mural
homeforward
Tips dan Trik Ganti Password WiFi TP Link Supaya Aman

Tips dan Trik Ganti Password WiFi TP Link Supaya Aman

Kamu merupakan pelanggan provider WiFi seperti Indihome, MyRepublic, Biznet, atau provider lainnya? Jika iya, kamu pasti memiliki router yang berguna untuk menghubungkan perangkatmu dengan jaringan internet yang disediakan oleh provider. Umumnya, router yang digunakan adalah router TP Link. Nah, demi keamanan, kamu perlu ganti password TP Link tersebut segera setelah pemasangan. Mengapa demikian?

Karena jika tidak diubah, orang yang tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah mengakses router-mu. Bahkan, dia dapat mengubah password WiFi sehingga kamu tidak bisa terhubung ke internet. Itulah kenapa kamu harus tahu caranya ganti password WiFi TP Link. Kalau belum tahu, yuk, simak langkah-langkahnya di sini!

5 Cara Ganti Password TP Link di Gadget

Salah satu cara ganti password WiFi TP Link adalah dengan melalui browser pada smartphone atau laptopmu. Jadi, kamu perlu terkoneksi ke internet melalui router yang ingin diganti password-nya untuk menggunakan cara ini. Berikut rincian langkahnya:

1. Periksa informasi pada label router

Pertama, kamu harus mencari tahu alamat IP dari router TP Link dan username serta password router tersebut. Untuk mencari tahu, kamu bisa melihatnya pada perangkat router-mu. Label yang berisi informasi tersebut bisa kamu temukan pada bagian atas atau bawah router.

2. Hubungkan laptop atau smartphone ke WiFi

Setelah itu, pastikan bahwa laptop atau smartphone yang akan digunakan untuk ganti password WiFi TP Link telah tersambung ke internet dengan menggunakan router. Proses ini tidak bisa dilanjutkan jika kamu menggunakan internet dari paket data atau sumber WiFi lainnya. Selain tersambung ke router melalui WiFi, sambungan juga bisa dilakukan melalui kabel LAN yang tersedia.

          Baca Juga : 7 Cara Isi pulsa Telkomsel, Gampang dan Cepat

3. Buka browser

Langkah cara ganti password WiFi TP Link yang berikutnya adalah membuka browser pilihanmu. Untuk menyelesaikan proses penggantian password ini, tidak ada browser spesifik yang harus kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan Google Chrome, Microsoft Edge, Opera GX, Mozilla Firefox, Safari, atau browser pilihan lainnya.

4. Masukkan alamat IP dan informasi login

Pada kolom pencarian, masukkan alamat IP “192.168.0.1” tanpa tanda kutip, kemudian tekan enter. Jika terdapat masalah, cobalah alamat IP lain seperti “192.168.100.1” atau “192.168.1.1” tanpa tanda kutip.

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman login. Masukkan username dan password sesuai dengan yang tertera pada router. Jika informasi yang dimasukkan benar, kamu akan masuk ke halaman depan TP Link.

5. Ubah password router pada menu yang sesuai

Sesampainya di halaman depan TP Link, langkah selanjutnya untuk ganti password WiFi TP Link adalah dengan klik kolom “Wireless” > “Wireless Security”, kemudian ubah password dengan sandi baru yang sulit ditebak. Jika sudah, jangan lupa klik tombol “Apply”.

 

          Baca Juga : Praktis, Begini Cara Berbagi Pulsa Telkomsel Lengkap dengan Biayanya

Langkah Ganti Password WiFi TP Link dengan Aplikasi TP Link

Selain menggunakan browserganti password TP Link juga bisa dilakukan melalui aplikasi yang ada di App Store maupun Google Play Store. Aplikasi tersebut bernama “TP-Link Tether”. Jika kamu lebih memilih untuk ganti password WiFi TP Link dengan metode ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi “ TP-Link Tether”;
  2. Sambungkan smartphone-mu dengan jaringan internet router TP Link;
  3. Buka aplikasi, kemudian aplikasi akan mendeteksi perangkat router;
  4. Pilih perangkat yang kamu gunakan;
  5. Masukkan ID dan password admin yang bisa kamu temukan pada router;
  6. Masuk pada pilihan “Tools” > “Wireless”;
  7. Ganti password WiFi-mu pada kolom password. Jangan sampai kamu lupa dengan password baru tersebut;
  8. Klik “Save” dan pengubahan password pun selesai.
     

Untuk menjaga keamanan selama berselancar di dunia maya, ganti password WiFi TP Link secara berkala sangatlah penting. Jadi, segera lakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas setelah membeli dan memasang router

Agar kegiatan berinternet semakin lancar, jangan lupa juga untuk membayar tagihan WiFi dengan tepat waktu. Apalagi, provider umumnya akan memberikan sanksi jika kamu telat membayar tagihan. Agar bayar tagihan WiFi lebih untung, jangan lupa gunakan Flip, ya!

Flip adalah aplikasi yang membantumu melakukan transfer dana antarbank dan top up e-wallet secara mudah dan murah! Bahkan, kamu yang beruntung juga berkesempatan untuk mendapatkan promo cashbacklho! Jadi, yuk, download Flip sekarang juga dan gunakan aplikasi Flip untuk membantumu bayar tagihan internet dengan cepat dan murah!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi