mural
homeforward
Mau Cari Kerja di Kanada? Nggak Harus Jadi Warga Kanada, Kok!

Mau Cari Kerja di Kanada? Nggak Harus Jadi Warga Kanada, Kok!

Kenyamanan hidup di Kanada sering kali membuat orang tertarik untuk menjadi warga negara Kanada. Namun, bukanlah hal yang mustahil untuk mencari kerja di Kanada tanpa menjadi warga negaranya. Kuncinya, buka mata dan telinga pada berbagai peluang dan informasi. Ketekunanmu akan berbuah manis pada akhirnya.

Baca Juga: Ternyata Segini Total Biaya Hidup Di Belanda, Murah Atau Mahal?

Kebutuhan Tenaga Kerja di Kanada

g to g

Sumber : Envato

Kanada menyediakan lapangan pekerjaan untuk berbagai sektor industri. Sektor ini merupakan di antara penggerak perekonomian Kanada dan membutuhkan tenaga kerja, khususnya tenaga kerja dengan keterampilan tertentu.

Masalahnya, beberapa tahun belakangan, Kanada mengalami krisis ketenagakerjaan yang akut. Jumlah penduduk lokal usia produktif tidak mencukupi kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan negara ini. Oleh karena itu, Kanada bahkan memecahkan rekor imigrasi untuk memenuhi kebutuhan ini. Izin tinggal permanen untuk pekerja asing pun sangat dipermudah.

Jika kamu tertarik untuk kerja di Kanada, bidang-bidang berikut ini merupakan area pekerjaan di Kanada yang memerlukan banyak tambahan tenaga kerja:

Teknologi Informasi

Industri teknologi di Kanada terus berkembang sehingga permintaan tenaga kerja untuk bidang ini pun meningkat. Di antara keahlian yang diperlukan pada bidang ini yaitu pengembangan perangkat lunak, pengolahan dan analisis data, analisis keamanan siber, dan jenis keahlian profesional lainnya.

Kesehatan

Kebutuhan tenaga kerja tambahan juga mulai menyentuh area medis. Kanada memerlukan dokter, perawat, teknisi medis, dan tenaga medis lainnya untuk memenuhi permintaan layanan kesehatan yang terus berkembang.

Konstruksi

Jika kamu memiliki keahlian di bidang konstruksi, Kanada bisa menyambut hangat keahlianmu. Negeri ini memberikan peluang potensial untuk pekerja konstruksi seperti tukang, teknisi, dan insinyur.

Perawatan anak dan lanjut usia

Budaya bekerja bagi laki-laki maupun wanita Kanada mendorong kebutuhan rumah tangga Kanada akan layanan penitipan anak. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga perawat dan pengasuh anak pun menjadi salah satu isu utama di Kanada. Selain itu, bertambahnya populasi penduduk usia lanjut juga menciptakan permintaan untuk pekerja perawatan orang tua (geriatri).

Industri dan Manufaktur

Tidak ketinggalan dari sektor industri dan manufaktur. Sejumlah industri seperti minyak dan gas, pertanian, makanan, otomotif, dan manufaktur lainnya membutuhkan pekerja terampil dan terlatih.

Pariwisata dan Perhotelan

Sebagai salah satu negara yang memiliki keindahan alam dengan banyak titik pariwisata, bidang pariwisata dan perhotelan pun turut menyerukan permintaan tenaga kerja. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi pemandu wisata, penerjemah, tenaga perhotelan, hingga profesional bidang kuliner.

Syarat Kerja di Kanada

Agar bisa menjemput rezeki di Kanada, ada persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Syarat terperinci tentu bisa didapatkan tergantung program yang diambil dan juga kebijakan penyedia pekerjaan. Walaupun demikian, secara umum, syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum berkarya di Kanada adalah sebagai berikut:

  1. Usia minimal 18 tahun dan sesuai dengan kriteria pemberi kerja
  2. Sehat jasmani, rohani, dan sedang tidak hamil
  3. Pendidikan terakhir minimal D-1 (diploma)
  4. Surat izin dari keluarga, misalnya orang tua atau pasangan
  5. Memiliki visa kerja dan paspor yang masih berlaku
  6. Data pribadi (KTP, SKCK, akta kelahiran, ijazah, sertifikat pengalaman kerja, dll)
  7. CV/resume dan IELTS
  8. Medical check up dari referensi kedutaan Kanada
  9. Pas foto dengan latar belakang berwarna putih
  10. Sertifikat vaksin (sampai booster)

Prosedur Mencari Pekerjaan di Kanada

g to g

Sumber : Envato

Terdapat beberapa program yang bisa kamu ikuti untuk bisa bekerja di negeri yang indah ini. Berikut inilah tiga di antara program kerja di Kanada yang bisa dipilih.

Program G to P

Program ini berbeda dengan program government to government (G to G) yang merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara-negara lain di dunia untuk menyalurkan tenaga kerja. Untuk Kanada, kerja sama yang sudah dirintis adalah program G to P atau government to private. 

Dengan program G to P, pemerintah Indonesia menandatangani kesepakatan langsung dengan perusahaan swasta di Kanada. Di Indonesia, program ini juga dipayungi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Di bawah lembaga pemerintah ini, calon pekerja akan diseleksi dan dilatih terlebih dahulu. Baik untuk kemampuan kerja maupun berbahasa.

Express Entry

Kalau kamu kerja di Kanada dan ingin terus bekerja di sana sebagai penduduk tetap (permanent residence), program Express Entry merupakan jalur yang paling cocok. Cukup kunjungi situs resmi pemerintah Kanada dan temukan informasi tentang program ini. Kamu akan diminta untuk mengisi aplikasi secara online dan pengajuanmu akan segera ditinjau dan diproses.

Federal Skilled Worker Program

Untuk bisa melamar Federal Skilled Worker Program, kamu harus memiliki pengalaman terlebih dahulu pada bidang yang akan dipilih. Berikutnya, kunjungilah situs resmi pemerintah Kanada dan dapatkan informasi tentang program ini. 

Dalam situs tersebut, temukanlah beberapa tugas dan persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti program ini. Jika berhasil masuk ke dunia kerja Kanada melalui jalur ini, kamu pun berkesempatan besar untuk menjadi kandidat potensial dalam program Express Entry.

Jika kamu kelak bisa kerja di Kanada, tak perlu takut putus hubungan dengan keluarga di Indonesia. Alat-alat komunikasi canggih saat ini bagai meniadakan jarak yang membentang antara Kanada dan Indonesia. Kamu dan keluargamu bahkan bisa saling transfer dengan mudah menggunakan Flip Globe. Aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store dan Google Playstore ini membuat transfer ke luar negeri semudah menjentikkan jari.

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi