Kabar Flip | 10 Desember 2021
Oleh : Farrel Baihaqi
Sebagai salah satu aplikasi finansial terpopuler di Indonesia, Flip memiliki komitmen besar untuk terus meningkatkan pelayanannya terhadap pengguna. Salah satu usahanya adalah menyediakan Help Center dengan wajah baru, yang lebih mudah untuk Kakak akses melalui aplikasi Flip. Apa saja kelebihan menu baru ini? Bagaimana cara menggunakannya?
Daftar Isi
Saat menggunakan aplikasi finansial—apapun itu—biasanya muncul sedikit rasa cemas kalau-kalau terjadi kendala dalam proses transaksi yang dilakukan. Adapun ketika kendala terjadi, Kakak tentu ingin menyelesaikannya sesegera mungkin dan memastikan dana transaksi masih aman. Itu sebabnya, Flip menyediakan Help Center atau pusat bantuan untuk merespons dan mengakomodasi kebutuhan pengguna ketika mengalami kendala transaksi. Berikut beberapa kelebihan dari menu baru yang bisa Kakak dapatkan:
Dengan menu baru ini, Kakak hanya perlu menekan beberapa tombol dan akan langsung tersambung dengan Help Center Flip. Kakak juga bisa mencari jawaban dari kendala Kakak menggunakan kata kunci atau kategori dari permasalahan yang dialami. Dengan demikian, Kakak bisa mendapatkan solusi dengan lebih cepat.
Help Center yang tersedia juga memiliki user interface yang bersifat intuitif. Kakak dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang cukup cepat dengan fitur-fitur yang ada. Selain itu, terdapat akses cepat untuk tersambung dengan tim support Flip baik melalui telepon maupun live chat melalui aplikasi.
Banyak pengguna yang mungkin tidak menyadari bahwa beberapa permasalahan transaksi di Flip merupakan hal yang dapat diselesaikan secara mandiri. Selama peluncurannya di tahun 2015, tim Flip sudah mengumpulkan data mengenai masalah yang umum dijumpai pengguna dan memberikan rekomendasi solusi.
Sebelumnya, Kakak harus menunggu balasan dari tim support untuk mendapatkan jawaban atas kendala Kakak. Kini, Kakak bisa mengakses solusi dari kendala Kakak secara mandiri dengan memilih kategori kendala yang dialami. Kakak juga bisa dengan mudah menemukan jawaban dari isu yang umum ditanyakan oleh pengguna Flip. Begitu sudah mendapatkan solusinya, Kakak dapat kembali ke transaksi yang terkendala dan menyelesaikan isu tersebut.
Penggunaan Help Center di dalam aplikasi Flip cukup mudah karena memang didesain untuk melancarkan proses navigasi Kakak. Ketika pertama kali mengakses menu Help Center (Pusat Bantuan) di dalam aplikasi, Kakak akan disapa dengan nama pertama yang terdaftar di akun Flip Kakak. Mulai dari halaman ini, penggunaannya cukup gamblang.
Help Center menampilkan sekumpulan permasalahan yang dapat dijumpai pengguna ketika menggunakan aplikasi layanan finansial Flip dan tutorial solusinya. Informasi yang tersedia disajikan dalam bentuk artikel sesuai dengan jenis permasalahannya. Ada beberapa cara yang bisa Kakak lakukan untuk menemukan artikel yang tepat:
Di halaman depan menu Help Center, Kakak akan menjumpai sebuah search bar di bagian atas. Pada ruang tersebut, Kakak dapat mengetikkan permasalahan yang dijumpai dalam transaksi.
Akan lebih efektif untuk menggunakan kata kunci dari isu Kakak (contoh: salah transfer, transfer batal, riwayat hilang, dan sebagainya).
Banyak sekali pengguna yang cenderung menjumpai kendala transaksi yang sama ketika menggunakan aplikasi Flip. Karena itu, terdapat section khusus yang menampilkan tautan ke artikel yang paling sering diakses oleh pengguna Help Center. Kakak hanya perlu klik artikel yang sesuai dengan permasalahan dan langsung diarahkan ke sana.
Help Center Flip juga menyortir artikel-artikelnya ke dalam kategori-kategori. Contoh kategori yang tersedia adalah Kirim Uang, Refund, Akun Verifikasi, Flip Globe, dan Masalah Umum. Dengan memilih topik yang relevan dengan permasalahan, Kakak akan mendapatkan tampilan daftar artikel yang berada di kategori terpilih.
Mungkin artikel pertama yang Kakak baca belum menyajikan solusi yang sesuai untuk permasalahan transaksi Kakak. Sistem Help Center ini secara otomatis akan menyarankan artikel-artikel yang memiliki tema sejalan dengan artikel tersebut sehingga Kakak tidak perlu mengulangi pencarian dari halaman depan.
Ketika Kakak masih belum menemukan solusi memuaskan atas permasalahan yang dijumpai, Help Center akan mengarahkan Kakak untuk menghubungi tim support dari Flip melalui fitur live chat dan juga telepon. Layanan langsung dengan tim tersedia mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB setiap harinya.
Saat menghubungi tim support Flip, Kakak juga diharapkan untuk menyampaikan permasalahan sejelas mungkin agar komunikasi bisa berjalan lebih efektif. Dalam kasus transfer yang belum sampai ke rekening tujuan, Kakak perlu menyiapkan data penunjang seperti riwayat mutasi rekening.
Help Center ini merupakan terobosan baru yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Kakak tidak perlu lagi menungguhingga layanan support dibuka saat mengalami kendala transaksi. Berbagai kendala dapat diselesaikan mandiri dan hanya butuh beberapa menit.
Bagikan