Keuangan Bisnis | 2 April 2023
Oleh : Sarah Silvia
Ada kalanya sebuah faktur pajak yang sudah dibuat bahkan diunggah oleh badan atau perusahaan selaku Wajib Pajak harus dibatalkan karena beberapa alasan. Dalam kondisi ini, Wajib Pajak harus membuat surat pembatalan faktur pajak dan mengikuti tahapan prosedur yang telah ditentukan.
Membatalkan faktur pajak pun menuai konsekuensi tersendiri, baik bagi PKP penjual maupun PKP pembeli. Selengkapnya, berikut adalah uraian mengenai syarat dan prosedur pembatalan faktur pajak hingga contoh surat pembatalan faktur pajak.
Baca juga: Cara Dapatkan Nomor Seri Faktur Pajak
Sumber : Konsultan Pajak
Alasan pembatalan faktur pajak disebutkan dan diatur dalam BAB V Pasal 23 PER-03/PJ/2022, yakni karena BKP dan/atau JKP yang dibatalkan transaksinya maupun barang dan/atau jasa yang semestinya tidak dibuatkan faktur pajak.
Selain itu, adanya kesalahan dalam pengisian faktur pajak juga dapat menyebabkan harus dilakukannya pembatalan faktur pajak. Contohnya adalah kesalahan pengisian NPWP. Dalam hal ini, apabila e-faktur sudah diunggah, maka harus dilakukan pembatalan, bukan membuat faktur pajak pengganti.
Adapun syarat yang harus disiapkan dan dipenuhi untuk melakukan pengajuan pembatalan faktur pajak antara lain sebagai berikut.
Syarat Pembatalan Faktur Pajak bagi PKP Penjual
Syarat Pembatalan Faktur Pajak bagi PKP Pembeli
Sumber : Ortax
PKP Wajib Pajak memiliki batas waktu mengunggah e-faktur selambat-lambatnya pada tanggal 15 setelah masa pajak. Namun, sebagaimana yang tertuang dalam huruf K angka 2 PER-03/200, pembatalan e-faktur tidak mengikuti batas waktu unggah e-faktur.
Merujuk pada aturan tersebut, pembatalan faktur pajak bisa dilakukan sepanjang SPT Masa PPN dengan diadministrasikan oleh PKP yang membuatnya.
Kendati pembatalan faktur pajak boleh dilakukan, PKP juga harus memahami konsekuensi yang ditimbulkan dari aktivitas ini. Berikut adalah beberapa konsekuensi, termasuk denda, yang akan dikenakan dan harus dipenuhi atas pembatalan faktur pajak.
Bagi PKP penjual, pembatalan faktur pajak dapat menyebabkan munculnya lebih bayar dalam pelaporan SPT Masa PPN. Kelebihan bayar ini dapat dikompensasikan untuk masa pajak berikutnya dalam pembetulan SPT Masa PPN.
Bagi PKP pembeli, pembatalan faktur pajak dapat menyebabkan:
Besarnya sanksi pembatalan faktur pajak yang harus dibayarkan oleh PKP adalah sebesar 2% dari nilai kurang bayar. Tak cuma itu, kenaikan sanksi pembatalan faktur pajak juga akan dikenakan pada PKP, yakni senilai 48% dari nilai kurang bayar.
Untuk meminimalkan risiko ini, PKP harus segera melunasi PPN terutang sehingga dapat segera pula dilakukan penyesuaian koreksi fatal.
Pembatalan faktur pajak dilakukan secara online dengan langkah-langkah berikut.
Dalam membatalkan faktur pajak yang sudah dibuat dan diunggah, berikut beberapa hal penting yang harus Anda siapkan.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, PKP harus menyertakan surat pembatalan faktur pajak apabila akan melakukan pembatalan faktur pajak yang telah dibuat.
Tidak ada patokan khusus mengenai susunan atau struktur surat pembatalan faktur pajak, tetapi harus memenuhi beberapa elemen penting berikut.
Sebagai referensi, contoh surat pembatalan faktur pajak bisa dilihat di bawah ini:
SURAT PEMBATALAN FAKTUR PAJAK
NO. 004/HK-IL566/RE3-5/2023
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Bertindak atas
Nama Perusahaan : PT Aroma Nektar Lestari
Alamat : Jalan Manokwari No. 47, Tanah Abang, Jakarta Pusat
NPWP : 0000.0000.000
Nama Customer : PT Makmur Jaya Sentosa
Alamat : Jalan Kidung Semesta 46B Yogyakarta
NPWP : 0000.0000.000
mengajukan pembatalan faktur atas transaksi pada tanggal 16 Januari 2022 karena adanya kesalahan pengisian faktur. PT Aroma Nektar Lestari membatalkan nomor faktur pajak 0000.000.000 dan menggantinya dengan nomor faktur pajak baru 0001.000.000.
Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya dengan penuh tanggung jawab.
Jakarta, 28 Januari 2023
PT ABC Permata
Lilik Rukmana
Direktur Keuangan
Nah, itulah ulasan mengenai syarat dan prosedur hingga contoh surat pembatalan faktur pajak. Dalam bisnis pastinya ada banyak urusan yang harus dilakukan dan selesaikan. Untuk transaksi bisnis yang lebih efisien, Flip for Business siap jadi solusi terbaik bisnis Anda. Flip menawarkan solusi transaksi bisnis yang bukan hanya aman dan mudah melainkan juga mengedepankan efisiensi biaya, waktu, dan tenaga. Platform dengan produk dan fitur andal dari Flip hadir untuk bantu pelaku bisnis melakukanan transaksi dengan pelanggan, vendor, dan mitra bisnis hanya dengan satu klik. Cek selengkapnya di sini!
Bagikan