnis, lembaga pemerintah, atau organisasi. 


 

Menentukan Strategi Promo yang Tepat

Agar sebuah promo bisa berhasil, maka kamu wajib menentukan strategi promo yang tepat. Berikut beberapa panduan yang bisa diikuti agar kamu tidak salah langkah. 

  1. Menentukan target pasar

Sebelum melakukan promo, kenali terlebih dahulu calon pelanggan (target pasar) yang akan dijangkau. Salah menentukan target membuat kamu salah menentukan jenis promo yang akan dilakukan. 

Misalnya, jika kamu ingin menjual produk kepada generasi milenial maka beriklan di surat kabar cetak tidak lagi efektif. Kamu harus melakukan promo di dunia digital. 

  1. Batasi produk 

Secara psikologis, seseorang akan lebih tertarik dan terdorong membeli suatu produk jika ada dalam situasi yang terbatas. Karena itu, kamu perlu memberikan batasan baik untuk kuantitas produk promo maupun durasi waktunya. 

Dengan demikian, calon konsumen akan berpikir bahwa promosi yang ditawarkan adalah sesuatu yang spesial dan pantang untuk dilewatkan. Mereka pun akan segera membeli produk tersebut.
 

  1. Gencarkan promosi

Jangan sampai lupa mempromosikan promosi yang sedang dibuat. Hal ini penting dilakukan agar calon pelanggan mengetahui informasi tersebut. Manfaatkan berbagai media promosi mulai dari surat kabar hingga media sosial untuk menarik lebih banyak pelanggan. Kamu juga bisa mengikuti trend promo yang sedang hits misalnya menggunakan Chatbot atau Artificial Intelligence. 
 

  1. Evaluasi promo yang dilakukan

Setelah selesai melakukan promo, kamu wajib mengevaluasi apakah strategi yang diterapkan berhasil atau gagal. Bila berhasil, kamu dapat melakukan strategi yang sama dalam promo berikutnya. Bila gagal, pelajari apa saja penyebab kegagalan tersebut. Jangan lupakan langkah ini, karena hasil evaluasi ini sangat bermanfaat untuk semakin memperbaiki strategi promosi yang diterapkan. 
 

Setelah mengetahui pengertian promo, jenis dan bagaimana menyusun strategi yang tepat, maka saatnya untuk merancang promosi yang akan dilakukan. 

Untuk membantu kamu mentransfer dana ke berbagai pihak yang terlibat, maka manfaatkanlah aplikasi Flip. 

Dengan Flip, kamu bisa melakukan transfer dana tanpa biaya administrasi ke lebih dari 100 bank di Indonesia. Kamu bahkan bisa transfer dana ke luar negeri loh. Tak perlu khawatir karena Flip diawasi langsung oleh Bank Indonesia. Jadi keamanan transaksi keuanganmu bisa dipastikan. Segera download aplikasi Flip di App Store atau Playstore.

cta_banner_for_b2b_blog_banner_ap.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi