mural
homeforward
Mau Tahu Cara Setor Tunai di ATM Mandiri? Simak Ulasan Ini!

Mau Tahu Cara Setor Tunai di ATM Mandiri? Simak Ulasan Ini!

Teknologi keuangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, terus berkembang dari waktu ke waktu. Nasabah Bank Mandiri misalnya, saat ini sudah mulai familier dengan cara setor tunai di ATM Mandiri. Adanya layanan setor tunai di mesin ATM memang sangat memudahkan bagi banyak nasabah berbagai bank di tanah air termasuk Bank Mandiri. 

Baca juga: Isi E-money Mandiri Makin Simpel dengan Flip!

ATM setor tunai atau ATM CRM (Cash Recycling Machine) berbeda dengan ATM tarik tunai yang sebelumnya sudah kita kenal. Dengan menggunakan mesin ATM CRM, nasabah tidak hanya bisa melakukan penarikan uang saja tapi juga melakukan penyetoran dana ke rekening sendiri maupun rekening orang lain. Ada beberapa keuntungan melakukan penyetoran dana di ATM setor tunai: 

  • Tidak perlu repot-repot mengantre di teller bank 
  • Karena ATM buka selama 24 jam, kamu bisa melakukan penyetoran dana kapan saja kamu membutuhkannya. Tidak ada batasan waktu dan hari kerja. Selama mesin ATM masih berfungsi dengan normal dan tidak rusak, kamu bisa melakukannya. 

Sekilas tentang Bank Mandiri 

Bank Mandiri

Sumber: Itworks 

Dengan motto “Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama”, Bank Mandiri merupakan bank terbesar nomor 1 di Indonesia berdasarkan jumlah asetnya. Bank Mandiri sendiri adalah bank milik pemerintah yang didirikan pada bulan Oktober tahun 1998 sebagian bagian dari restrukturisasi perbankan yang dicanangkan oleh pemerintah. Saat itu, beberapa bank di Indonesia harus dilikuidasi karena krisis. 

Empat bank milik pemerintah, yakni Bapindo (Bank Pembangunan Indonesia), BBD (Bank Bumi Daya), Bank Exim (Bank Ekspor Impor) dan BDN (Bank Dagang Negara) dilebur menjadi satu lewat Bank Mandiri. Pada paruh pertama tahun 2022 ini, Bank Mandiri didapuk sebagai bank dengan aset terbesar di Indonesia dengan nilai pertumbuhan 12,98% YOY. Bank Mandiri juga terus mengalami pertumbuhan jumlah nasabah seiring dengan makin meningkatnya pelayanan keuangan yang diberikan. 

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Setor Tunai di ATM Bank Mandiri 

Setor Tunai di ATM Bank Mandiri

Sumber:Lifepal 

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait cara setor tunai di ATM Mandiri ke rekening sendiri: 

  • Tidak ada biaya transaksi untuk setiap penyetoran yang kamu lakukan 
  • Transaksi setor tunai di ATM Mandiri dibatasi limit dengan besaran yang berbeda-beda, tergantung kartu ATM Mandiri yang kamu punya. Untuk kartu Silver limitnya Rp15 juta per hari, Gold limitnya Rp30 juta per hari, Platinum limitnya Rp50 juta per hari dan Prioritas Rp100 juta per hari 
  • Uang yang disetorkan lewat mesin ATM akan secara real-time terkredit ke rekening kamu 
  • Mesin ATM setor tunai termasuk milik Bank Mandiri hanya menerima pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 dengan jumlah lembaran uang per transaksi adalah 50 lembar 
  • Uang yang disetorkan harus dalam keadaan baik. Tidak boleh basah, terlipat, robek, distaples, diikat dengan karet dan tidak boleh palsu. Jika kondisi uang tidak memenuhi syarat, mesin ATM secara otomatis akan menolaknya. 

Langkah-langkah Setor Tunai di ATM Bank Mandiri 

Langkah-langkah Setor Tunai di ATM Bank Mandiri

Sumber: Kompasiana 

Bagi kamu yang ingin melakukan setor tunai di ATM Bank Mandiri, caranya cukup mudah. Lalu, bagaimana cara setor tunai di ATM Mandiri? Simak penjelasannya berikut ini! 

  1. Temukan mesin ATM setor tunai Bank Mandiri terdekat yang ada di kotamu. Mesin setor tunai memang jumlahnya tidak sebanyak mesin ATM tarik tunai. Biasanya mesin setor tunai ada di pusat perbelanjaan, kantor cabang Bank Mandiri dan di toko-toko ritel 
  2. Siapkan uang yang akan disetor. Pastikan uang dalam kondisi rapi dan tidak terlipat. Sebaiknya kelompokkan uang berdasarkan besaran nominalnya 
  3. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin, pilih bahasa (tersedia pilihan bahasa Indonesia dan Inggris di layar). Selanjutnya masukkan 6 digit nomor PIN ATM kamu 
  4. Pilih menu “Setoran Tunai” dan tunggu sampai shutter (pintu box tempat uang) pada mesin ATM terbuka. Masukkan uang ke dalamnya dan tunggu beberapa saat 
  5. Jika ada uang yang tidak layak atau posisi penempatannya tidak benar, shutter akan kembali terbuka. Uang seperti ini ditolak oleh ATM dan kamu harus mengambilnya (tidak bisa disetorkan) 
  6. Pada layar akan muncul verifikasi jumlah uang yang kamu masukkan. Kalau jumlahnya sudah sesuai kamu bisa menekan “Setor” dan uang akan dikreditkan langsung ke rekeningmu 
  7. Setelah transaksi keluar, ambil receipt slip dan simpan sebagai bukti jika diperlukan 
  8. Transaksi selesai. Jangan lupa simpan kartu ATM kamu dengan baik sebelum meninggalkan mesin. Itulah cara setor tunai di ATM Mandiri ke rekening sendiri. 

Lalu bagaimana cara setor tunai di ATM Mandiri Syariah? Perlu diketahui bahwa saat ini Bank Syariah Mandiri atau BSM sudah dilebur menjadi satu lewat BSI (Bank Syariah Indonesia). Jadi kalau kamu adalah nasabah Bank Mandiri Syariah, kamu secara otomatis akan menjadi nasabah BSI. 

Tidak seperti nasabah bank syariah lain seperti BNI Syariah atau BRI Syariah, nasabah BSM tidak perlu melakukan migrasi. Ini karena IT platform yang dipakai oleh BSI merupakan IT platform yang dulu dipakai oleh BSM. Kamu hanya perlu melakukan penggantian buku tabungan dan kartu ATM. Untuk melakukan setor tunai, kamu cukup mencari ATM setor tunai BSI terdekat yang ada di kotamu. 

Lalu, apakah nasabah BSI eks BSM bisa melakukan setor tunai di ATM setor tunai Bank Mandiri? Jawabannya: tidak bisa. Semua bank syariah yang kini sudah tergabung sebagai BSI tidak bisa melakukan setor tunai di ATM bank induknya, termasuk Bank Mandiri. Jadi, kamu tetap harus menggunakan ATM setor tunai BSI untuk melakukan penyetoran lewat mesin ATM. 

Baca juga: Kelebihan Punya Aplikasi Livin' by Mandiri, Wajib Tahu

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara setor tunai di ATM Mandiri. Jika setelah setor tunai kamu ingin melakukan transfer dana ke rekening lain, tidak perlu repot karena sekarang ada Flip. Pengiriman uang ke rekening bank lain bisa dilakukan tanpa biaya*. Unduh dan daftarkan diri Anda sekarang juga untuk menikmati semua fiturnya.

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi