mural
homeforward
Lengkap! Promo-Promo Belanja Akhir Tahun yang Perlu Kamu Ketahui!

Lengkap! Promo-Promo Belanja Akhir Tahun yang Perlu Kamu Ketahui!

Belanja adalah kegiatan atau aktivitas manusia yang sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Kegiatan ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno yang dikenal dengan Agora dan zaman Romawi Kuno yang dikenal dengan forum. Adapun Forum Romawi juga merupakan contoh paling awal dari toko ritel secara permanen.

Kini, aktivitas tersebut sudah menjadi gaya hidup yang hampir dilakukan setiap hari. Caranya pun telah berubah, yakni yang tadinya harus datang ke tempat penjual menjual barangnya, sekarang hanya duduk di rumah untuk membeli dan mendapatkan barangnya.

Pesatnya perkembangan kegiatan atau aktivitas ini tentu didukung oleh cara-cara para penjual dalam menawarkan barang atau jasanya. Salah satu cara yang dilakukan yang sering ditemui saat ini adalah promo akhir tahun.

Daftar Isi

Apa Itu Promo Akhir Tahun?

 

Sumber: Unsplash

Promo akhir tahun adalah suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh para penjual dalam menawarkan barang atau jasa yang ditawarkannya dan bertepatan pada momen akhir tahun.

Ada dua tujuan utama kegiatan promo akhir tahun. Pertama adalah memberitahu target pasar tentang produk yang tepat. Kedua, promo akhir tahun dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah penjualan dari barang atau jasa yang ditawarkannya. 

Keuntungan-Keuntungan Promo Akhir Tahun

Cara atau strategi dengan promo akhir tahun dalam menjual barang atau jasa juga banyak memberikan keuntungan yang didapatkan oleh pembeli maupun penjual. Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dari strategi promo akhir tahun:

Keuntungan Promo Akhir Tahun untuk Penjual

  1. Meningkatkan brand awareness.
  2. Berpotensi memperluas target pasar.
  3. Berpotensi meningkatkan jumlah penjualan.
  4. Berpotensi memiliki banyak pelanggan tetap.
  5. Kesempatan memperoleh tujuan perusahaan.

Keuntungan Promo Akhir Tahun untuk Pembeli

  1. Mendapatkan barang, baik produk maupun jasa, yang dibutuhkan atau diinginkan dengan harga lebih murah.
  2. Berkesempatan mendapatkan banyak bonus dalam bentuk barang, cashback, hingga voucher.
  3. Banyak tawaran gratis ongkos kirim tanpa minimum pembelian.
  4. Berkesempatan mendapatkan hadiah atau undian dari event promo akhir tahun ketika sedang berlangsung.

Promo-promo Akhir Tahun

Ada banyak momen atau program yang menawarkan promo-promo di akhir tahun. Di bawah ini adalah contoh promo akhir tahun yang digelar secara online.

Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional atau yang akrab disebut sebagai Harbolnas adalah sebuah program jual beli online yang diadakan oleh perusahaan e-commerce. Kegiatan ini dilakukan dalam merayakan hari perayaan yang telah ditentukan—termasuk di bulan Desember, sebagai bentuk dari perayaan akhir tahun.

Sudah tidak diragukan lagi, banyak promo-promo yang ditawarkan dari Harbolnas, mulai dari gartis ongkos kirim hingga berbagai diskon yang fantastis. Karena banyaknya promo yang ditawarkan oleh Harbolnas dalam setiap tahunnya, perayaan ini selalu mengundang perhatian dari masyarakat yang sangat antusias.

Sebelum mengikuti Harbolnas, pengguna layanan e-commerce biasanya diminta untuk melakukan top up saldo atau dompet digital yang bekerjasama dengan e-commerce tersebut. Tujuannya untuk memudahkan pengguna layanan dalam memburu produk. 

Nah, buat pengguna layanan e-commerce yang ingin melakukan top up saldo atau dompet digital untuk mengikuti dan menikmati manfaat dari Harbolnas, bisa menggunakan dan memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan oleh  Flip. 

Flip merupakan aplikasi yang bertujuan meringankan masyarakat dalam mengirim atau mentransfer uang. Dengan produk andalannya, yaitu bebas biaya strapi, pengguna layanan bisa melakukan top up saldo atau dompet digital e-commerce

Black Friday

Black Friday merupakan sebuah momen berbelanja untuk merayakan Thanksgiving. Kegiatan ini memang lebih familier di luar negeri. Walaupun biasanya dirayakan di minggu keempat bulan November, efek Black Friday masih berlangsung hingga bulan Desember, bahkan sampai akhir tahun.

Promo-promo yang ditawarkan Black Friday cukup beragam, salah satunya adalah diskon besar-besaran untuk barang-barang atau produk-produk branded.

Jakarta Great Online Sale

Jakarta Great Online Sale atau yang sering disebut sebagai JGOS adalah salah satu program belanja tahunan yang paling dinantikan oleh masyarakat. Ada banyak produk-produk berkualitas yang ditawarkan dengan promo-promo yang menggiurkan, seperti dari diskon hingga 95% hingga cashback.

Cyber Monday

Cyber Monday adalah sebuah program jual beli secara online yang berlangsung setelah perayaan Thanksgiving. Cyber Monday pertama kali dicetuskan oleh Federasi Ritel Nasional pada 2005. 

Hampir sama dengan Black Friday, yang menjadi perbedaannya hanyalah pada waktu pelaksanaannya saja. Sesuai namanya, Cyber Monday dilaksanakan pada hari Senin setelah perayaan Thanksgiving, walaupun terkadang, masih masuk ke dalam bulan November, Cyber Monday bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan promo-promo di akhir tahun.

Single Day 11.11

Selain promo-promo akhir tahun di atas, ada satu promo akhir tahun yang juga ditunggu-tunggu kehadirannya, yaitu Single Day 11.11. Promo akhir tahun yang diselenggarakan di Cina ini pertama kali digelar pada tahun 2009 dan dicetuskan oleh e-commerce raksasa negara tirai bambu, yaitu Alibaba, sebagai perayaan hari bujang yang sudah berlangsung sejak 1990-an. 

Pada tahun tersebut, Alibaba sukses mencatatkan transaksi hingga 50 juta yuan dan 268,4 miliar yuan pada tahun 2019. Pertumbuhan transaksi ini tentu cukup fantastis dan menjadikan Single Day 11.11 sebagai hari belanja terbesar melampaui Cyber Monday dan Black Friday di Amerika Serikat.

Hari perayaan akhir tahun ini juga banyak menawarkan promo-promo yang menarik, yaitu mulai dari cashback, flash sale, undian produk-produk branded, dan diskon hingga 90 persen. 

Bagaimana? Tertarik mengikuti hari-hari perayaan belanja secara online di atas? Yuk, mulai persiapkan bujet dan incar produk yang akan kamu beli agar tak ketinggalan!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi