mural
homeforward
Sering Dikira Sama, Ini 7 Perbedaan Jenis Tes TOEFL dan IELTS

Sering Dikira Sama, Ini 7 Perbedaan Jenis Tes TOEFL dan IELTS

Kamu tentu sudah cukup familiar dengan istilah TOEFL dan IELTS. Keduanya sering dikira sama, sebab sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Padahal jenis tes TOEFL berbeda dengan IELTS. Nah, buat yang penasaran apa perbedaannya, simak uraian tujuh perbedaan TOEFL dan IELTS berikut ini.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

1. Ditinjau dari Bahasa Inggris yang Dipakai

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Sumber: Freepik

Perbedaan pertama dari jenis tes TOEFL dan IELTS terletak pada jenis bahasa Inggris yang digunakan. Buat yang belum tahu, bahasa Inggris terdiri dari berbagai variasi aksen, ejaan, tata bahasa, dan dialek. Nah, dua yang paling populer di antaranya adalah bahasa Inggris British (United Kingdom) dan bahasa Inggris Amerika (United States).

TOEFL atau Testing of English as Foreign Language, dipakai untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris Amerika, sedangkan IELTS atau International English Language Testing System menguji kemampuan bahasa Inggris British.

2. Berdasar Kemampuan yang Diuji

Umumnya, jenis tes TOEFL terdiri dari ujian kemampuan listening (mendengarkan), structure and written expression (struktur dan ekspresi tertulis), reading comprehension (pemahaman bacaan), serta written English test (tes menulis bahasa Inggris). Semuanya dalam bentuk pilihan ganda, kecuali yang terakhir.

IELTS juga memiliki format tes yang sama dengan tambahan sesi speaking (berbicara). Tapi, jenis soal yang digunakan bukan pilihan ganda, melainkan isian atau esai singkat. Bahkan, untuk sesi speaking, peserta akan menjawab pertanyaan langsung dari penutur asli.

3. Kegunaan Tes

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Sumber: Freepik

Perbedaan jenis tes TOEFL dan IELTS yang berikutnya terletak dalam kegunaan ujiannya. TOEFL lebih diperuntukkan keperluan studi, terutama untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan sekitarnya. Namun, IELTS juga dapat digunakan untuk syarat administrasi berkuliah di Inggris, Selandia Baru, Australia, dan negara-negara Commonwealth lainnya.

4. Jenis-jenisnya

Jenis tes TOEFL dan IELTS juga berbeda dari segi tata cara pelaksanaannya, lho! TOEFL terdiri dari Internet Based Test (iBT) yang dilakukan secara online dan Institutional Testing Program (ITP) yang melibatkan ujian tertulis menggunakan kertas. Hasil TOEFL iBT diakui secara internasional, sedangkan terkadang ITP hanya berlaku di wilayah Asia.

Bagaimana dengan IELTS? Pertama, ada IELTS Academic yang materinya lebih berkutat dengan seputar dunia akademik. Tapi, materi IELTS General Academic lebih menekankan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks pekerjaan atau sehari-hari.

5. Sistem Penilaian

Sistem penilaian menjadi salah satu perbedaan jenis tes TOEFL dan IELTS yang paling signifikan. Sistem TOEFL ITP menggunakan sistem skor hingga ratusan, dengan nilai maksimal 677. Namun, skor TOEFL iBT memiliki rentang 0 hingga 120. Sementara itu, sistem penilaian IELTS menggunakan sistem skor satuan dengan desimal, yaitu antara 0 sampai 9.0.

6. Biaya

Perbedaan TOEFL dan IELTS juga dapat ditinjau dari sisi biaya yang dibutuhkan ketika mengikuti tes. Biasanya, biaya untuk tes TOEFL jauh lebih murah dibanding tes IELTS. Biaya tes TOEFL ITP berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp600 ribu, sedangkan tes TOEFL iBT berkisar antara Rp2-3 juta. Kemudian, kalau kamu ingin mengikuti ujian IELTS, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp3 juta hingga Rp3,5 juta.

7. Pengakuan dan Penerimaan

TOEFL dan IELTS sama-sama diakui dan diterima sebagai sistem penilaian atas kemampuan bahasa Inggris yang resmi di seluruh dunia. Namun dalam praktiknya, beberapa negara lebih mementingkan salah satunya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, TOEFL lebih diterima di Amerika Serikat dan sekitarnya, sementara IELTS lebih diterima di Inggris, Selandia Baru, dan lainnya. Namun, perbedaan TOEFL dan IELTS ini tak boleh digunakan untuk membanding-bandingkan mana yang lebih baik dan tidak. Keduanya sama-sama bagus, bergantung dari keperluannya.

Itulah tujuh perbedaan antara jenis tes TOEFL dan IELTS yang perlu diketahui supaya kamu tidak salah pilih. Saat kamu akan melanjutkan kuliah ke luar negeri, kamu jadi tahu harus menyiapkan apa saja.

Baca Juga: Tak Sulit, Ini Cara Menghitung Kredit Motor!

Nah, setelah lulus tes TOEFL atau IELTS dan kamu bisa menetap di luar negeri, tidak menutup kemungkinan kamu perlu mengirim uang kepada keluarga atau rekan di sana. Tapi, tenang dulu karena ada solusi yang mudah dan murah, lho! Pakai saja Flip Globe yang sudah mendukung banyak negara. Untuk menikmati kemudahan transfer ke luar negeri, segera download aplikasi Flip secara gratis di Play Store maupun App Store. Pakai Flip, pasti semakin hemat!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi