mural
homeforward
Pahami Aturan Pajak Deposito dan Cara Menghitungnya

Pahami Aturan Pajak Deposito dan Cara Menghitungnya

Deposito dikenal sebagai salah satu produk perbankan yang paling populer di Indonesia. Bahkan, mungkin beberapa dari kamu udah punya rekening deposito di bank untuk menabung. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada pajak deposito yang dikenakan? Bahkan, sudah ada dasar hukumnya di Indonesia, lho! Nah, supaya kamu tidak bingung dengan cara kerjanya, mari kita simak selengkapnya di artikel ini!

Baca juga: Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

 

Apa Maksud dari Pajak Deposito? 

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Sebab, pemilik rekening hanya perlu menempatkan dana di bank untuk memperoleh keuntungan dalam bentuk bunga. 

Namun, perlu diketahui bahwa bunga deposito yang diperoleh oleh individu atau entitas tertentu juga dapat tunduk pada pajak. Pajak yang dikenakan terhadap bunga deposito ini dikenal sebagai pajak deposito.

Dasar Hukum Pajak Bunga Deposito

Dasar hukum yang mengatur pajak deposito di Indonesia adalah Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. Pasal 4 ayat (1) dari undang-undang ini menyatakan bahwa penghasilan dari bunga deposito termasuk dalam penghasilan yang dikenai Pajak Penghasilan. Dengan kata lain, bunga deposito tunduk di bawah ketentuan perpajakan yang telah disebutkan karena dianggap sebagai objek yang bisa menghasilkan uang tambahan.

Tarif Pajak Bunga Deposito

Tarif pajak bunga deposito ditentukan berdasarkan ketentuan yang ada dalam undang-undang pajak penghasilan. Tarif PPh yang diterapkan pada bunga deposito biasanya bergantung pada status kependudukan dan besaran penghasilan individu atau entitas yang menerima bunga deposito sesuai penghitungan berikut:

1. Tarif PPh Pasal 21

Tarif ini berlaku bagi pegawai atau karyawan yang menerima bunga deposito sebagai bagian dari penghasilan mereka. Tarif PPh Pasal 21 berkisar antara 5% hingga 30% dari total penghasilan.

2. Tarif PPh Pasal 22

Berbeda dengan jenis sebelumnya, perusahaan atau badan usaha yang menerima bunga deposito sebagai penghasilan akan dikenakan tarif sebesar 0,1% hingga 15% berdasarkan isi pasal ini. Namun, angka spesifiknya bergantung dari skala usaha dan besaran penghasilan.

3. Tarif PPh Pasal 25

Tarif pajak deposito dari pasal ini berlaku bagi badan usaha yang menerima bunga deposito sebagai penghasilan dari kegiatan usaha atau pekerjaan bebas. Nominalnya berkisar antara 1% hingga 30% berdasarkan jenis usaha dan nominal pendapatan.

Cara Menghitung Pajak atas Bunga Deposito

Untuk mengetahui cara menghitung pajak atas bunga deposito, kamu perlu mengetahui besaran bunga yang diperoleh terlebih dahulu. Lalu, kamu bisa menggunakan rumus pajak bunga deposito yang sederhana di bawah ini:

 

Pajak = Bunga Deposito x Tarif PPh

 

Misalnya, jika seseorang menerima bunga deposito sebesar Rp 10.000.000,00 dengan tarif PPh Pasal 21 sebesar 10%, pajak yang harus mereka bayar adalah:

 

Pajak = Rp 10.000.000 x 10% = Rp 1.000.000

 

Dalam contoh di atas, pajak atas bunga deposito sebesar Rp 10.000.000 adalah Rp 1.000.000.

 

Perlu dicatat bahwa penghitungan pajak deposito bisa lebih kompleks bergantung dari status kependudukan seorang individu, jenis usaha sebuah entitas, dan tarif pajak yang berlaku pada masing-masing situasi. Jadi, contoh tarif pajak bunga deposito di atas hanya bersifat sebagai ilustrasi.

 

Baca juga: Tinggal di Negara Orang, Apakah Anda Termasuk Subjek Pajak Luar Negeri?

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita memiliki tanggung jawab untuk mematuhi aturan perpajakan, termasuk pajak deposito. Pemahaman mengenai hal ini akan membantu kita mengelola keuangan dengan baik dan memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar. 

Namun, memahami dan membayar pajak saja tidaklah cukup. Kalau kamu ingin mencapai financial goals dengan lebih cepat, pilihlah opsi investasi yang tepat, salah satunya dengan platform Flip. Sebab, Flip bekerja sama dengan Amartha untuk menggalang investor yang berminat mendanai UMKM di Indonesia. 

Selain memberi manfaat sosial bagi pebisnis yang ingin berkembang dan sukses, kamu juga bisa menikmati keuntungan tahunan sebanyak 11,5%, lebih tinggi dari deposito! Tertarik? Yuk, tumbuhkan danamu dengan investasi di Flip dan dapatkan aplikasinya sekarang untuk daftarkan diri!


[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_1.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi