flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Cara Minta Nomor Seri Faktur Pajak, Bisa Offline dan Online

Cara Minta Nomor Seri Faktur Pajak, Bisa Offline dan Online

Salah satu komponen dalam faktur pajak sebagai salah satu bukti pemenuhan kewajiban perpajakan yang dilakukan suatu badan usaha adalah nomor seri faktur pajak (NSFP). Untuk mempermudah proses perpajakan ini, kini cara minta nomor seri faktur pajak pun tak harus dengan berkunjung langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Kegunaan Nomor Seri Faktur Pajak dan Arti Kodenya

33-0 lifepal.jpgSumber : Lifepal

NSFP adalah serangkaian kode yang terdiri dari 16 digit angka dan ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP). NSFP diberikan sebagai syarat PKP dapat membuat faktur pajak sebagai bukti atas pemenuhan kewajiban perpajakannya. NSFP pun harus disertakan dalam e-faktur yang diterbitkan dengan kode yang tepat.

Adapun sebuah NSFP terdiri dari nomor seri dokumen faktur pajak dan dua jenis kode lainnya. Sesuai PER-24/PJ/2012, sebuah NSFP 16 digit terdiri dari:

  • 2 digit Kode Transaksi, mulai dari 01 hingga 09 dengan peruntukan masing-masing
  • 1 digit Kode Status, yakni 0 untuk status faktur pajak normal dan 1 untuk status faktur pajak pengganti
  • 13 digit Nomor Seri Faktur

Cara Minta Nomor Seri Faktur Pajak

33-1 Attax Indonesia.jpgSumber : Attax Indonesia

Berdasarkan PER-03/PJ/2022 menyatakan bahwa jumlah NSFP kepada PKP atas setiap pengajuan permintaan NSFP adalah sebanyak 75 NSFP. Ketentuan ini berlaku untuk PKP yang baru dikukuhkan dan PKP yang jumlah faktur pajaknya dalam tiga periode tidak melebihi 75 faktur pajak.

Terkait cara minta nomor seri faktur pajak, Anda kini dapat melakukan pengajuan secara offline maupun online. Selengkapnya berikut cara minta NSFP.

Cara Minta NSFP Offline

Sebelum melakukan pengajuan, pastikan bahwa Anda sudah membuat laporan SPT pajak PPN selama tiga masa pajak terakhir yang sudah jatuh tempo berurutan. Setelah itu, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Datang ke KKP sesuai tempat PKP dikukuhkan atau kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). 
  2. Sampaikan surat permohonan pengajuan.
  3. Petugas akan memproses.

Cara Minta NSFP Online 

Cara ini relatif lebih praktis karena Anda tak harus jauh-jauh datang ke KPP dan mengantre sehingga membuang cukup banyak waktu dan tenaga. Untuk mengajukan NSFP secara online, Anda perlu mengakses e-NOFA.

E-Nofa adalah situs resmi yang diluncurkan oleh DJP sebagai portal dan platform pengajuan permohonan nomor seri faktur pajak secara online. Berikut adalah langkah-langkah meminta NSFP melalui E-NOFA online.

  1. Buka situs resmi aplikasi faktur pajak e-NOFA, log in.
  2. Klik menu “PERMINTAAN NSFP”.
  3. Sistem akan memproses untuk menampilkan e-sertifikat yang sudah terinstal.
  4. Pilih e-sertifikat, klik OK.
  5. Klik “Process to efaktur.pajak.go.id”
  6. Isi data-data yang diminta dengan lengkap dan benar, seperti nama pemohon, tahun pajak, dan sebagainya, klik OK.
  7. Masukkan password e-NOFA, klik Ya.
  8. Sistem akan memproses dan menampilkan notifikasi jika permohonan NSFP sudah disetujui.
  9. Klik OK untuk mengunduh secara otomatis NSFP. Apabila tidak dapat terunduh otomatis, buka menu Riwayat Permintaan dan unduh secara manual.

Selain NSFP, Anda juga perlu mengunduh e-sertifikat faktur pajak. Cara download e-sertifikat faktur pun cukup mudah, yakni sebagai berikut.

  1. Log in ke dalam e-NOFA.
  2. Pilih menu Download Sertifikat Digital
  3. Baca syarat dan ketentuan yang muncul.
  4. Klik OK.
  5. Klik Unduh.

Sebab-Sebab NSFP Online Gagal 

Cara mendapatkan nomor seri faktur pajak tidaklah sulit, bukan? Walau begitu, beberapa pihak mengalami kendala dalam proses ini, termasuk salah satunya gagal memperoleh NSFP online.

Sistem biasanya akan memberi tahu masalah yang dialami sehingga memudahkan Anda untuk mengatasinya jika mengalami kondisi tersebut. Beberapa isu saat gagal NSFP online uang umum terjadi antara lain:

  • Username dan password yang dimasukkan salah.
  • Ada pemberitahuan “Your connection is unsecured”
  • Ada pemberitahuan “There is a problem with this websites’s security certificate.”

Kalau mengalami beberapa kendala ini, tak perlu khawatir. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Jika mengalami kesalahan pada username dan password e-NOFAkembali masukkan identitas keduanya dengan benar. Apabila Anda lupa password yang diberikan, maka:
  1. Periksa kembali email awal yang berisi username dan password. Masukkan kembali password yang diberikan, tetapi cara ini hanya berlaku jika Anda belum pernah mengganti password.
  2. Apabila Anda pernah mengganti dan lupa, maka klik “Lupa Password”. Sistem akan mengarahkan Anda ke halaman khusus dan meminta Anda memasukkan NPWP, kode aktivasi, dan alamat email. Ikuti petunjuk selanjutnya.
  3. Jika dua cara sebelumnya tidak berhasil. hubungi Kring Pajak di nomor 1-500-200 atau datang langsung ke KPP terdaftar.
  • Beberapa mesin pencari memiliki pengaturan tersendiri sehingga muncul notifikasi semacam “Your connection is not secure.” Kalau mengalami ini, Anda bisa mengklik tombol “Advanced” yang tersedia, lalu klik “Add Exception”. Pada Add Security Exception, masukkan alamat situs resmi e-NOFA pada bagian Location dan klik Confirm Security Exception.
  • Kendala lain yang kerap muncul adalah bahwa ternyata sertifikat elektronik sudah kedaluwarsa. Kalau begini, maka satu-satunya cara adalah dengan mengajukan pembaharuan sertifikat elektronik secepat mungkin ke KKP tempat PKP terdaftar. Prosedurnya tidak berbeda dengan prosedur saat Anda melakukan pengajuan sertifikat elektronik sebelumnya.

Demikianlah informasi mengenai cara minta nomor seri faktur pajak. Kini, Anda tidak perlu repot-repot datang dan mengantre untuk melakukan pengajuan secara langsung di KKP. Cukup dari kantor atau bahkan rumah, Anda bisa memperoleh nomor seri faktur pajak secara online dan menyelesaikan berbagai urusan pajak lebih cepat.

Selain perpajakan, kini ada banyak aktivitas terkait usaha yang bisa Anda lakukan dengan lebih cepat dan mudah, seperti melakukan pembayaran ke karyawan (payroll), pembayaran ke vendor dan mitra bisnis, hingga refund ke pelanggan. 

Flip for Business menyediakan kemudahan bulk disbursement yang memungkinkan Anda melakukan pengiriman uang bisnis hingga ke ribuan rekening dengan tujuan berbeda (transfer bank, VA, dan e-wallet) sekaligus—hanya dalam lima menit. Sistem dengan sederet fitur andal juga meminimalkan terjadinya kesalahan dan dobel transfer sehingga pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien.

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi