mural
homeforward
Mudah! Begini Isi Pulsa Prabayar Dijamin Langsung Masuk

Mudah! Begini Isi Pulsa Prabayar Dijamin Langsung Masuk

Di era digital, isi pulsa prabayar jauh lebih praktis dan hemat waktu. Pasalnya, kamu tidak perlu keluar rumah mencari konter isi ulang pulsa. Kamu bisa membelinya melalui marketplace, m-banking, ataupun aplikasi keuangan digital, seperti Flip.

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Transfer Pulsa yang Praktis untuk Semua Provider

 

Apa Itu Pulsa Prabayar? 

isi pulsa prabayar

Sebagaimana kamu ketahui, pulsa prabayar merupakan jenis yang paling umum dan lebih banyak digunakan oleh pengguna ponsel. Sesuai namanya, pulsa prabayar mengharuskan kamu membayar pulsa sebelum digunakan.

Pulsa prabayar dinilai lebih mudah dikelola karena kamu bebas menentukan nominal pulsa yang hendak dibeli. Kamu bisa membeli isi pulsa selama terhubung dengan internet dan memiliki saldo bank atau dompet digital.

Di Indonesia, cukup banyak operator seluler yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan dan ketersediaan jaringan. Beberapa operator seluler yang menyediakan layanan isi pulsa prabayar, antara lain:

  • Telkomsel
  • XL Axiata
  • Indosat Ooreodo Hutchison
  • Smartfren

Kelebihan dan Kekurangan Pulsa Prabayar 

Supaya tidak salah pilih jenis kartu yang akan kamu gunakan, berikut kelebihan dan kekurangan pulsa prabayar

Kelebihan Pulsa Prabayar

Adapun kelebihan pulsa prabayar, antara lain:

  1. Pendaftaran – untuk menikmati layanan kartu prabayar, kamu harus melakukan registrasi menggunakan kartu identitas dan nomor KK melalui SMS ke nomor 4444. 
  2. Pengisian Pulsa – kamu bisa melakukan isi pulsa kapan pun dibutuhkan. Ketika dana mepet, kamu juga bisa memilih untuk tidak mengisi pulsa. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus memperhatikan masa tegang agar kartu tetap aktif.
  3. Harga – layanan prabayar dinilai lebih terjangkau dan bervariasi. Kamu bisa membeli pulsa mulai dari Rp5.000 saja. Bahkan, ada operator seluler yang menyediakan nominal Rp1.000.
  4. Pilihan Paket – tak hanya nominal saja yang bervariasi, paket yang tersedia pun beragam. Mulai dari paket internet, telepon, SMS, media sosial, hingga kombo. Kamu bisa memilih paket sesuai kebutuhan. Tak jarang, operator seluler memberikan promo paket dengan harga miring.
  5. Nomor – perdana prabayar dijual bebas di pasaran sehingga kamu bisa memilih nomor sesuai yang diinginkan. Biasanya makin cantik nomor tersebut, makin mahal harga yang harus kamu bayar.

Kekurangan Pulsa Prabayar

Kendati menawarkan banyak keunggulan, pulsa prabayar juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan tersebut, di antaranya:

  1. Tidak adanya informasi detail mengenai pemakaian pulsa.
  2. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan pengeluaran lebih mahal dibandingkan pulsa pascabayar.
  3. Adanya masa tenggang. Apabila tidak memperhatikan hal ini, nomor akan hangus.
  4. Biasanya masa tenggang berdasarkan nominal pulsa prabayar. Makin besar nominal yang diisi, makin lama masa tenggang. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana Cara Beli Pulsa Prabayar? 

isi pulsa prabayar

Kalau kamu tertarik menggunakan layanan prabayar, terdapat beberapa cara beli pulsa prabayar yang bisa dicoba.

M-Banking

Untuk menggunakan layanan ini, kamu harus memiliki rekening di salah satu bank di Indonesia. Unduh dan instal aplikasi m-banking. Buka aplikasi tersebut dan pilih menu m-commerce atau pembelian pulsa dan data. Setelahnya kamu hanya perlu memasukkan nomor kartu prabayar, memilih nominal pulsa atau data, dan melakukan pembayaran.

Marketplace

Selain m-banking, kamu juga bisa membeli pulsa prabayar melalui marketplace. Setelah login, pilih menu top-up atau tagihan. Masukkan nomor kartu prabayar dan pilih nominal pulsa yang kamu butuhkan. 

Flip

Satu lagi cara mudah isi pulsa prabayar, yakni melalui aplikasi Flip. Flip memungkinkan kamu mengisi pulsa secara praktis dalam waktu singkat. Adapun langkahnya, sebagai berikut.

  • Buka Flip, pilih menu pulsa.
  • Masukkan nomor kartu prabayar atau input melalui daftar kontak.
  • Pilih nominal pulsa yang kamu butuhkan.
  • Cek rincian transaksi sebelum melakukan pembayaran.
  • Pilih pembayaran yang kamu kehendaki.

Apa Perbedaan Pulsa Prabayar dan Pascabayar? 

Kendati pulsa prabayar banyak diminati konsumen, terdapat pulsa pascabayar yang bisa kamu jadikan alternatif. Supaya lebih jelas dan tak salah pilih, simak lebih dulu mengenai perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar berikut.

Pengisian Pulsa

Pulsa prabayar harus diisi sebelum digunakan, sedangkan pulsa pascabayar digunakan terlebih dahulu baru kemudian dibayar pada tanggal jatuh tempo tagihan. 

Limit

Pulsa prabayar memungkinkan kamu mengatur limit sesuai kebutuhan. Ketika membutuhkan pulsa tambahan, kamu bisa mengisinya kapan saja. Namun, tak jarang hal ini menyebabkan pengeluaran bulananmu membengkak. 

Berbeda dengan prabayar, pulsa pascabayar memiliki batas minimal dan maksimal. Cocok bagi kamu yang ingin membatasi pengeluaran setiap bulannya. Pulsa pascabayar juga lebih praktis karena kamu tidak perlu mengisi ulang pulsa setiap kali membutuhkan.

Kontrak

Pulsa prabayar tidak terikat kontrak, melainkan masa tenggang. Apabila kamu lupa mengisi pulsa hingga masa tenggang habis, kartu akan hangus. Berbeda dengan pulsa prabayar, pulsa pascabayar terikat kontrak dengan durasi mulai dari 12, 24, hingga 26 bulan.

 

Baca juga: Banyak Untungnya, Ini Alasan Kenapa Harus Beli Pulsa Online

Demikianlah informasi mengenai isi pulsa prabayar yang perlu kamu ketahui. Berbekal informasi tersebut, kamu bisa memilih jenis pulsa terbaik untuk penggunaan harian. Kalau kamu mau isi pulsa lebih cepat dan murah, pastikan instal aplikasi Flip. Yuk, download Flip sekarang via App Store atau Play Store

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_3.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi