mural
homeforward
Sudah Beli Paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan? Coba Cek Ini Dulu

Sudah Beli Paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan? Coba Cek Ini Dulu

Pernah mengalami masalah sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan? Ya, wajar kalau kamu merasa kalut dan mungkin emosi. Apalagi kalau paket internet yang kamu beli perlu banget untuk segera digunakan.

Kabar baiknya, paket internet yang kamu beli tidak hilang. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kembali paket internet yang β€œnyangkut” tadi.

Baca Juga: Begini Cara Beli Paket Internet Pakai Flip Semua Operator

Solusi Jika Paket Internet Yang Dibeli Tidak Bisa Digunakan

pulsa darurat

Photo credit: Tirto

Berikut solusi mudah yang bisa kamu coba:

Pastikan Prosedur Pembelian Sudah Benar

Kalau sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan, bisa jadi penyebabnya adalah kesalahan pada saat proses pembelian. Misalnya saja, kamu keliru memasukkan nomor HP.

Kalau kamu beli pulsa di Flip, caranya mudah dan meminimalkan kesalahan. Berikut langkah-langkah beli paket data di Flip, pastikan kamu ikuti dengan benar:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah punya aplikasi Flip di ponselmu. Kalau belum, buruan download di App Store atau Google Play Store. 
  2. Setelah itu, buka aplikasi Flip dan pilih menu "Top Up & Tagihan." Selanjutnya, tap opsi "Paket Data."
  3. Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor handphone yang akan diisi paket data. Untuk meminimalkan kesalahan isi nomor, kamu bisa menekan tombol ikon di sebelah kanan dan memilih nomor handphone dari daftar kontak.
  4. Setelah memasukkan nomor handphone, pilih paket data yang diinginkan. Setelah itu, klik "Pilih Pembayaran."
  5. Sekarang, periksa kembali rincian transaksi kamu. Pastikan semuanya sudah benar. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Kamu bisa membayar pembelian paket data dengan transfer bank ataupun dengan saldo Flip.
  6. Jika kamu baru pertama kali bertransaksi, pilih metode transfer bank, kemudian pilih bank yang akan kamu gunakan untuk transfer. Selanjutnya, Flip akan menampilkan sejumlah uang yang harus kamu transfer ke rekening tujuan. 
  7. Kamu bisa transfer lewat ATM, internet banking, atau mobile banking. Pastikan transfer dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan, ya. Kalau tidak, transaksi kamu akan dibatalkan otomatis oleh sistem dalam 24 jam.
  8. Sebelum transfer, pastikan nominal transfernya sesuai hingga kode unik di 3 digit terakhir. Nantinya kode unik ini akan dikembalikan ke kamu lewat Koin Flip.
  9. Setelah transfer, buka lagi aplikasi Flip dan  klik "Saya Sudah Transfer." Flip tidak akan memproses transaksimu jika belum ada konfirmasi.
  10. Flip akan segera memproses transaksimu. Setelah berhasil, bukti transfer muncul di layar ponselmu dan Flip juga akan mengirimkan bukti transfer ke emailmu.

Pastikan Detail Pembayaran Sudah Sesuai

Sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan, ada kemungkinan karena ada kesalahan saat pembayaran. Jadi, pastikan kembali pembayaranmu sudah benar. 

Jika transaksi kamu terkendala dan menggunakan metode pembayaran transfer via bank, coba langkah-langkah berikut:

Pastikan Dana Telah Terkirim

Pastikan dana yang kamu transfer telah berhasil terkirim dan terdebit ke rekening Flip sesuai dengan yang tertera di aplikasi Flip. Kamu bisa memeriksanya dengan melihat mutasi rekening bank milikmu. 

Jika dana belum terkirim, solusinya kamu bisa melakukan transfer ulang ke rekening Flip dengan nominal yang sesuai dengan transaksi.

Periksa Nominal dan Kode Unik

Pastikan nominal yang kamu transfer ke rekening Flip sesuai dengan total nominal transaksi hingga kode uniknya di 3 digit terakhir. Selain itu, pastikan kode unik yang kamu gunakan tidak salah. Jika terjadi kesalahan pada nominal transfer, segera ajukan permohonan "Refund" melalui aplikasi Flip.

Periksa Bank Pengirim

Pastikan juga bahwa bank pengirim yang kamu gunakan untuk transfer sesuai dengan bank pengirim yang kamu pilih ketika membuat transaksi di aplikasi Flip. Jika kamu salah memilih bank pengirim, segera ajukan permohonan "Refund" melalui aplikasi. 

Jika semua sudah sesuai, tunggulah proses transaksi dan perbarui status transaksi secara berkala selama 15 menit ke depan. 

Cek Melalui Serial Number (SN)

Solusi selanjutnya jika sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan adalah dengan memasukkan Serial Number (SN) secara manual. Cara ini akan memastikan paket data bisa teraktivasi dengan lancar. Berikut panduan langkah demi langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka menu panggilan di ponsel yang akan menerima paket data.
  2. Selanjutnya, ketik kode provider diikuti oleh SN yang bisa kamu temukan di riwayat transaksi atau email dari Flip. 
  • Untuk pengguna Axis, ketik 838(serial number)# dan tekan OK/Yes.
  • Pengguna Indosat, ketik 556(serial number)# dan tekan OK/Yes.
  • Pengguna Telkomsel, ketik 133(serial number)# dan tekan OK/Yes.
  • Pengguna Tri, ketik 111(serial number)# dan tekan OK/Yes.
  • Pengguna XL, ketik 123(serial number)# dan tekan OK/Yes.
  1. Ponsel akan memproses perintah tersebut, dan pulsa atau paket data yang sesuai dengan transaksimu akan segera teraktivasi.

Hubungi Customer Support Flip

Kalau sudah coba semua cara di atas tetapi internetmu masih belum bisa digunakan, jangan sungkan untuk menghubungi customer support Flip. Kamu bisa menghubungi mereka melalui email di [email protected] atau menggunakan fitur Chat Bantuan di aplikasi Flip. 

Ketika menghubungi Customer Support, pastikan kamu memberikan informasi berikut:

  • ID transaksi, yaitu nomor identifikasi transaksi untuk membantu mereka melacak riwayat pembelianmu.
  • Screenshot saat memasukkan Serial Number agar tim support Flip tahu kalau kamu sudah mencoba cara tersebut.
  • Nomor HP tujuan
  • Jelaskan dengan jelas masalah yang kamu alami dan langkah apa yang sudah kamu coba.

Customer Support Flip akan melakukan konfirmasi kepada provider dan tim terkait untuk tindak lanjut dari kendala yang kamu alami. 

Baca Juga: Flip Help Center: Layanan Bantuan Agar Transaksi Lebih Nyaman

Itulah beberapa solusi jika sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan. Jadi, jangan khawatir jika kamu mengalami kendala dalam penggunaan Paket Data di Flip. Langkah-langkah di atas bisa membantumu menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien. Tetap tenang, Flip dan tim customer support siap membantumu!

New Banner Pulsa dan Paket Data

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

Kode Bank Terlengkap IndonesiaBlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2025 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi