mural
homeforward
Apa Itu Remote Working? Simak Pengertian, Manfaat dan Bedanya dengan WFH!

Apa Itu Remote Working? Simak Pengertian, Manfaat dan Bedanya dengan WFH!

Selama pandemi, ada berbagai istilah baru yang bermunculan di dunia kerja. Remote working atau remote work adalah salah satunya. Meski baru populer dalam beberapa tahun ke belakang, faktanya, semenjak internet muncul di akhir tahun 1990-an, banyak orang yang mulai membeli PC sendiri. Di awal tahun 2000-an, beberapa perusahaan di Amerika Serikat mulai mengizinkan karyawannya untuk bekerja secara remote working.

Apa sebenarnya remote work itu? Apa saja contoh pekerjaan remote work yang bisa kamu temukan saat ini? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk, kita bahas tuntas dalam artikel ini!

Baca juga: Mengenal Visa Kerja ke Luar Negeri dan Cara Membuatnya 

 

Pengertian Remote Working

Secara sederhana, remote work adalah praktik bekerja yang dilakukan oleh para karyawan di luar kantor utama yang dioperasikan oleh perusahaan. Mereka bisa memilih tempat mana saja yang mereka inginkan untuk bekerja. Mereka bisa bekerja dari kantor pribadi, dari coworking space, bahkan dari rumah mereka sendiri.

Remote work mengalami peningkatan popularitas karena berbagai keuntungan yang ditawarkannya baik untuk pekerja maupun perusahaan. Di masa pandemi, semakin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan remote work demi alasan keamanan dan kesehatan. Meski pandemi sudah mulai mereda, remote work masih menjadi pilihan banyak orang untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Pandemi tidak hanya membuat popularitas remote working meningkat. Jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dengan sistem remote working pun semakin banyak, terutama pekerjaan yang bisa dilakukan lewat internet. Apa saja contoh pekerjaan remote work yang bisa dilakukan saat ini?

  • Desainer grafis. Pekerjaan yang berhubungan dengan kebutuhan grafis seperti membuat desain promosi visual, logo, infografis dan lain sebagainya bisa dilakukan dari mana saja tanpa perlu ke kantor
  • Content writerContent writer bertugas membuat konten sesuai dengan kebutuhan klien. Selama kamu memahami dengan baik apa yang diinginkan/dibutuhkan oleh mereka, pekerjaan ini bisa dilakukan dari mana saja
  • Penerjemah. Bagi kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing, pekerjaan menjadi penerjemah bisa dilakukan secara online. Kamu hanya perlu lihai mencari kesempatan atau lowongan.

Selain beberapa pekerjaan di atas, beberapa profesi lain seperti UI/UX designer, admin hingga online marketing juga bisa dilakukan dengan sistem remote working.

Kelebihan dan Kekurangan Remote Work

Sumber: Pexels

Seperti halnya sistem kerja di kantor, remote working juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Kelebihan remote working antara lain adalah:

  • Kebebasan dan fleksibilitas dalam mengatur jam kerja. Kamu bisa memilih kapan waktu terbaikmu untuk menyelesaikan tugas
  • Lebih hemat biaya dan waktu karena kamu tidak perlu bepergian ke luar rumah seperti saat bekerja di kantor
  • Remote working memungkinkan kamu bekerja dari rumah sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk keluarga
  • Lebih fokus dan lebih efisien dalam melakukan pekerjaan
  • Membuka lebih banyak kesempatan kerja, termasuk dari perusahaan-perusahaan yang ada di luar negeri. Kebanyakan orang yang bekerja secara remote terutama mereka yang freelancer, bisa menerima banyak klien sekaligus. Tidak hanya dari perusahaan lokal, tapi juga perusahaan multinasional.

Selain beberapa kelebihan di atas, remote working juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Kurangnya interaksi langsung dengan karyawan lain
  • Jika kamu bekerja dari rumah, kemungkinan untuk terdistraksi dengan urusan rumah akan lebih besar. Ini berisiko mengganggu work-life balance kamu
  • Kamu perlu menyiapkan ruang khusus untuk bekerja. Baik itu di rumah, di kafe atau coworking space.

Beda Remote Working dengan WFH

Istilah remote working dengan WFH kerap digunakan secara bersamaan. Banyak orang yang menganggap bahwa keduanya sama saja. Padahal, ada beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui.

WFH atau Work from Home pada dasarnya adalah fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Fasilitas ini memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan tugas (yang tadinya harus diselesaikan di kantor) di rumah. WFH tidak membebaskan karyawan dari aturan tempatnya bekerja.

Karyawan yang bekerja dengan sistem WFH biasanya masih harus berada di depan komputer selama jam kerja, menyelesaikan tugas sesuai jam kerja dan harus tetap bisa dihubungi selama jam kerja. Beberapa perusahaan bahkan memberlakukan sistem hybrid yang mengharuskan karyawan untuk datang (beberapa hari dalam seminggu) ke kantor meski punya fasilitas WFH.

Remote working di sisi lain memiliki fleksibilitas yang lebih besar. Mereka yang bekerja dengan sistem ini biasanya tidak terikat dengan perusahaan. Itu sebabnya mereka bisa mengambil pekerjaan dari beberapa perusahaan sekaligus karena tidak ada ikatan dinas atau kewajiban untuk datang ke kantor. Mereka juga bisa bekerja dari mana saja yang mereka suka dengan suasana yang mereka inginkan.

 

Baca juga: Simak! Syarat dan Cara Mengajukan Working Holiday Visa Australia

Itu dia pengertian mengenai remote work yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang berencana untuk mengambil pekerjaan remote working dari luar negeri, pastikan kamu menggunakan aplikasi yang tepat untuk mengirimkan atau menerima dana. 

Flip Globe dengan pengalaman bertahun-tahun siap membantumu melakukan transaksi antar negara dengan cara yang lebih mudah dan praktis, tanpa biaya tersembunyi. Unduh aplikasinya di  Google Play dan App Store sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi