mural
homeforward
Prosedur Lengkap Penyetaraan Ijazah Luar Negeri: Syarat dan Alurnya!

Prosedur Lengkap Penyetaraan Ijazah Luar Negeri: Syarat dan Alurnya!

Pelajar atau mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri biasanya perlu melakukan penyetaraan ijazah yang diperoleh agar bisa digunakan di dalam negeri. Per tanggal 1 Maret 2023, proses penyetaraan ijazah luar negeri ini bisa dilakukan secara online di website Kemendikbudristek.

Menurut data yang dikutip Detik dari UNESCO Institute of Statistics, jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di perguruan tinggi luar negeri ada sekitar 53.604 orang. Mereka tersebar di berbagai negara di seluruh dunia, mulai dari jenjang diploma hingga S3.

Di samping itu, jumlah pelajar di tingkat sekolah dasar hingga menengah asal Indonesia yang sekolah di luar negeri pun tidak sedikit. Mereka umumnya mengikuti orang tua yang bekerja sebagai ekspatriat atau memang memutuskan untuk menempuh pendidikan di negeri orang.

Sementara itu, beberapa lembaga pendidikan dan instansi atau perusahaan di Indonesia hanya menerima ijazah yang sudah disetarakan. Artinya, jika lulusan luar negeri ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja di Indonesia, maka harus menyetarakan ijazah luar negeri yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Syarat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

penyetaraan ijazah luar negeri

Photo Credit: Unigrad College

Sebelum membahas tentang persyaratan penyetaraan ijazah dari luar negeri, kamu harus tahu dulu bahwa proses ini bukan untuk mengakui atau tidak ijazah yang dimiliki. Namun, penyetaraan ijazah dilakukan untuk menunjukkan kalau ijazah luar negeri tersebut sepadan dengan ijazah yang dikeluarkan satuan pendidikan di Indonesia.

Berikut ini adalah persyaratan wajib yang harus dipenuhi untuk menyetarakan ijazah pendidikan tinggi dari luar negeri seperti yang dikutip dari laman Kemendikbudristek.

  • Dokumen akreditasi dari perguruan tinggi dan/atau program studi asal.
  • Bukti penerimaan atau LoA (Letter of Acceptance) yang dikeluarkan perguruan tinggi luar negeri.
  • Ijazah yang akan disetarakan (jika isinya tidak dalam bahasa Inggris, maka wajib disertai dokumen terjemahannya dalam bahasa Inggris atau Indonesia oleh penerjemah yang telah tersumpah).
  • Ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Transkrip akademik (seperti ijazah, jika tidak tertulis dalam bahasa Inggris, maka wajib disertai dokumen terjemahan dalam bahasa Inggris atau Indonesia oleh penerjemah yang telah tersumpah).
  • Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini diperlukan jika jenjang pendidikan sebelumnya juga dilakukan di luar negeri.
  • Visa studi (atau visa kunjungan untuk lulusan program sandwich dan research-based) serta seluruh halaman paspor.
  • Jika visa dan paspor hilang, maka wajib melampirkan  surat keterangan hilang dari pihak berwenang (kepolisian), surat keterangan dari perguruan tinggi yang menjelaskan bahwa ia pernah menjalani studi dan lulus, surat keterangan dari Kantor Perwakilan Republik Indonesia setempat yang menerangkan kalau ia pernah menetap di negara tersebut.
  • Pedoman akademik yang memuat informasi mengenai kurikulum atau peraturan akademik sesuai program pendidikan yang diambil.
  • Pas foto dengan background merah.

Untuk melanjutkan proses penyetaraan ijazah, seluruh persyaratan tersebut harus disertakan dalam bentuk file digital. Di samping itu, beberapa program pendidikan dan negara asal studi juga membutuhkan persyaratan khusus yang harus ditambahkan. Secara detail bisa kamu simak di sini.

Alur Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Proses penyetaraan ijazah dari luar negeri secara umum membutuhkan waktu selama dua hingga tujuh hari kerja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengikuti alur berikut ini.

  • Pertama, memahami tentang tata cara penyetaraan ijazah. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca pedoman penyetaraan ijazah serta syarat-syaratnya.
  • Selanjutnya, pemohon harus melakukan registrasi dengan membuat akun di laman piln.kemdikud.go.id. Isikan data yang dibutuhkan secara lengkap dan benar.
  • Setelah itu, lengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan dengan mengunggah file digital atau hasil pindai dokumen-dokumen tersebut sesuai ketentuan.
  • Tunggu proses verifikasi dan penilaian yang dilakukan tim verifikator. Jika semua sudah disetujui, maka Surat Keputusan terkait penyetaraan ijazah pun akan segera ditetapkan. Namun, jika ada dokumen yang salah, maka kamu wajib merevisinya untuk ditinjau ulang.
  • Terakhir, pemohon bisa mengambil Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri di kantor Kemristekdikti. Hal ini bisa dilakukan oleh pemohon sendiri atau diwakilkan.

Waktu Pelayanan

penyetaraan ijazah luar negeri

Photo credit: Deliknews.com

Bagi kamu yang ingin melakukan penyetaraan ijazah, selain memahami syarat dan alurnya, kamu juga harus tahu jadwal pelayanannya. Hal ini penting mengingat proses pengajuan tidak bisa dilakukan kapan saja. Di luar waktu yang ditentukan, maka pelayanan akan tertutup otomatis. Berikut ini adalah jadwal lengkapnya!

  • Senin– Jumat, pukul 08.00–14.00 WIB: Pelayanan pendaftaran dan unggah berkas.
  • Senin–Jumat, pukul 08.30–12.00 WIB dan 13.00–14.00 WIB: Proses verifikasi dan penilaian berkas yang diunggah, serta pengambilan Surat Keputusan.

Jadwal tersebut berlaku pada hari kerja efektif. Sementara pada tanggal merah, maka pelayanan pun akan libur.

Biaya yang Dibutuhkan

Kabar gembiranya, rangkaian proses penyetaraan ijazah luar negeri ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Namun demikian, hal-hal tertentu dalam pengurusan persyaratan bisa saja berbayar. Misalnya, untuk membuat dokumen terjemahan ijazah yang tidak berbahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah, dan sebagainya.

Untuk itu, akan lebih baik jika kamu menyiapkan budget khusus untuk pengurusan penyetaraan ijazah. Hal ini tentunya akan membuat pengeluaranmu lebih tertata, sehingga tidak akan ada dana yang dikeluarkan sia-sia.

Baca Juga: Sering Dikira Sama, Ini 7 Perbedaan Jenis Tes TOEFL Dan IELTS

Seperti halnya ketika ingin melakukan transfer dana ke luar negeri. Jika kamu memilih aplikasi yang tepat, maka kamu bisa lebih hemat. Flip adalah aplikasi yang bisa mewujudkan hal tersebut. Melalui fitur Flip Globe, kamu bisa melakukan proses transfer ke luar negeri secara mudah, cepat, dan hemat.

Fitur tersebut sudah dilengkapi dengan pengonversi mata uang sesuai negara tujuan, serta data berbagai nama bank di luar negeri. Jadi, tunggu apa lagi? Kalau ingin transfer dana ke luar negeri, Flip adalah solusinya. Unduh aplikasinya secara gratis di Play Store (untuk pengguna android) dan App Store (untuk pengguna iPhone). Pakai Flip, semua pasti sip! 

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi