mural
homeforward
E Klaim BPJS Bermasalah? Ini 5 Penyebab Utamanya!

E Klaim BPJS Bermasalah? Ini 5 Penyebab Utamanya!

E klaim BPJS jadi solusi yang praktis untuk membantu pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. Kamu tak perlu lagi datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, antre, dan membawa berbagai berkas.

Hanya saja, ada kalanya beberapa orang mengalami kendala saat melakukan pengajuan e klaim BPJS. Kalau kamu juga mengalami e klaim BPJS bermasalah, beberapa hal ini boleh jadi penyebabnya.

Baca Juga: 3 Cara Cek Status Klaim BPJS, Sudah Cair Belum?

Status Peserta Tidak Aktif

bpjs

Sumber : Lifepal

Penyebab e klaim BPJS bermasalah yang pertama adalah terkait status kepesertaan saat ini. Hal ini khususnya berlaku apabila kamu akan melakukan pencairan dana JHT utuh sebesar 100%. 

Sebagai catatan, pencairan dana JHT terbagi dalam tiga kelompok: 10%, 30%, dan 100%. Masing-masing persentase pencairan tersebut memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. Adapun syarat pencairan JHT 100% adalah apabila kamu

  • sudah pensiun (56 tahun);
  • mengalami cacat total;
  • meninggal dunia;
  • pindah ke luar negeri dan menetap di luar Indonesia selamanya; atau
  • terkena PHK

Nah, kalau kamu sudah berhenti bekerja atau memenuhi persyaratan di atas, status kepesertaan seharusnya menjadi tidak aktif. Apabila masih aktif, maka kamu perlu mendiskusikannya dengan HRD. 

Dokumen Kurang Lengkap 

Kemungkinan e klaim BPJS bermasalah lainnya adalah kelengkapan berkas yang belum terpenuhi. Ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk melakukan pengajuan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan, yakni:

  • Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)  (tidak bisa digantikan dengan identitas lainnya seperti SIM)
  • Kartu Keluarga (KK)

Adanya Perbedaan Data 

Selain lengkap, kamu juga perlu memperhatikan kecocokan data pada beberapa dokumen tersebut. Seperti contoh adalah data RT/RW yang tercantum di KTP dan KK berbeda. Hal ini biasanya terjadi jika kamu pindah rumah. 

Cara mengatasi e klaim BPJS bermasalah karena data yang berbeda ini adalah dengan segera melakukan perbaikan data. Oleh sebab itu jika pindah domisili, sertakan pula surat keterangan pindah yang bisa kamu minta dari RT/RW kelurahan setempat.

Beberapa dokumen persyaratan lain yang barangkali kamu perlukan sesuai kondisi terkait tempat kerja  adalah:

  • Paklaring atau surat keterangan bekerja dari tempatmu bekerja
  • Akta perjanjian bersama dari PHI
  • Lembar PKWT

Batas Minimal Masa Tunggu 

Lamanya proses pencairan JHT sebetulnya tidak panjang. Jika seluruh persyaratan dilengkapi dan telah terverifikasi serta disetujui, maka umumnya hanya diperlukan waktu sekitar satu hingga dua pekan untuk mencairkan saldo JHT.

Hanya saja, kamu perlu memperhatikan bahwa ada masa tunggu. Umumnya kamu bisa mengajukan pencairan JHT setidak-tidaknya satu bulan yang dihitung sejak tanggal kamu berhenti bekerja.

Adapun tanggal berhenti bekerja ini sesuai dengan yang tercantum di dalam paklaring yang dikeluarkan perusahaan. Sehingga jika kamu mengambil jatah cuti panjang sebelum batas resmi berhenti bekerja, pastikan kamu tetap menghitungnya dari yang tertera di paklaring, ya.

Tidak Memiliki Rekening atau Buku Tabungan 

bpjs

Sumber : Suara

Pada 1 September 2015 lalu, ada perubahan cukup signifikan mengenai persyaratan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. Sejak hampir delapan tahun lalu setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan harus mempunyai rekening tabungan atas nama pribadi. Pasalnya dana JHT akan diberikan langsung ke rekening pribadi peserta yang didaftarkan. 

BPJS Ketenagakerjaan pun biasanya punya kerja sama dengan pihak bank untuk aktivitas pencairan JHT. Kamu nanti akan diminta untuk melengkapi syarat dokumen pencarian secara langsung ke bank yang ditunjuk. Sebelumnya, kamu perlu melakukan pengajuan terlebih dahulu secara online.

Kalau sudah lengkap dan proses pengajuan sudah disetujui, kamu tinggal menunggu saja dana yang dicairkan masuk ke dalam rekening yang sudah didaftarkan. Tenang saja, kamu tetap bisa kok cek status klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Cara yang paling mudah adalah melalui aplikasi Mobile JMO. Di aplikasi ini, kamu juga dapat melihat sisa dan perkembangan saldo yang yang sudah dikumpulkan sejak kali pertama bekerja. Pun apabila terdapat data-data yang tidak sesuai, kamu dapat melakukan perbaikan dalam aplikasi ini.

Nah, itulah informasi seputar penyebab e klaim BPJS bermasalah dan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Ternyata tidak terlalu sulit, bukan?

Selain BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah juga menghadirkan layanan BPJS Kesehatan dalam rangka menjamin kesejahteraan masyarakat dari segi kesehatan. Setiap perusahaan wajib mengikutsertakan karyawannya dalam program ini. Masyarakat umum pun sangat disarankan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Besarnya iuran per bulan BPJS Kesehatan tergolong cukup terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan oleh pihak swasta. Nominal iuran BPJS Kesehatan dibagi berdasarkan kelas (rawat inap) pelayanan kesehatan yang dikehendaki.

Baca Juga: Anti Ribet Serba Sat Set, Ini Cara Klaim BPJS Kesehatan

Untuk mendukung kemudahan pembayaran premi ini, Flip hadir dengan produk pembayaran BPJS Kesehatan. Kamu bisa langsung membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan lewat aplikasi Flip dengan praktis. Cukup masukkan nomor peserta dan pilih periode iuran yang dikehendaki, pembayaran dapat selesai dalam hitungan menit. 

Yuk, pakai Flip untuk penuhi berbagai transaksi keuanganmu sehari-hari!


 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi