mural
homeforward
Ada Masalah di Rumah? Gunakan Pengaduan PLN Online Berikut Ini!

Ada Masalah di Rumah? Gunakan Pengaduan PLN Online Berikut Ini!

Setiap hari kita melakukan aktivitas dengan menggunakan listrik. Mulai dari memasak nasi, memanaskan air hingga menerangi ruangan, semuanya menggunakan listrik. Tak heran jika masalah listrik sedikit saja bisa mengganggu kegiatan harian. Untungnya saat ini sudah tersedia pengaduan PLN online yang dapat membantumu memecahkan berbagai permasalahan terkait sambungan listrik. 

Menghubungi pengaduan PLN online tidak hanya membantu kamu menyelesaikan masalah listrik di rumah, tapi juga mencegah berbagai bahaya seperti korsleting. Simak masalah apa saja yang bisa diselesaikan lewat pengaduan online dan cara membuat pengaduan PLN online berikut ini! 

Baca juga: Isi Pulsa Prabayar PLN Kian Mudah, Tak Perlu Keluar Rumah!

 

Kapan Harus Menggunakan Layanan Pengaduan PLN Online?

Ada beberapa masalah yang bisa kamu laporkan ke PLN sebagai penyedia sambungan listrik. Hubungi pengaduan PLN online jika kamu mengalami: 

Mati Listrik (Power Failure) 

Mati listrik merupakan masalah yang paling umum terjadi di Indonesia. Biasanya ini disebabkan matinya sumber listrik atau ada perawatan maintenance jaringan. Jika listrik padam terlalu sering atau terlalu lama, ini bisa merusak peralatan elektronik dan mengganggu produktivitas. Karena itu, segera laporkan pada pihak terkait 

Frequency Variation

Kondisi ini terjadi ketika arus listrik naik dan turun dengan tidak stabil. Seperti mati listrik, ini juga bisa menyebabkan kerusakan perangkat karena ketidakstabilan listrik. Segera ajukan komplain jika ini terjadi di rumahmu 

Power SAG 

Masalah lain yang juga harus kamu laporkan ke PLN adalah power SAG. Ini adalah kondisi ketika tegangan listrik mengalami penurunan drastis sampai 80%. Efeknya, akan terjadi korsleting pada sambungan listrik di rumahmu. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada alat-alat elektronik yang tersambung ke listrik seperti kulkas dan televisi 

Power Surge

Power surge atau power spike terjadi ketika voltase naik lebih dari 100%. Ini biasanya disebabkan adanya jaringan listrik yang tersambar petir.   

Gangguan listrik yang terjadi sesekali dan tidak membahayakan tentu masih bisa ditolerir. Tapi kalau sudah terlalu sering dan mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk melapor agar kamu bisa mendapatkan jalan keluar.  

 

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan Pengaduan PLN Online?

Berkat keberadaan internet, saat ini pengaduan masalah listrik tidak mengharuskanmu datang langsung ke kantor PLN. Kamu dapat menggunakan berbagai kanal pengaduan PLN online yang tersedia. Bagaimana caranya dan di mana saja kamu bisa membuat pengaduan? 

Pengaduan Melalui Media Sosial

Saat ini hampir semua perusahaan menyediakan akun jejaring sosial untuk memudahkan mereka terhubung dengan konsumennya. Begitu juga dengan PLN yang kini hadir hampir di semua media sosial yang populer. Kalau kamu ingin mengajukan keluhan, kamu bisa menghubungi salah satu akun media sosial PLN berikut ini: 

- [email protected] (email) 

- @pln_123 (Twitter) 

- PLN 123 (Facebook) - 123 (WhatsApp) 

- @pln123_official (Instagram) 

Pengaduan Melalui Virtual Assistant PLN 123

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat pengaduan masalah listrik adala lewat virtual Assistant PLN 123. Caranya adalah: 

  1. Buka browser di ponsel atau komputer kamu kemudian masukkan alamat https://web.pln.co.id/ 
  2. Klik menu “Virtual Assistant PLN” yang ada di sebelah kanan halaman situs 
  3. Selanjutnya kamu akan diminta mengisi sejumlah informasi termasuk nama, ID pelanggan, alamat email, nomor ponsel dan keluhan yang ingin disampaikan
  4. Kamu akan diminta mengisi verifikasi sebelum akhirnya dihubungkan dengan operator PLN 
  5. Sampaikan masalah yang kamu alami pada operator secara detail. Tunggu beberapa saat sampai operator menjawab atau memberikan solusinya. 

Tidak hanya melayani pengaduan, kamu juga bisa memanfaatkan Virtual Assistant PLN 123 untuk menanyakan beragam layanan lain yang disediakan oleh PLN. 

Pengaduan Lewat Aplikasi PLN Mobile

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menyampaikan keluhan kepada PLN adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi resmi dari PLN ini memang didesain untuk memudahkan para pelanggannya untuk mengakses beragam layanannya lewat ponsel. Dengan aplikasi, kamu bisa membeli token, melakukan pengajuan tambah daya listrik sampai membuat pengaduan jika ada masalah listrik. 

Dilansir dari akun Instagram resmi PLN di @pln123_official, kamu bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile dengan cara: 

  1. Download aplikasi PLN Mobile lewat ponsel kamu (bisa di App Store atau Google Play Store) 
  2. Buka aplikasi kemudian pada halaman depan klik di menu "Pengaduan”
  3. Tentukan jenis pengaduan yang ingin kamu sampaikan 
  4. Pada kolom yang tersedia, masukkan IDPEL yang bermasalah 
  5. Jika ingin mengadukan masalah yang dialami oleh pelanggan lain, masukkan IDPEL atau nomor meter lain 
  6. Kalau kamu tidak tahu berapa nomor ID-nya, tunjukkan lokasi lewat maps yang tersedia. Tentukan di mana lokasinya kemudian pilih “Konfirmasi”. 

Itulah beberapa cara membuat pengaduan PLN online. Untuk melakukan pembayaran listrik atau pembelian token, kamu bisa memanfaatkan Product Digital Flip. Dijamin mudah dan praktis!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2025 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi