Tutorial | 8 November 2022
Oleh : Farrel Baihaqi
Setiap hari kita melakukan aktivitas dengan menggunakan listrik. Mulai dari memasak nasi, memanaskan air hingga menerangi ruangan, semuanya menggunakan listrik. Tak heran jika masalah listrik sedikit saja bisa mengganggu kegiatan harian. Untungnya saat ini sudah tersedia pengaduan PLN online yang dapat membantumu memecahkan berbagai permasalahan terkait sambungan listrik.
Menghubungi pengaduan PLN online tidak hanya membantu kamu menyelesaikan masalah listrik di rumah, tapi juga mencegah berbagai bahaya seperti korsleting. Simak masalah apa saja yang bisa diselesaikan lewat pengaduan online dan cara membuat pengaduan PLN online berikut ini!
Baca juga: Isi Pulsa Prabayar PLN Kian Mudah, Tak Perlu Keluar Rumah!
Ada beberapa masalah yang bisa kamu laporkan ke PLN sebagai penyedia sambungan listrik. Hubungi pengaduan PLN online jika kamu mengalami:
Mati listrik merupakan masalah yang paling umum terjadi di Indonesia. Biasanya ini disebabkan matinya sumber listrik atau ada perawatan maintenance jaringan. Jika listrik padam terlalu sering atau terlalu lama, ini bisa merusak peralatan elektronik dan mengganggu produktivitas. Karena itu, segera laporkan pada pihak terkait
Kondisi ini terjadi ketika arus listrik naik dan turun dengan tidak stabil. Seperti mati listrik, ini juga bisa menyebabkan kerusakan perangkat karena ketidakstabilan listrik. Segera ajukan komplain jika ini terjadi di rumahmu
Masalah lain yang juga harus kamu laporkan ke PLN adalah power SAG. Ini adalah kondisi ketika tegangan listrik mengalami penurunan drastis sampai 80%. Efeknya, akan terjadi korsleting pada sambungan listrik di rumahmu. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada alat-alat elektronik yang tersambung ke listrik seperti kulkas dan televisi
Power surge atau power spike terjadi ketika voltase naik lebih dari 100%. Ini biasanya disebabkan adanya jaringan listrik yang tersambar petir.
Gangguan listrik yang terjadi sesekali dan tidak membahayakan tentu masih bisa ditolerir. Tapi kalau sudah terlalu sering dan mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk melapor agar kamu bisa mendapatkan jalan keluar.
Berkat keberadaan internet, saat ini pengaduan masalah listrik tidak mengharuskanmu datang langsung ke kantor PLN. Kamu dapat menggunakan berbagai kanal pengaduan PLN online yang tersedia. Bagaimana caranya dan di mana saja kamu bisa membuat pengaduan?
Saat ini hampir semua perusahaan menyediakan akun jejaring sosial untuk memudahkan mereka terhubung dengan konsumennya. Begitu juga dengan PLN yang kini hadir hampir di semua media sosial yang populer. Kalau kamu ingin mengajukan keluhan, kamu bisa menghubungi salah satu akun media sosial PLN berikut ini:
- [email protected] (email)
- @pln_123 (Twitter)
- PLN 123 (Facebook) - 123 (WhatsApp)
- @pln123_official (Instagram)
Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat pengaduan masalah listrik adala lewat virtual Assistant PLN 123. Caranya adalah:
Tidak hanya melayani pengaduan, kamu juga bisa memanfaatkan Virtual Assistant PLN 123 untuk menanyakan beragam layanan lain yang disediakan oleh PLN.
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menyampaikan keluhan kepada PLN adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi resmi dari PLN ini memang didesain untuk memudahkan para pelanggannya untuk mengakses beragam layanannya lewat ponsel. Dengan aplikasi, kamu bisa membeli token, melakukan pengajuan tambah daya listrik sampai membuat pengaduan jika ada masalah listrik.
Dilansir dari akun Instagram resmi PLN di @pln123_official, kamu bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile dengan cara:
Itulah beberapa cara membuat pengaduan PLN online. Untuk melakukan pembayaran listrik atau pembelian token, kamu bisa memanfaatkan Product Digital Flip. Dijamin mudah dan praktis!
Bagikan