mural
homeforward
Ini Lho Penyebab Arus Listrik Lemah dan Solusinya

Ini Lho Penyebab Arus Listrik Lemah dan Solusinya

Tak dapat dimungkiri bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui apa penyebab arus listrik lemah, padahal kasus ini sering kali terjadi. Arus listrik lemah tidak hanya berisiko merusak peralatan elektronik, tetapi juga dapat mengganggu aktivitas harianmu. 

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui penyebab arus listrik lemah sehingga kamu bisa menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya. Nah, kamu bisa ini menyimak penjelasan singkat mengenai arus listrik lemah melalui artikel berikut!

Baca Juga: Cara Mudah Isi Token Listrik pada Meteran Anti Ribet

Penyebab Arus Listrik Lemah dan Solusinya

39-1 Envato-min.jpg

Sumber: Envato

Pada dasarnya, kualitas instalasi yang buruk merupakan penyebab utama arus listrik lemah. Hal ini sering kali memicu berbagai kondisi yang merugikan pengguna listrik. Mulai dari kerusakan parah pada alat elektronik, terjadinya peningkatan konsumsi energi yang menyebabkan tagihan membengkak, hingga risiko kebakaran.

Selain kualitas instalasi yang buruk, terdapat faktor lain yang menyebabkan arus listrik lemah. Adapun faktor yang dimaksud, antara lain:

1. Ketidaksesuaian Daya Listrik 

Daya listrik yang tidak sesuai bisa menyebabkan arus listrik lemah. Risikonya, daya yang terlalu rendah akan membuat perangkat elektronik tidak dapat berfungsi. Misalnya: kamu hendak memasak nasi menggunakan rice cooker, listrik mengalami penurunan arus sehingga alat tidak menyala. 

Hal tersebut terjadi karena alat elektronik menerima daya listrik yang tidak sesuai. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengecek perangkat listrik. Apakah daya yang dibutuhkan alat elektronik sudah sesuai dengan daya listrik tempat tinggalmu?

Jika ternyata daya listrik memadai, kamu perlu melakukan pengecekan pada sakelar dan kabel. Apabila terdapat kerusakan pada keduanya atau salah satunya, segera lakukan perbaikan. Disarankan juga untuk menggunakan stabilizer yang berguna menjaga tegangan tetap stabil. 

2. Jaringan Listrik Tidak Sesuai Standar 

Tak dapat dimungkiri bahwa masih ada segelintir orang yang melakukan pemasangan listrik secara ilegal. Memang biaya yang dikenakan relatif murah, tetapi jaringan yang dipasang tidak sesuai standar PLN. Alhasil, arus listrik tidak stabil yang berimbas pada penurunan daya. Jika begini, kamu akan sulit meminta pertanggungjawaban dan berujung mengalami kerugian.

Solusinya, lakukan pemasangan listrik secara legal untuk meminimalisasi hal buruk yang tak diinginkan.

3. Korsleting Listrik 

Korsleting listrik juga menjadi salah satu penyebab arus listrik lemah. Korlesting atau hubungan pendek listrik dapat terjadi ketika dua arus potensi listrik yang berbeda bersentuhan langsung. Kabel listrik yang rusak, konektor listrik yang tidak kencang, komponen elektronik yang mengalami kerusakan, atau pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai standar menjadi beberapa pemicu terjadinya korsleting.

Solusinya, segera hubungi PLN dan konsultasikan masalah yang dihadapi. Nantinya, teknisi akan mendatangi rumahmu untuk melakukan pengecekan. 

4. Kerusakan Pada Alat Listrik 

beli token dan bayar listrik di flip

Alat elektronik yang rusak juga bisa menyebabkan arus listrik lemah. Sering kali hal ini luput dari perhatian. Maklum saja, tidak semua orang mengerti mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan.

Mengingat terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab kerusakan pada alat listrik. Ada baiknya untuk menghubungi teknisi yang lebih memahami permasalahan tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan solusi yang tepat dan aman dari risiko.

Baca Juga: Alasan Kenapa Listrik Sering Turun dan Cara Mengatasinya

5. Sumber Listrik Terganggu 

Adanya gangguan pada sumber listrik PLN juga menjadi penyebab mengapa arus listrik melemah. Tak jarang masalah ini terjadi di sekitar kawasan yang dinilai rawan akan tegangan tinggi. Ketika terjadi hujan deras disertai angin, petir, dan pohon tumbang, hal ini akan mengganggu arus listrik. Bahkan, lambat laun arus listrik akan melemah dan mati total.

Solusinya, kamu harus menunggu pihak terkait untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di lokasi terjadinya gangguan. Apabila yang menjadi penyebab adalah pohon tumbang atau trafo meledak, tentunya diperlukan waktu yang lebih lama untuk memperbaiki seluruh jaringan listrik yang terdampak di sekitar kawasan. 

6. Sumber Listrik Terlalu Jauh

Penyebab arus listrik tidak stabil atau melemah juga dapat terjadi karena jarak antara sumber listrik dengan rumah atau pemukiman warga terlalu jauh. Alhasil, arus listrik yang sampai ke lokasi tidak sekuat di wilayah yang dekat dengan sumber listrik.

Makin lemah aliran listrik yang mengalir ke kawasan tersebut, makin kecil juga daya listrik yang bisa digunakan di setiap rumah. Melaporkan permasalahan pada pihak terkait menjadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan. Dengan laporan tersebut, pihak PLN akan melakukan pengecekan ke lokasi. 

Selagi laporan diproses, alangkah bijak apabila kamu menggunakan stabilizer untuk memastikan distribusi listrik merata. Cara ini akan menjaga alat elektronik tetap baik dan aman digunakan sekalipun arus listrik di kawasanmu cenderung lemah.

Demikianlah informasi mengenai penyebab arus listrik lemah beserta solusi yang bisa kamu jadikan pengetahuan baru. Pastikan juga untuk melakukan pembayaran tagihan listrik tepat waktu atau mengisi token listrik PLN setelah bunyi alarm muncul. Kamu bisa bayar listrik dan beli token PLN melalui Flip! Dijamin lebih cepat, aman, dan praktis!

Beli Token dan Bayar Listrik via Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi