mural
homeforward
Kuota Nasional Tri, Bikin Internet-an Lebih Fleksibel

Kuota Nasional Tri, Bikin Internet-an Lebih Fleksibel

Tri merupakan salah satu operator seluler yang populer di tanah air. Di Indonesia, Tri dioperasikan oleh Indosat Ooredoo Hutchison. Untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya, Tri menyediakan beragam produk paket internet. Kuota nasional Tri adalah salah satunya.

Apa itu kuota nasional Tri? Apa saja kegunaan kuota nasional Tri dan bagaimana cara menggunakannya? Kita akan membahasnya secara lengkap dalam artikel ini!

Baca juga: Internet Lokal: Pengertian dan Cara Penggunaannya

 

Apa Itu Kuota Nasional Tri?

Kuota nasional Tri adalah salah satu opsi paket data yang disediakan oleh Tri untuk mengakses semua layanan dan aplikasi. Kamu bisa menggunakan kuota nasional ini di semua jaringan yang disediakan oleh Tri, mulai dari jaringan 2G, 3G sampai 4G. 

Kamu juga tidak perlu khawatir karena layanan ini bisa dipakai selama 24 jam dalam sehari tanpa batasan waktu. Selama masih berada dalam masa berlakunya, kuota nasional Tri juga bisa digunakan mulai dari hari Senin sampai Minggu (tidak ada batasan hari). 

Kuota nasional Tri memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Kelebihan kuota nasional Tri antara lain adalah:

  • Bisa dipakai di semua wilayah di Indonesia
  • Ada beragam pilihan kuota mulai dari kuota harian, mingguan hingga bulanan
  • Dapat diaktifkan dengan mudah lewat aplikasi Bima+ atau USSD.

Sedangkan kekurangan kuota nasional Tri antara lain adalah:

  • Harganya cenderung lebih mahal dibanding paket dengan kuota lokal atau kuota promo Tri
  • Tidak selalu tersedia di semua paket promo kartu Tri.

 

Apa Saja Kegunaan Kuota Nasional Tri?

cara menggunakan kuota nasional tri 1.jpeg

Sumber : Grid

Kuota nasional Tri bisa dibilang sebagai produk paket data yang membuat aktivitas internet kamu jadi lebih fleksibel. Tidak hanya dari segi waktu penggunaan dan jaringan yang didukung, berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan dengan kuota nasional Tri juga sangat beragam. Apa saja?

  • Mengakses beragam aplikasi yang ada di ponsel
  • Browsing beragam informasi 
  • Mengunduh file video, audio, foto maupun dokumen
  • Streaming video/livestreaming 
  • Mengakses layanan OTT/layanan acara atau film berbayar

 

Apa Beda Kuota Nasional dengan Kuota Lokal Tri?

cara menggunakan kuota nasional tri 2.jpeg

Sumber : Tribun Kaltim

Bagi kamu yang sudah pernah menggunakan produk internet dari Tri, kamu mungkin tahu bahwa selain kuota nasional, Tri juga memiliki produk berupa kuota lokal. Lantas, apa bedanya kuota nasional dengan kuota lokal Tri?

Seperti namanya, kuota lokal Tri hanya berlaku secara lokal (dibatasi wilayah) tempat kamu mengaktifkan paketnya. Tidak seperti kuota lokal ini, kuota nasional Tri bisa kamu gunakan di mana saja, tanpa batasan waktu.

Perbedaan lain dari kuota nasional dengan kuota lokal adalah dari segi prioritas pemakaiannya. Biasanya, kuota nasional akan dipakai paling akhir setelah kuota aplikasi dan kuota lokal sudah habis. Jadi kalau kamu punya kuota nasional, kuota lokal dan kuota aplikasi sekaligus, biasanya yang akan habis terlebih dahulu adalah kuota aplikasi dan kuota lokal dulu. Setelahnya, barulah kuota nasional milikmu akan dipakai.

Kuota nasional juga kerap disebut sebagai kuota reguler. Kamu bisa menemukannya dalam berbagai produk paket internet Tri seperti Kuota Home, HAPPY, Kombo dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa ketentuan kuota nasional Tri mungkin akan berbeda untuk setiap paketnya. Karena itu, pastikan kamu membaca ketentuan terkait produk sebelum membelinya.

 

Bagaimana Cara Aktivasi dan Cara Menggunakan Kuota Nasional Tri?

cara menggunakan kuota nasional tri 3.jpeg

Sumber : Techdaily

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kuota nasional Tri tidak selalu disertakan dalam semua paket internet yang disediakan oleh Tri. Karena itu, kamu perlu mengecek tipe kuota apa saja yang ada dalam paket yang ingin kamu beli. Biasanya, kuota nasional tidak berdiri sendiri melainkan disertakan bersama jenis kuota lain dalam paket yang sama.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kuota nasional Tri yakni:

  • Lewat SMS. Caranya, ketkn format berdasarkan jenis kuota yang akan dibeli lalu kirimkan ke 111
  • Lewat *111*1#. Pilih menu yang akan dibeli kemudian tunggu sampai ada notifikasi internetmu aktif sebelum menggunakannya
  • Lewat Bima+. Aktivasi internet kuota nasional paling mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Bima+. Kamu cukup mengunduh aplikasinya kemudian login dengan nomor Tri milikmu. Pilih paket yang kamu inginkan dan tunggu sampai internet aktif.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kuota nasional Tri? Setelah paket aktif, kamu bisa langsung menggunakannya. Ingat bahwa berdasarkan prioritas, kuota nasional akan menjadi opsi yang terakhir digunakan. Jadi kalau kamu masih punya kuota lokal atau kuota aplikasi, maka kuota tersebutlah yang akan digunakan terlebih dahulu sebelum kuota nasionalmu.

 

Baca juga: Mengenal Internet Lokal Telkomsel dan Cara Aktivasinya

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang kuota nasional Tri. Mau isi kuota nasional Tri dengan cara yang lebih praktis dan mudah? Yuk, isi lewat Flip! Unduh aplikasi Flip sekarang juga dan rasakan kemudahan untuk berbagai transaksi Anda!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_4.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi