mural
homeforward
FOB Shipping Point: Apa Keuntungan dan Kerugiannya?

FOB Shipping Point: Apa Keuntungan dan Kerugiannya?

Berbisnis dengan menerapkan FOB shipping point merupakan praktik yang sudah umum. Dalam transaksi bisnis, pembeli menjadi pihak yang bertanggung jawab terhadap produk yang dibeli ketika produk telah diangkut ke kapal dan siap dikirim. Sebelum kamu bertransaksi menggunakan FOB tipe ini, pastikan tahu keuntungan dan tantangannya agar bisa mengantisipasinya.

Baca juga: FOB Shipping Point dan FOB Destination Ternyata Beda: Apa Saja?

 

Keuntungan FOB Shipping Point 

FOB shipping point adalah kesepakatan yang memindahkan tanggung jawab pengiriman ke pembeli, keuntungan yang paling menyolok tentu saja untuk si penjual.

Inilah beberapa keuntungannya jika kamu adalah penjual.

  • Tidak Perlu Bertanggung Jawab atas Pengiriman

Sebagai penjual, tugasmu adalah mengemas dan mengirimkan produk menggunakan jasa angkut. Ketika produk tersebut sudah diangkut ke kapal, tanggung jawab kamu sebagai penjual otomatis berhenti. Tanggung jawabmu terhadap produk pun berkurang sehingga kamu bisa fokus ke pesanan lain.

  • Menghemat Biaya Pengiriman

Mengirim pesanan ke area lain (terutama di negara berbeda) bisa memakan cukup banyak biaya. Sebagai penjual, kamu hanya perlu mengurus biaya terkait pengangkutan produk ke kapal. Setelah itu, pembeli menjadi pihak yang bertanggung jawab.
 

  • Keuntungan Lebih Pasti

Karena tanggung jawab pengiriman produk berpindah ke pembeli, kam bisa menutup buku asalkan produk sudah dalam proses pengiriman. Bahkan ketika produk terlambat atau tidak sampai, hal tersebut bukan lagi tanggung jawab kamu. Keuntungan pun menjadi lebih pasti.

Apakah ini berarti pembeli tidak akan mendapat keuntungan? Belum tentu! Metode FOB shipping point sebenarnya membuka jalan bagi pembeli untuk bernegosiasi secara lebih fleksibel dengan penjual. Jika posisimu adalah pembeli, kamu bisa menggunakan fakta bahwa kamu bertanggung jawab akan pengiriman sebagai alat bantu penawaran untuk mendapat tarif yang lebih baik.

 

Kerugian FOB Shipping Point 

Syarat FOB shipping point bisa dibilang merugikan jika posisimu adalah pembeli.

Jika kamu memesan produk dari perusahaan yang menetapkan FOB shipping point, bersiaplah membayar ekstra untuk hal-hal yang bersifat pengangkutan dan pengiriman produk ke lokasimu. Hal ini termasuk biaya seperti bea masuk, cukai, tarif fasilitas tertentu, dan sebagainya.

Kamu juga tidak bisa menuntut penjual jika produkmu tidak kunjung sampai atau terlambat. Ketika barangmu diangkut ke kapal dan diberangkatkan, penjual telah resmi menutup buku transaksi mereka dan proses pengiriman bukan lagi tanggung jawab mereka.

 

Syarat-syarat Pembayaran FOP Shipping Point

Ketika melakukan pembayaran menggunakan FOP shipping point, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Pembayaran Tercatat Secara Resmi

Pembeli dan penjual harus sama-sama memiliki catatan resmi di buku mereka terkait pembayaran produk tersebut. Kedua belah pihak juga harus menyepakati pembayaran tersebut. Keterangan siapa yang bertanggung jawab atau FOB shipping point harus tercantum di catatan transaksi.

  • Metode Pembayaran Jelas

Metode pembayaran bisa berupa kredit atau cicilan dan tunai. Metode yang dipilih harus dicantumkan di dalam kontrak dan catatan transaksi kedua belah pihak.

  • Wajib Menyantumkan Syarat Khusus (Jika Ada)

Jika ada syarat khusus dalam transaksi, pembeli dan penjual wajib mengetahui serta menyantumkannya di dalam kontrak. Misalnya, catatan n/30 berarti “pembayaran lunas selambat-lambatnya kurang dari 30 hari”.

 

Cara Menghitung FOB Shipping Point

fob shipping point 2.jpeg
Sumber : Biyo POS

Bagaimana cara menghitung FOB shipping point

Kamu bisa menjumlahkan seluruh biaya yang dikenakan terkait pengiriman barang. Contohnya adalah harga komoditas yang diambil dari gudang dan ditambah dengan tarif lain, yaitu:

  • Tarif pengiriman dengan kapal
  • Tarif jasa pengangkutan kargo naik dan turun kapal
  • Tarif pengurusan berbagai dokumen pengiriman
  • Setiap biaya terkait bea cukai dan perizinan untuk produk tertentu
  • Tarif pengiriman produk dari pelabuhan domestik si pembeli hingga sampai ke lokasinya

Dalam contoh FOB shipping point, kamu bisa berpatokan pada harga barang bersih setelah dikurangi biaya produksi, fasilitas, tenaga, dan harga bahan baku. Jika posisimu adalah pembeli, harga ini telah ditentukan oleh penjual.

 

Cara Agar Nggak Rugi saat Menggunakan FOB Shipping Point

Melihat kelebihan dan kekurangan FOB shipping point, bagaimana caranya agar kamu sebagai pembeli tidak rugi saat bertransaksi dengan konsep ini?

Pastikan kamu mengetahui alternatif perlindungan dan asuransimu. Karena kepemilikan barang berpindah ke pembeli sejak produk dikirim dengan kapal, kamu pun secara resmi menjadi pihak yang berhak mengajukan klaim. Pastikan kompensasinya sesuai dengan risiko dan tingkat kerugianmu jika produk tersebut hilang, rusak, atau terlambat dikirim.

Cek dulu kebijakan perusahaan penjual sebelum menjalin kontrak agar kamu bisa menganalisis pilihanmu. Tanyakan jika kamu bisa memilih sendiri jasa pengangkut produkmu agar kamu bisa memilih mereka dulu sesuai kebutuhan. Pastikan perusahaan angkutan tersebut mudah kamu hubungi dan bereputasi baik.

Dari segi pembayaran, pastikan kamu bertransaksi menggunakan platform pembayaran digital berkualitas. Flip for Business, contohnya, memberimu pilihan pengiriman dana hingga ke lebih dari 20.000 tujuan. Pengiriman dana ke luar negeri pun cepat dan aman, bahkan bisa hanya 10 menit. Cocok untukmu yang sering berbisnis ekspor/impor atau butuh sering mengirim dana demi mengelola proses transaksi barang.


Baca juga: Apa Sih FOB Itu? Yuk, Kenali Konsepnya sebelum Berbisnis!

FOB shipping point punya kelebihan dan kekurangan, jadi pastikan kamu menimbang pilihanmu sebelum memesan. Unduh Flip untuk mendukung kegiatan transaksi agar kamu bisa lebih untung.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi