mural
homeforward
7 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Turki, Berminat?

7 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Turki, Berminat?

Belakangan makin banyak orang Indonesia berlibur ke Turki. Namun, tahukah kamu bahwa Turki bukan cuma tepat dijadikan destinasi liburan? Ya, kuliah di Turki juga menawarkan berbagai kelebihan dengan kualitas pendidikan setara di Eropa. 

Jadi, jika kamu sedang menimbang-nimbang mau lanjut kuliah di Eropa atau Turki, deretan alasan berikut bisa jadi pertimbangan tepat sebelum mengambil keputusan akhir. 

Baca juga: Segini Biaya Kuliah di Eropa, Mana yang Termurah?

 

Biaya Kuliah di Turki Lebih Terjangkau

34-1 Envato.jpg

Sumber : Envato

Turki makin diminati karena menawarkan biaya kuliah terjangkau dibandingkan negara-negara Eropa. Untuk program sarjana, kamu cukup membayar sekitar €350 – €1,400 per tahun di universitas negeri, serta €500 – €1,000 per tahun di universitas swasta. 

Dengan biaya kuliah di Turki mulai Rp5 jutaan per tahun, kamu sudah bisa mengenyam pendidikan tinggi berkualitas. Apalagi, kalau kamu mendaftar beasiswa, pasti lebih murah lagi kan?

 

Jurusan Pilihan Kuliah di Turki Variatif dan Unik

Jurusan pilihan kuliah di Turki tidak cuma didominasi jurusan populer. Ada banyak program studi yang jarang dijumpai di negara lain, tetapi justru populer di Turki karena melahirkan lulusan dengan spesialisasi khusus. 

Misalnya, jurusan Teori dan Kritik Seni di Universitas Sabanci Istanbul yang memiliki sejarah dan peradaban tinggi. Ada juga jurusan Industri Lebah di Universitas Adnan Menderes Aydin yang memang dikenal sebagai pusat industri lebah Turki. 

 

Universitas di Turki Mengadopsi Bologna Process 

Turki telah mengadopsi Bologna Process sejak 2001. Artinya, sistem ini memungkinkan lulusan universitas di Turki setara dengan lulusan berbagai kampus di Eropa. 

Bologna Process merupakan perjanjian antarnegara Eropa yang menjamin kesetaraan standar, kualitas, serta kualifikasi pendidikan tinggi atau universitas. Dengan kata lain, ijazah lulusan universitas di Turki sudah diakui standar pendidikan Eropa.

 

Tersedia Beasiswa Kuliah di Turki untuk Mahasiswa Internasional

Sama seperti negara lain, Turki juga terbuka bagi mahasiswa internasional yang ingin menimba ilmu di sini. Tak cuma lewat program pertukaran pelajar, tetapi juga kesempatan beasiswa kuliah di Turki khusus mahasiswa internasional. 

Turkiye Scholarships misalnya, menawarkan beasiswa penuh untuk mereka yang ingin lanjut kuliah S1, S2, dan S3, serta penelitian dan program bahasa. Ada juga Bosphorus Scholarship Program yang ditujukan kepada lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan studi S1 di Turki. 

 

Biaya Hidup Kuliah di Turki Relatif Murah 

Tidak cuma biaya kuliah di Turki yang terjangkau, biaya hidup selama tinggal di negara yang berada di pertemuan Benua Asia dan Eropa ini juga tergolong murah. Sebagai mahasiswa internasional, kamu bisa menganggarkan pengeluaran sehari-hari sebesar €400 sampai €650 per bulan, setara dengan Rp6 juta. 

Sementara itu, untuk tempat tinggal kamu bisa tinggal di asrama kampus, asrama negara, atau sewa apartemen. Biayanya bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas, tetapi masih ramah di kantong. 

 

Lingkungan yang Ramah dan Aman

Sebagai negara multikultural, masyarakat Turki terbuka kepada mahasiswa internasional dari berbagai negara. Jika kamu menemui kesulitan, penduduk setempat siap membantu. Terlebih jika kamu tinggal di area sekitar universitas, betul-betul mencerminkan kawasan yang ramah mahasiswa. 

Banyak tersedia restoran, kafe, dan perpustakaan yang nyaman untuk belajar. Belum lagi deretan klub sosial, acara budaya, dan tim olahraga sebagai sarana sosialisasi sekaligus penyaluran hobi. Ini masih ditambah ketersediaan akomodasi dan transportasi yang mudah diakses. Tak heran jika banyak mahasiswa internasional yang betah kuliah di Turki.

 

Syarat Masuk Kuliah di Turki Relatif Mudah

Syarat masuk kuliah di Turki relatif mudah, tetapi dapat berbeda-beda sesuai universitas yang kamu tuju. Secara umum, untuk mendaftar kuliah di Turki kamu perlu memenuhi persyaratan berikut:

  1. Paspor yang masih berlaku dan foto terbaru
  2. Hasil ujian nasional jika ada
  3. Ijazah dan transkrip akademik
  4. GRE, SAT, atau GMAT sesuai permintaan universitas tujuan
  5. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris sesuai permintaan universitas yang dituju
  6. Proposal riset dan contoh riset yang sudah dilakukan bagi pelamar jenjang S3. 

Cara kuliah di Turki pun cukup mudah. Setelah memilih universitas tujuan, kamu bisa mendaftarkan diri pada sistem penerimaan mahasiswa baru kampus tujuan untuk memperoleh nomor registrasi. 

Kemudian, isi formulir pendaftaran online dan upload dokumen yang diminta serta sudah dilegalisir. Contohnya, ijazah, transkrip akademik, hasil ujian masuk universitas, paspor, dan visa. 

Masih bingung mencari mana universitas di Turki yang tepat buatmu? Coba cek beberapa nama universitas terbaik di Turki versi Times Higher Education World University Rankings 2023, siapa tahu ada jurusan yang kamu minati. 

  1. Cankaya University 
  2. Koç University 
  3. Sabancı University 
  4. Middle East Technical University
  5. Bahçeşehir University
  6. Hacettepe University
  7. Istanbul Technical University

Deretan alasan di atas tentu bisa meyakinkan kamu untuk memilih kuliah di Turki. Selain biaya kuliah dan biaya hidup lebih murah, kualitas pendidikan di Turki pun dapat disejajarkan dengan universitas ternama di Eropa. Plus, banyak peluang beasiswa kuliah di Turki yang menanti. 

 

Baca juga: Cara Kuliah di Korea dengan Beasiswa, Bisa Gratis Lho

Guna mempermudah keperluan transfer dana saat kuliah nanti, serahkan saja pada Flip Globe. Langsung klik di sini dan download aplikasi Flip, kamu bisa melakukan pengiriman uang ke lebih dari 55 negara secara mudah, murah, dan cepat. Coba sekarang, yuk!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi