mural
homeforward
Mandiri Cash Management – Cara Paling Efektif Memantau Transaksi Keuangan Perusahaan

Mandiri Cash Management – Cara Paling Efektif Memantau Transaksi Keuangan Perusahaan

Kalau Kamu menjalankan perusahaan, pastinya Kamu harus bisa memonitor transaksi keuangan dengan baik. Namun, hal ini kerap menjadi kesulitan besar bagi perusahaan apa lagi jika bisnis tersebut memiliki transaksi yang begitu tinggi. 

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Solusinya yaitu dengan menggunakan layanan Mandiri Cash Management (MCM). Ini merupakan layanan khusus yang disediakan oleh Bank Mandiri bagi pemilik bisnis. Nah, untuk menggunakan layanan ini, nasabah harus memiliki rekening bisnis terlebih dahulu. 

Baca juga: Isi E-money Mandiri Makin Simpel dengan Flip!

 

Daftar Isi

Apa Saja Fitur Layanan Ini?

Informasi Rekening 

  • Layanan ini menyediakan kemudahan dalam melakukan monitoring seperti pengecekan saldo, mutasi rekening yang real-time, ketersediaan download mutasi dalam bentuk file excel, PDF dan text, aktifitas transaksi tabungan atau giro dalam bentuk rupiah atau asing, serta pencetakan rekening koran. 

Kemudahan Transfer 

  • Aktifitas transfer jadi lebih mudah, di antaranya:
  • Pemindahbukuan rekening (Inhouse transfer/sesama Bank Mandiri)
  • Pengiriman uang ke bank domestik menggunakan mata uang Rupiah (mulai LLG/RTGS/SKN)
  • Pengiriman dana ke bank dalam dan luar negri. 

Pengaturan transfer ini juga memungkinkan Kamu untuk menggunakan template khusus supaya Kamu tidak perlu menginput ulang saat melakukan transaksi yang mirip. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan transaksi secara masal, dan memilih proses transaksi mulai dari immediate, post dated atau reccuring transaction. 

Pengaturan Tagihan 

Kamu juga bisa melakukan pengelolaan tagihan, seperti kemampuan mengakses berbagai tagihan, atau layanan auto debet secara massal. 

 

Kemampuan Memonitor Transaksi 

Kemampuan memonitor aktifitas transaksi secara keseluruhan akan memudahkan Kamu dalam melakukan pengawasan. 

Notifikasi 

Kamu bisa mengatur notifikasi yang diperlukan untuk setiap transaksi yang terjadi di akun bankmu. 

Apa Itu Sistem Multi User Dual Control Dalam MCM Mandiri?

MCM Mandiri menerapkan sistem multi user dual control yang memungkinkan Kamu untuk menjalankan pengelolaan transaksi perusahaan dengan ID. ID ini bersifat non-finansial yang terdiri dari Syadmin1 dan Syadmin2. 

  • Syadmin1 didesain untk strapi utama yang diberi kontrol penuh dalam mengatur berbagai fitur di MCM Mandiri ini. Hal ini meliputi struktur akun, struktur pengguna, akses menu, skema persetujuan transaksi hingga pengaturan limit. 
  • Syadmin2 memiliki fungsi sebagai dual kontrol di MCM Mandiri. Fungsinya yaitu memberikan persetujuan untuk pengaturan internal ID MCM yang sudah dilaksanakan oleh Syadmin1. 

Dalam Sistem Mandiri Internet Bisnis ini, ada beberapa fungsi lainnya yang juga akan menguntungkan Kamu. Salah satunya:

  • Maker – Merupakan penggagas transaksi dala sistem. Ia bertugas memasukkan semua data beserta informasinya sebelum bertransaksi. 
  • Approver – Memiliki tugas untuk mengecek dan menyetujui gagasan transaksi yang diberikan oleh maker. 
  • Releaser – Bila transaksi sudah disetujui approver, maka transaksi akan dikirimkan oleh releaser. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan Mandiri Cash Management?

Perlu diingat, layanan MCM merupakan layanan khusus dimana Kamu harus memenuhi syarat berikut:

Wajib Mengisi Form Khusus Pendaftaran MCM Mandiri

Untuk bisa menggunakan berbagai fitur di dalam layanan ini, Kamu wajib mengisi formulir khusus. Formulir ini hanya untuk perusahaan yang sudah terdaftar, jadi bukan untuk keperluan personal. Di samping itu, nasabah juga wajib memastikan kalau perusahaan sudah terdaftar dalam nasabah giro Bank Mandiri. 

Akses Website MCM 

Apa bila kamu telah mengisi form khusus, perlu sekali untuk mengakses website layanan ini. Kamu bisa mengunjungi www.mcm.bankmandiri.co.id/corp. 

Lakukan Login Ke Website 

Apa bila Kamu sudah masuk ke layar transaksi, isikan data yang diperlukan, mulai dari user, nama perusahaan hingga kata sandi. Untuk selanjutnya, Kamu bisa log in. Intinya, Kamu hanya perlu melakukan 3 langkah sederhana untuk bisa memanfaatkan fitur ini. 

Apa bila Kamu menemukan kendala dalam proses pendaftaran, Kamu bisa langsung menghubungi help desk Mandiri yakni dengan menelpon (021) 500150. Kamu bisa mengeluhkan berbagai masalahmu baik itu teknis dan non-teknis.

Apa Itu Mandiri Cash Management 2.0?

Kalau Kamu sudah familiar dengan MCM Mandiri, Kamu pasti penasaran dengan Mandiri MCM 2.0. Ini adalah aplikasi elektronik dengan basis internet untuk memudahkan nasabahnya melakukan aktifitas bisnis. MCM 2.0 menggunakan koneksi yang aman sehingga memberikan kemudahan nasabah dalam memonitor rekening bank dan melakukan berbagai transaksi. Kamu sendiri bisa mengecek ini di https://mcm2.bankmandiri.co.id/. MCM 2.0 ini adalah generasi kedua dari Cash Management Bank Mandiri. 

Apa Saja Manfaat MCM 2.0?

Ada beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan saat menggunakan layanan ini, antara lain:

  • Memiliki fleksibilitas dan efisiensi waktu. Kamu bisa melakukan transaksi real time secara online. 
  • Keamanan yang kuat. Hal kedua yaitu pembuatan beserta otoritas transaksi lebih aman karena dilakukan secara berjenjang. 
  • Data disimpan secara elektronik. Hal mudah lainnya yaitu kemudahaan untuk menyimpan data secara elektronik sehingga sangat efektif saat Kamu membutuhkan pengarsipan dan sedang ingin memantau transaksi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan MCM 2.0?

Semua nasabah Bank Mandiri (dalam artian perusahaan yang sudah berbadan hukum) boleh menggunakan ini. Hal ini termasuk perusahaan yang terdiri dari CV, Yayasan, BUMN, Koperasi, PT dst. Nah, sebelum menggunakan layanan ini, perusahaan wajib memiliki rekening Giro. 

Untuk mendaftar, Kamu bisa menghubungi bagian sales Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri, atau bisa juga menghubungi tim khusus Transaction Banking Region yang ada diwilayah Kamu. 

Apa saja Fitur Yang Ditawarkan MCM 2.0?

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh MCM 2.0 meliputi:

  • Dashboard – Berisi tentang berbagai tool dan pengaturan yang bisa Kamu lakukan di akunmu. 
  • Account – Berisi informasi mulai dari alance history, Account statement, account list dst. 

Berapa Lama Account Statement Yang Bisa Ditampilkan Di Aplikasi Ini?

Untuk MCM2.0, Kamu bisa menampilkan account statement sampai transaksi 6 bulan ke belakang. Kamu bisa mengunduh statement ini bila mengaksesnya melalui website dan kemudian mengunduhnya sesuai format yang diinginkan.

Untuk Kamu yang memiliki tagihan banyak seperti piutang, pajak, pembayaran bulanan, gaji karyawan dan seterusnya, menggunakan layanan MCM merupakan pilihan yang tepat. Hal ini tidak hanya membantumu dalam memonitor keuangan perusahaan, tapi juga meminimalisir kekacauan keuangan mengingat transaksi dalam bisnis Kamu cukup besar. 

Sejumlah hal penting yang bisa Kamu manfaatkan salah satunya adalah sistem payroll. Apa bila Kamu memiliki karyawan yang banyak, menggunakan payroll akan menghemat waktu mengingat Kamu bisa melakukan auto debet setiap bulannya. Begitu pula dengan tagihan bulanannya. Pada akhirnya, Kamu hanya perlu memantau keuanganmu secara garis besar. 

Untuk Kamu yang harus memperhatikan detail pergerakan transaksi perusahan Kamu, Kamu bisa menyewa jasa auditor untuk mengecek kesehatan finansialmu. Transaction history yang ada di layanan ini bisa dicek sampai enam bulan ke belakang. Tidak hanya itu, penggunaan data ini juga akan sangat membantu bagi auditor karena mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Akhirnya, pengeluaranmu untuk menyewa jasa mereka juga bisa ditekan bukan. 

 

Baca juga: Kelebihan Punya Aplikasi Livin' by Mandiri, Wajib Tahu

Nah, selain menggunakan layanann Mandiri Cash Management, ada baiknya Kamu juga mendownload aplikasi Flip. Untuk Kamu yang kerap transaksi beda bank, penggunaan aplikasi Flip sangat penting mengingat aplikasi ini juga praktis dan mudah bila digunakan untuk transaksi beda bank selain Mandiri. 

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_1.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi