mural
homeforward
Penghasilan Sudah Mencapai Nisab? Begini Cara Bayar Zakat Mal Pakai Flip

Penghasilan Sudah Mencapai Nisab? Begini Cara Bayar Zakat Mal Pakai Flip

Zakat mal merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim ketika harta kekayaannya telah mencapai ketentuan nisab atau haul. Ada pun nilai zakat yang harus dibayarkan adalah 2,5% dari total harta yang dimiliki. Kepada siapa zakat mal wajib diserahkan? Bagaimana cara bayar zakat mal menurut jumhur (mayoritas ulama)? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Jenis Zakat Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat

zakatSumber: Detik Finance

Kewajiban mengeluarkan zakat mal bertujuan untuk membersihkan harta, menyucikan jiwa, dan menolong fakir miskin serta golongan yang berhak menerima zakat. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang tertera dalam QS surah Al-Baqarah ayat 267:

”Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu.”

Berdasarkan Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh HR Muslim “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan zakat atas harta mereka untuk diberikan kepada fakir miskin di antara mereka,” maka, golongan (asnaf) yang berhak menerima zakat, antara lain:

Fakir

Golongan orang yang disebut sebagai fakir adalah mereka yang tidak memiliki harta sama sekali. Atau, orang yang hartanya sangat sedikit dan tidak bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan pokoknya.

Miskin

Golongan orang miskin adalah orang yang memiliki harta tetapi harta tersebut tidak dapat mencukupi setengah dari kebutuhan pokoknya.

Amil

Amil merupakan golongan orang yang ditugaskan untuk mengumpulkan dan mengatur pendistribusian zakat ke mereka yang membutuhkan.

Mualaf

Orang mualaf atau yang baru masuk islam juga berhak menerima zakat karena hatinya condong kepada Islam.

Riqab

Golongan berikutnya yang berhak menerima zakat mal adalah riqab atau budak. Mereka ingin memerdekakan diri dari majikannya. Oleh karena itu, mereka membutuhkan harta dari zakat mal orang lain untuk membayar tebusan.

Gharim

Gharim adalah orang yang berhutang untuk kepentingan umum atau pribadi, tetapi tidak mampu membayarnya. Mereka membutuhkan zakat mal untuk melunasi hutang-hutang tersebut.

Fisabilillah

Zakat mal juga dapat diberikan untuk fisabilillah, yaitu orang-orang yang berjuang di jalan Allah. Perjuangan tersebut dapat berupa jihad, dakwah, ilmu, atau kegiatan yang bermanfaat untuk kesejahteraan umat.

Ibnu sabil

Jika kamu menemukan orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan kehabisan bekal, padahal tidak ada sanak saudara atau kerabat di tempat tersebut, mereka adalah ibnu sabil. Zakat mal juga dapat diserahkan kepada golongan ini.

Cara Bayar Zakat Mal

Cara bayar zakat mal bisa dilakukan dengan menyerahkan langsung kepada lembaga/ badan amil zakat atau masjid. Namun, di era digital ini para muzakki bisa membayar zakat mal dengan lebih mudah melalui berbagai platform zakat mal online. Namun, apakah cara bayar zakat mal online atau daring ini sesuai dengan syariat Islam?

Melansir dari situs resmi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), hukum membayar zakat secara online atau daring diperbolehkan dan sah dilakukan karena cara ini hanyalah salah satu opsi penyampaian zakat saja. Namun, jangan lupa melafalkan niat yang benar dan tulus dari hati. Hal ini karena syarat sah zakat harus melafalkan niat, ada muzakki (orang yang berzakat) dan mustahiq (penerima zakat), serta harta yang akan dizakati (bisa berupa uang atau makanan pokok).

Adapun tata cara bayar zakat secara online supaya tetap sah secara syariah, antara lain:

  • Mengetahui besaran harta yang akan dizakati. Misal, jika ingin membayar zakat penghasilan maka harus sudah mencapai nisab, yakni sebesar 85 gram emas per tahun. Perhitungannya adalah menggunakan rumus 2,5% x jumlah penghasilan dalam satu bulan.
  • Membaca niat zakat di dalam hati, sesuai jenis zakat yang akan ditunaikan dan pihak yang dizakati.
  • Segera lunasi pembayaran zakat mal kamu sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.
  • Konfirmasi pembayaran zakat sesuai petunjuk yang tersedia pada masing-masing platform. Bukti pembayaran zakat ini biasanya akan diterima otomatis melalui e-mail muzakki.
  • Langkah terakhir adalah membaca doa supaya harta yang kamu peroleh menjadi lebih bersih dan dapat menjadi pembuka rezeki lainnya.

Cara Bayar Zakat Mal Pakai Flip

zakat

Sumber: theAsianParent

Setiap dana zakat yang ditunaikan secara online akan disalurkan kepada penerima yang berhak dan membutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk memilih lembaga atau amil zakat yang tepercaya, resmi, dan berpengalaman dalam penyaluran zakat. Salah satunya, kamu bisa bayar zakat mal pakai Flip.

Bagaimana cara bayar zakat mal pakai Flip? Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Flip di App Store atau Play Store
  2. Buka aplikasi Flip, daftarkan akun kamu, kemudian pilih menu “Zakat & Sedekah” yang ada di halaman depan aplikasi.
  3. Pilih “Zakat Mal” dan masukkan nominal zakat mal yang akan dibayarkan.
  4. Pilih Metode Pembayaran yang akan digunakan. Periksa kembali rincian transaksi kamu. Jika sudah sesuai, klik “Lanjutkan”.
  5. Lakukan transfer pembayaran sesuai nominal yang tertulis, kemudian klik “Saya Sudah Transfer”
  6. Kamu akan mendapatkan informasi transaksi berhasil serta jumlah Zakat atau Sedekah yang sudah dilakukan.

Baca Juga: Yuk Belajar Cara Menghitung Zakat Mal Biar Hidup Makin Berkah

Demikian informasi tentang tata cara membayar zakat mal. Hukum membayar zakat maal adalah wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat berakal sehat, sudah baligh, sudah mencapai nisab, serta mempunyai harta sendiri. Yuk, tunaikan zakat mal kamu sekarang melalui aplikasi Flip!

[SEO&ASO] Request Banner Article Blog_Zakat & Sedekah_1200x300.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi