mural
homeforward
Cara Setor Tunai di ATM BCA, Super Gampang!

Cara Setor Tunai di ATM BCA, Super Gampang!

PT. Bank BCA, atau yang lebih dikenal sebagai Bank BCA, merupakan satu-satunya bank swasta dengan aset terbesar yang masuk peringkat empat besar di Indonesia. Bank yang didirikan pada 21 Februari tahun 1957 ini dulunya merupakan bagian dari Salim Grup. Saat ini, BCA dimiliki oleh Djarum, produsen rokok ternama di tanah air. 

Kerap viral dengan kualitas layanannya yang jempolan, saat ini BCA memiliki lebih dari 29 juta nasabah dan memproses lebih dari 48 juta transaksi setiap harinya. Berbagai inovasi terus dihadirkan demi memudahkan para nasabahnya. Salah satunya adalah dengan cara setor tunai di ATM BCA bagi nasabah yang tidak ingin repot-repot ke bank. 

Baca juga: Serba-serbi BCA Xpresi: Cara Daftar dan Plus Minusnya

BCA, Bank Pertama yang Memperkenalkan ATM Setor Tarik 

Cara Setor Tunai di ATM BCA

Sumber:Tribunnews 

Meski sekarang sudah banyak bank yang menyediakan layanan ATM setor dan tarik tunai, BCA menjadi bank pertama di Indonesia yang menggunakan mesin ATM CRM (Cash Recycling Machine). Mesin CRM pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 1985, kemudian disusul oleh Korea di tahun 1995. Penggunaan ATM CRM terus meluas sampai ke Cina, Thailand, Taiwan, dan tentu saja Indonesia. 

Adanya ATM CRM memudahkan banyak aktivitas keuangan nasabah. Tidak hanya menarik uang, nasabah BCA juga bisa memanfaatkan ATM ini untuk menyetor tabungan hingga membayar tagihan. Nasabah juga tidak perlu repot-repot mengantri di teller dan bisa melakukan transaksi kapan saja karena ATM BCA buka 24 jam. 

Cara Setor Tunai di ATM BCA 

Cara Setor Tunai di ATM BCA

Sumber:Lifepal 

Lalu, bagaimana cara setor tunai di ATM BCA? Kamu bisa melakukan setor tunai di ATM BCA ke rekeningmu sendiri, ke rekening orang lain dengan atau tanpa kartu ATM. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan berikut ini! 

Cara Setor Tunai di ATM BCA ke Rekening Sendiri 

  1. Cari ATM BCA yang menyediakan layanan setor dan tarik tunai (CRM) terdekat yang ada di kotamu 
  2. Masukkan kartu ATM kamu ke dalam mesin dan tekan 6 digit nomor PIN 
  3. Setelah kartu terproses, pilih menu “Setor Tunai” 
  4. Setelah box terbuka, masukkan uang yang ingin kamu setorkan. Pastikan uang dalam keadaan rapi, tidak basah, robek, kotor, terlipat atau distaples. Perlu diketahui bahwa uang yang bisa disetorkan adalah pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 saja 
  5. Setelah semua lembaran uang masuk, tunggu sampai tulisan jumlah uang muncul di layar. Pastikan kembali apakah jumlahnya sudah sesuai atau belum 
  6. Jika sudah sesuai, pilih rekening tujuan. Karena kamu akan menyetor ke rekening sendiri, maka pilih “Rekening Anda”. Konfirmasi transaksimu dan pilih menu “Setor” 
  7. Selesai. Cara setor tunai di ATM BCA ke rekening orang lain pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan setor tunai ke rekening sendiri. Bedanya ketika kamu masuk pada pilihan rekening tujuan, kamu harus memilih menu “Rekening Lain” dan masukkan nomor rekening (dan kode bank, jika banknya non-BCA). Lakukan transaksi seperti di atas sampai selesai. 

Cara Setor Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu 

Jika kamu tidak membawa kartu, kamu tetap bisa menyetorkan dana lewat ATM. Adapun langkah-langkahnya adalah: 

  1. Siapkan ponsel, buka aplikasi mobile banking BCA milikmu 
  2. Login dan pilih menu “Cardless” 
  3. Pada opsi berikutnya, tekan “Setor Tunai” lalu pilih rekening tujuan (apakah itu rekeningmu atau rekening orang lain). Konfirmasi transaksi dan kamu akan mendapatkan kode berupa 6 digit angka yang akan digunakan di ATM 
  4. Selanjutnya, pergi ke ATM BCA setor tunai terdekat lalu pilih “Transaksi Tanpa Kartu” 
  5. Ketikkan nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftarkan diri di mobile banking BCA kemudian tekan “Benar” 
  6. Kamu akan diminta memasukkan 6 digit angka yang kamu terima sebelumnya lewat ponsel. Masukkan ke dalam kolom di mesin ATM kemudian pilih “Benar” 
  7. Setelah box terbuka, masukkan uang kemudian pastikan jumlahnya sudah sesuai dengan yang kamu masukkan. Klik “Setor”. Itulah cara setor tunai di ATM BCA dengan menggunakan kartu ATM atau tanpa kartu ATM. 

Setor Tunai di ATM BCA Gagal? Ini Penyebab dan Solusinya! 

Penyebab Setor Tunai di ATM BCA Gagal

Sumber:Linkaja 

Seperti halnya transaksi keuangan lain, setor tunai juga bisa mengalami kegagalan. Kamu mungkin pernah mendengarnya dari berita atau bahkan mungkin merasakannya sendiri. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan setor tunai di ATM termasuk ATM BCA mengalami kegagalan antara lain: 

  • Kamu melakukan setor tunai dengan ATM BCA bukan di mesin ATM BCA. Pastikan ATM yang kamu datangi memang ATM BCA, bukan bank lain 
  • Uang yang kamu setorkan dalam kondisi tidak baik/layak (misalnya terlipat, robek, rusak, basah, ada bagian yang hilang atau bahkan palsu). Perbaiki posisi uang dan ulangi lagi transaksimu. Jika ada lembaran yang masih tertolak, artinya mesin memang tidak bisa menerima uang tersebut 
  • Mesin ATM sudah penuh. Kamu bisa membaca tanda mesin ATM penuh pada layar di atas mesin ATM BCA. Jika pada bagian setor tunai sudah berwarna merah atau bertanda silang, artinya kamu sudah tidak bisa menyetor di mesin itu. Carilah mesin lain. 

Selain hal-hal di atas, kegagalan setor lain yang mungkin terjadi adalah uang sudah disetor tapi saldo tidak bertambah. Hal ini terjadi ketika uang sudah masuk ke dalam mesin namun ada pemberitahuan transaksi masih diproses. Cek saldo di rekeningmu terlebih dahulu. Jika jumlahnya sudah sesuai dengan total setelah setor tunai, artinya tidak ada masalah. 

Tapi jika saldo belum bertambah, segera hubungi cabang BCA terdekat. Sesampainya di bank, satpam akan mengarahkanmu ke customer service. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan seperti struk transaksi, buku tabungan, kartu ATM dan kartu identitasmu. 

Baca juga: Simak Cara Top Up LinkAja BCA di Sini!

BCA merupakan bank yang cukup responsif dengan masalah nasabahnya dan masalah seperti ini biasanya akan selesai dalam beberapa hari kerja. Itulah beberapa cara setor tunai di ATM BCA yang bisa kamu lakukan. Jika ingin transfer ke rekening bank lain tanpa dikenakan biaya*, kamu bisa menggunakan Flip. Unduh Flip sekarang juga untuk transaksi yang lebih aman, nyaman dan mudah!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi