mural
homeforward
Penjelasan Lengkap Obligasi Konversi untuk Para Investor

Penjelasan Lengkap Obligasi Konversi untuk Para Investor

Karena investasi dianggap lebih menguntungkan dibanding sekedar menabung di bank, banyak yang tertarik untuk melakukannya. Obligasi konversi adalah salah satu jenis investasi yang tersedia di Indonesia. Namun, tidak semua orang mengetahui obligasi ini. Untuk kamu yang ingin lebih banyak memahaminya, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Saldo Monetary Telkomsel: Definisi Hingga Cara Penggunaannya

Apa Itu Obligasi Konversi?

obligasi konversi

Sumber : Envato

Obligasi konversi atau disebut juga convertible bonds adalah jenis obligasi yang memungkinkan pemilik untuk menukarkan surat utang menjadi saham di perusahaan penerbit. Hal itu disesuaikan dengan rasio penukaran yang telah disepakati di awal. Karena keunggulannya dalam kemudahan mengubah surat utang menjadi saham, obligasi ini cenderung memiliki tingkat bunga rendah.

Jenis Obligasi Konversi

Karena ada lebih dari satu jenis obligasi, pastikan kamu memahami masing-masing obligasi yang ada. Yang menjadi bagian jenis obligasi konversi adalah:

Obligasi Tukar

Obligasi tukar disebut juga exchangeable convertible. Saham yang digunakan pada obligasi ini adalah saham dari perusahaan yang berbeda dengan perusahaan penerbit obligasi. Untuk jenis obligasi ini tersedia persyaratan opsi konversi. Tujuan konversi piutang menjadi syaratnya, yang mana menukar obligasi dengan saham pemegang dari pihak peminjam yang bersangkutan.

Obligasi Konversi Bersyarat

Untuk melakukan konversi bersyarat, ada syarat yang harus dipatuhi. Syaratnya adalah jika saham yang berlaku di pasar modal telah menjangkau persentase tertentu. Angka persentase itu umumnya terletak di atas harga konversi yang telah ditetapkan.

Obligasi Konversi Saham Preferen

Terdapat kemiripan antara obligasi ini dengan obligasi lainnya. Hanya saja ada hal lain yang membuatnya berbeda dari obligasi lain yaitu struktur modalnya. Di obligasi ini peringkat senioritas yang dimiliki struktur modalnya lebih rendah.

Obligasi Wajib Konversi

Jenis obligasi ini wajib dikonversi menjadi saham biasa saat jatuh tempo. Harga obligasi ini umunya bergantung pada harga pasar yang berlaku saat proses konversi. Imbal hasil yang tinggi membuat obligasi wajib konversi cocok untuk investasi jangka pendek.

Vanilla Convertible Bonds

Obligasi ini memberikan hak investor untuk mengonversikan obligasi ke sejumlah saham dengan nilai dan harga konversi yang sudah ditetapkan di tanggal jatuh tempo. Dengan ini, selama masa berlaku obligasi, investor akan mendapat kupon bunga lalu pada jatuh tempo akan mendapat hak atas nominal obligasi atau mengonversikannya dalam bentuk saham.

Reverse Convertible Bonds

Pada reverse convertible, penerbit obligasi diberikan hak konversi. Opsinya yaitu membeli kembali obligasi salam bentuk tunai atau juga dikonversikan ke bentuk ekuitas dengan harga dan kurs konversi ditetapkan saat jatuh tempo.

Cara Kerjanya

obligasi konversi

Sumber : Envato

Setelah memahami pengertian obligasi konversi dan jenis-jenisnya, saatnya kamu memahami cara kerjanya. Pemegang obligasi diberikan pilihan untuk mengubah surat utang menjadi saham yang rasionya telah ditentukan. Bunga konversi yang rendah akan memberikan keuntungan untuk penerbit, namun di sisi lain dapat menyebabkan dilusi saham akibat penurunan kepemilikan saham saat pemegang obligasi melakukan konversi.

Perusahaan memiliki pilihan untuk tidak mengembalikan hutang atau mengonversikannya menjadi saham sesuai dengan persetujuan awal. Ini bisa saja menguntungkan investor, tapi ada risiko investasi ikut berubah menjadi investasi saham saat melakukan konversi.

Contohnya

Sebuah perusahaan membutuhkan dana Rp 100 miliar untuk proyek baru. Untuk mendapatkannya, mereka lalu menerbitkan obligasi konversi untuk peminjaman uang dengan kupon 12% dan tempo waktu 10 tahun. Apabila perusahaan menerbitkan konversi ditukar dengan saham, mereka akan mendapatkan 8%.

Selain itu, ada pula pilihan untuk tidak mengembalikan hutang karena bisa dikonversikan menjadi saham sesuai kesepakatan. Obligasi ini menjadi solusi untuk perusahaan yang ingin bunga rendah untuk proyek tahap awal.

Bila investor mengonversi obligasi menjadi saham, pemegang saham lain pun akan terdilusi. Tapi perusahaan tidak harus membayarkan pokok obligasi atau bunga. Investor akan lebih untung melalui obligasi konversi menjadi saham karena mereka akan mendapatkan nilai lebih saat proyek sudah selesai dan berhasil.

Keuntungannya

Obligasi konversi adalah investasi yang memberikan keuntungan untuk penerbit maupun investor. Keuntungannya yaitu:

Keuntungan untuk Penerbit

  • Perusahaan bisa mendapat pembiayaan saham biasa dengan harga lebih murah.
  • Bertujuan meningkatkan modal ekuitas tanpa melepas kontrol kepemilikan lebih dari yang dibutuhkan.
  • Tingkat suku bunga lebih kecil dibanding suku bunga yang diberi emiten untuk utang non konversi.

Keuntungan untuk Investor

  • Menerima keamanan risiko karena pemilik obligasi dibayar sebelum pemegang saham biasa.
  • Memperoleh bayaran suku bunga tetap dengan pilihan mengonversi ke saham serta mendapat keuntungan dari apresiasi harga saham.
  • Harga saham lebih rendah dibanding harga pasaran saat dikonversikan.

Risikonya

Mengetahui pengertian obligasi konversi dan keuntungannya saja tidak cukup, kamu juga harus tahu risikonya. Berikut ini adalah beberapa risiko yang tidak boleh disepelekan:

  • Belum tentu harga saham naik saat dikonversi ke dalam bentuk saham.
  • Risiko penerbit gagal bayar kupon sehingga dibayar dalam bentuk saham.
  • Harga saham yang diperoleh bisa lebih murah dari nilai obligasi saat jatuh tempo.
  • Kupon bisa lebih rendah dari jenis obligasi lainnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Kehabisan, Ini Cara Cek Kuota Indosat

Penutup

Sekarang kamu telah mengetahui pengertian obligasi konversi, jenis obligasi, cara kerja, contoh, keuntungan sampai risikonya. Apa kamu sudah tertarik untuk menggunakan obligasi ini? Nah, biar makin hemat, jangan lupa pakai Flip untuk transaksi antarbank yang cepat dan mudah. Yuk, unduh Flip dan rasakan kemudahannya! 
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi