mural
homeforward
Amalan Sunnah dan Manfaat Sedekah di Hari Jumat, Jangan Terlewat!

Amalan Sunnah dan Manfaat Sedekah di Hari Jumat, Jangan Terlewat!

Sedekah adalah salah satu ibadah ringan yang sangat besar ganjaran pahala dan syafaatnya kelak. Di sisi lain, hari Jumat merupakan hari istimewa bagi kaum muslim. Tentunya, ada banyak manfaat sedekah di hari Jumat yang bakal kamu peroleh selama melakukannya dengan ikhlas semata karena Allah.

Keutamaan Sedekah

keutamaan sedekah

Sumber: Freepik

Anjuran dan perintah untuk melakukan sedekah bagi seorang muslim bisa kamu temukan di banyak ayat Alquran maupun hadis. Hal ini tidak lain karena sedekah mempunyai banyak keutamaan, antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Macam-Macam Sedekah yang Mendatangkan Kemuliaan dan Pahala Besar

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah bisa dilakukan dengan banyak hal. Selain mengerjakan amalan wajib dan utama, ada banyak cara lain untuk semakin mengikatkan diri kepada Sang Pencipta lewat kebiasaan-kebiasaan baik yang disunnahkan, termasuk bersedekah dengan niat untuk menjalankan apa yang sesungguhnya juga Allah perintahkan.

Mendatangkan Lebih Banyak Rezeki

Melakukan sedekah terutama dengan harta tidak akan membuatmu miskin sebagaimana yang telah Allah janjikan–dan Allah adalah sebaik-baiknya pembuat janji. Terlebih lagi jika kamu bersedekah bahkan di saat kamu sendiri dalam kesulitan.

Bersedekah akan membukakan pintu rezeki lain untukmu di samping menambah timbangan amal baik. Rezeki ini pun akan datang dari arah yang tak disangka-sangka dan tak hanya sebatas materi. Kesehatan dan rasa tenang dan tentram juga menjadi rezeki besar yang harus kamu syukuri.

Menghapus Dosa

Sering manusia melakukan kesalahan dan dosa-dosa kecil, tetapi tidak disadarinya. Di samping senantiasa beristighfar dengan tulus, sedekah juga dapat membantu menghapus dosa-dosa tersebut.

Amalan-Amalan Sunnah di Hari Jumat 

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Dari tujuh hari yang ada dalam satu pekan, Jumat menjadi hari spesial bagi kaum muslim. Pasalnya ada banyak peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di Jumat, seperti hari diciptakannya Adam, didaratkannya Adam ke dunia, dan diwafatkannya Adam, terjadinya hari kiamat kelak, dan ada waktu yang apabila seorang hamba meminta dan berdoa untuk sesuatu yang tidak diharamkan maka Allah akan memberikannya.

Begitu spesialnya hari ini pun menganjurkan muslim untuk melakukan berbagai ibadah sunnah lebih banyak, antara lain sebagai berikut.

Memperbanyak Salawat untuk Rasul

Allah memerintahkan setiap mukmin untuk taat kepada Allah dan turut bersalawat kepada Rasulullah. Hal ini sebagaimana yang terkandung dalam Alquran Surat Al Ahzab ayat 56 yang berarti:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Adapun secara khusus anjuran untuk membaca salawat Nabi lebih banyak di hari Jumat ada pada hadits Abu Dawud:

“Sesungguhnya termasuk hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan. Pada hari itu pula terjadi tiupan sangkakala dan binasa (seluruh makhluk). Maka perbanyaklah salawat untukku di hari itu. Sesungguhnya sholawat kalian ditunjukkan kepadaku." 

Membaca Surat Al Kahfi

Membaca surat Al Kahfi juga menjadi salah satu amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan pada hari Jumat. Sebisa mungkin, kamu juga mendalami makna surat ini, salah satunya mengingatkan betapa dahsyatnya hari kiamat kelak.

Adapun sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih terkait amalan sunnah ini adalah:

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapat ampunan dari Allah di antara dua Jumat.”

Memperbanyak Dzikir dan Doa

Dzikir dan doa sesungguhnya adalah ibadah yang boleh jadi banyak terlupakan. Berdoa pun menjadi bentuk bahwa seorang hamba mengakui kekuasaan Allah sehingga memiliki harapan kepada-Nya.

Kamu tentu bisa berdzikir dan berdoa di waktu-waktu lain bahkan sepanjang waktu. Namun, jangan lewatkan waktu mustajab yang ada di hari Jumat terutama waktu selepas ashar hingga maghrib sebagaimana Rasulullah pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Abu Sai’d dan Abu Hurairah:

"Pada hari Jumat itu ada satu saat (waktu tertentu) di mana tidak seorang muslim pun yang memohonkan satu kebaikan kepada Allah dan waktunya bertepatan dengan saat (waktu tertentu) itu melainkan pasti Allah akan mengabulkan permohonannya. Saat (waktu tertentu) itu ialah sesudah Ashar." 

Bersedekah

Bersedekah juga menjadi sunnah yang jangan sampai terlewat. Pasalnya, manfaat sedekah di hari Jumat sangat besar dan bahkan dapat kamu rasakan di dunia maupun akhirat kelak selama sedekah yang kamu lakukan benar-benar semata mengharap rida Allah.

Ada banyak hadis yang menyebut tentang anjuran untuk memperbanyak sedekah di hari Jumat. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan Abdurrazaq berikut.

"Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya."

Baca Juga: Berapa Persen Sedekah dari Gaji? Lihat Cara Hitungnya di Sini!

Manfaat Sedekah di Hari Jumat 

manfaat sedekah

Sumber: Unsplash

Melihat betapa besarnya keutamaan bersedekah dan hari Jumat, maka kombinasi bersedekah di hari Jumat pun memiliki sederet kebaikan. Berikut adalah beberapa manfaat sedekah di hari Jumat yang utama.

Pahala Berlipat Ganda

Ibadah sunnah, termasuk sedekah, yang dilakukan di hari Jumat semata sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan mengikuti sunnah Rasul akan dilipatgandakan pahalanya.

Seperti Sedekah Bulan Ramadan

Manfaat sedekah di hari Jumat berikutnya adalah sama halnya dengan kamu melakukan sedekah di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ibnu Qayyim.

Didoakan Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat dan bersih lantaran tak memiliki hawa nafsu. Oleh sebab itu, didoakan oleh malaikat atas kebaikan dan ibadah yang kamu lakukan menjadi sebuah kesempatan yang jangan sampai tersia-siakan.

Itulah beberapa amalan sunnah dan manfaat sedekah di hari Jumat yang dapat kamu maksimalkan untuk menambah nilai ibadah. Untuk membantumu melakukannya, kini Flip hadir dengan fitur Zakat & Sedekah, lho!

Pada menu Sedekah, kamu cukup memasukkan nominal yang dikehendaki dan lakukan pembayaran sesuai bank yang kamu gunakan. Prosesnya cepat, alurnya pun mudah! Yuk, sedekah dan ibadah lebih banyak bersama Flip!

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi