mural
homeforward
Begini Cara Unreg Kartu XL yang Sudah Mati, Hangus, atau Hilang

Begini Cara Unreg Kartu XL yang Sudah Mati, Hangus, atau Hilang

Sedang mencoba registrasi nomor XL baru tapi gagal? Bisa jadi kamu sudah mendaftarkan nomor XL sebanyak tiga kali atau lebih. Apalagi jika kamu sering gonta-ganti nomor dan belum tahu cara unreg kartu XL yang sudah mati. 

Dalam beberapa kasus, unreg atau membatalkan registrasi kartu XL perlu dilakukan untuk nomor yang hilang. Misalnya, karena ponsel hilang dicuri. Boleh jadi situasi demikian terdengar merepotkan, tetapi langkah unreg penting dilakukan demi keamanan data pribadi kamu.

Lantas, bagaimana cara unreg kartu XL yang sudah mati, hangus, atau hilang? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Cara Daftar Kartu XL, Jangan Lupa Siapkan Data Ini

Alasan Perlu Unreg Kartu XL yang Sudah Tidak Dipakai

kartu xl

Sumber : Envato

Tentu kamu bertanya-tanya, mengapa perlu unreg kartu XL yang sudah tidak dipakai. Padahal, kamu sudah mendaftarkan nomor tersebut sesuai ketentuan dari pemerintah. Jawaban atas situasi demikian pun mengacu pada peraturan yang dikeluarkan pemerintah, tepatnya dalam Surat Edaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) No. 01/2018 dan Surat Ketetapan BRTI No. 03/2008. 

Dalam aturan itu disebutkan bahwa satu NIK hanya boleh memiliki maksimal tiga nomor kartu dalam satu provider. Pasalnya, belakangan banyak orang mempunyai nomor ponsel lebih dari satu.

Bayangkan jika tidak ada aturan tersebut, ada kemungkinan satu NIK dapat dipakai untuk registrasi banyak nomor sekaligus. Hal tersebut bisa dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan nomor-nomor ponsel. 

Bagaimana jika nomor kartu XL kamu hilang karena ponsel dicuri? Kamu tetap perlu cari tahu cara unreg kartu XL yang sudah mati atau hilang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Bisa saja ponsel hilang itu dipakai orang lain untuk melakukan tindak kejahatan. Contoh, spamming maupun memakai aplikasi keuangan yang terdaftar atas nomor tersebut. Bahkan, ada kemungkinan orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan nomor tersebut dengan memakai profil kamu untuk menipu orang lain. 

Kalau sudah begini, kamu juga yang rugi kan? Maka, penting bagi kamu yang kehilangan ponsel untuk segera mem-block nomor XL dan menghapus informasi nomor kartu pada aplikasi penting, seperti aplikasi perbankan dan email. Lalu, lanjutkan dengan unreg kartu XL lama sebelum memakai nomor baru. 

Cara Unreg Nomor Kartu XL yang Sudah Mati

kartu xl

Sumber : Envato

Nah, agar kamu tidak perlu merasakan hal-hal tidak menyenangkan seperti di atas, coba cari tahu cara unreg nomor kartu XL yang sudah mati. Ada beberapa cara unreg yang bisa kamu lakukan, seperti diuraikan di bawah ini.

Dial up

Cara unreg nomor kartu XL yang pertama bisa memanfaatkan panggilan telepon. Selalu pastikan pulsa XL sudah terisi agar prosesnya berjalan lancar.

  1. Buka aplikasi Telepon atau Call.
  2. Ketik *123*444# pada layar.
  3. Ketuk opsi “Panggil” atau “Call” dan tunggu sampai muncul menu baru.
  4. Pilih “Unreg” dan tunggu beberapa saat.
  5. Kamu akan menerima pesan notifikasi yang menyatakan nomor XL tersebut tidak aktif lagi.

SMS

Cara unreg kartu XL lewat SMS juga sama mudahnya. Sama seperti opsi dial up, sebaiknya kamu sudah mengisi pulsa untuk berjaga-jaga jika proses ini dikenakan tarif normal SMS. 

  1. Buka aplikasi SMS di ponsel. 
  2. Ketik SMS dengan memakai format UNREG#nomorXL# dan kirimkan SMS tersebut ke 4444. Contohnya UNREG#081801234567#.
  3. Tunggu beberapa waktu dan kamu akan mendapat pesan notifikasi yang menginfokan nomor XL tersebut telah dinonaktifkan. 

Customer service

Merasa repot karena harus unreg kartu XL sendiri? Ada cara praktis lainnya, yakni meminta bantuan petugas customer service untuk melakukan unreg pada nomor XL tersebut. 

Kamu cukup datang ke XL Center terdekat dan menyampaikan kebutuhan yang dimaksud. Nanti petugas CS akan membantu kamu memproses permintaan menonaktifkan kartu XL yang lama. Boleh juga lho jika kamu ingin sekalian registrasi kartu XL baru sehingga lebih ringkas. 

Unreg kartu XL yang hilang

Nah, ketiga cara unreg kartu XL yang sudah mati tadi hanya berlaku jika kamu masih memegang nomor XL yang lama. Dalam kasus nomor XL hilang karena ponsel dicuri, proses unreg bisa dilakukan langsung ke XL Center atau melakukan panggilan telepon ke XL. Caranya demikian:

  1. Buka aplikasi Telepon.
  2. Ketik angka 817 dan tekan “Panggil”. 
  3. Setelah tersambung dengan CS, kamu bisa menyampaikan keinginan untuk unreg kartu XL nomor sekian karena nomor itu hilang. 
  4. Pihak provider XL akan memblokir nomor XL secara otomatis melalui sistem yang tersedia. 

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara unreg kartu XL yang sudah mati. Kalau kamu tidak ingin repot-repot melakukan proses ini, biasakan mengecek pulsa secara rutin. Jadi, kamu bisa tahu sampai kapan masa berlaku dan masa tenggang nomor kartu XL yang dipakai.

Baca Juga: Pilihan Kuota Malam XL Dan Cara Aktivasinya

Satu tips terakhir, coba deh isi pulsa dan paket data pakai Flip. Berbekal harga lebih murah daripada harga agen, kamu bisa tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan teman kapan saja. 

Yuk, download aplikasinya sekarang dan beli pulsa XL lebih hemat di Flip!

New Banner Pulsa dan Paket Data

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi