mural
homeforward
Punya Keluhan? Ini Nomor Call Center Bank Indonesia

Punya Keluhan? Ini Nomor Call Center Bank Indonesia

Call center atau pusat panggilan menjadi salah satu bentuk layanan yang diberikan dari perusahaan dengan tujuan utama untuk memfasilitasi keluhan dan kritik dari pelanggan. Dengan begitu, kepuasan pelanggan terhadap layanan perusahaan tetap terjaga dengan baik. 

Layanan pelanggan sendiri memang menjadi suatu aspek yang harus dimiliki oleh perusahaan besar, tak terkecuali Bank Indonesia sebagai bank sentral. Jadi, kalau kamu mempunyai keluhan maupun pertanyaan seputar layanan atau produk dari Bank Indonesia, kamu bisa langsung menghubungi call center Bank Indonesia.

Baca Juga: Ini Cara Atasi Paket Axis Yang Tak Bisa Dipakai

Sekilas tentang Bank Indonesia

call center bank indonesia

Sumber : Envato

Undang-Undang Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir yaitu Undang-Undang ​Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan memberikan episode baru bagi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam melakukan tugas dan kewajibannya. 

Hadirnya aturan perundangan tersebut memberikan posisi dan status Bank Indonesia sebagai lembaga negara yang memiliki kebebasan dalam melakukan wewenangnya dan tidak ada campur tangan dari pemerintah maupun pihak lainnya. Bank Indonesia memiliki kekuasaan penuh dalam membuat maupun melakukan setiap tugas serta bisa mengabaikan dan menolak intervensi yang datang dari berbagai pihak. 

Kedudukan dan status ini sangat penting sehingga Bank Indonesia bisa melakukan perannya secara efektif dan efisien sebagai otoritas moneter. 

Layanan Bank Indonesia

Dalam pelaksanaannya, Bank Indonesia mempunyai sejumlah layanan, di antaranya: 

  • Permohonan informasi. Masyarakat dapat mengakses semua informasi sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku melalui situs www.bi.go.id.
  • E-licensing. Suatu sistem aplikasi yang berbasis website dengan fungsi utama memberikan fasilitas pengajuan perizinan di BI secara digital alias online. 
  • Perlindungan dan pengaduan konsumen. Fasilitas yang memungkinkan pelanggan menyampaikan keluhan dan mendapat solusi terbaik untuk setiap masalah.
  • Daftar lembaga berizin. Meliputi pasar keuangan serta sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah 
  • Perpustakaan. Ada banyak sekali koleksi buku yang ada di perpustakaan milik BI, mulai dari makroprudensial, moneter, sistem pembayaran, dan masih banyak lagi yang bisa kamu baca. 
  • Layanan kas Bank Indonesia. Ini adalah layanan untuk penukaran uang melalui kas keliling, termasuk menukar uang yang rusak dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  • Pengadaan Barang dan Jasa. Layanan ini mengacu pada sistem yang dipakai oleh BI dalam menjalankan tugas otomasi pengadaan dan pengelolaan rekan bisnis yang sudah terintegrasi dengan laporan finansial BI.​​​
  • Kunjungan BI. Bertujuan untuk menggalakkan program edukasi pada masyarakat, Bank Indonesia menerima kunjungan perusahaan dan lembaga pendidikan tanpa pungutan biaya dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  • Museum BI. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh BI untuk mendukung pariwisata Indonesia dan mengedukasi masyarakat sekaligus wisatawan mengenai kewenangan dan cara kerja BI. 
  • Standar sistem pembayaran. Guna mendukung sistem transaksi yang kompetitif, inovatif, sehat, efektif, dan efisien, BI menetapkan standar pembayaran Standar Nasional Open API Pembayaran atau disingkat SNAP. 

Call Center Bank Indonesia

Call center Bank Indonesia menjadi wadah yang disediakan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat yang ingin menyampaikan saran, kritik, bantuan, atau keluhan terhadap layanan yang ditawarkan oleh BI. Adapun nomor call center Bank Indonesia sebagai Pusat Pengaduan, Tindak Lanjut, dan Penyelesaian yang bisa dihubungi adalah 131.

Selain call center Bank Indonesia, ada juga beberapa cara lain untuk menyampaikan keluhan atau bantuan terhadap layanan Bank Indonesia yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Email: [email protected].
  • Tertulis: Pengiriman surat bisa ditujukan kepada kantor KPwDN yang paling dekat dengan wilayah domisili.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial resmi Bank Indonesia untuk menyampaikan keluhan dan bantuan. Akun media sosial juga menjadi sarana mendapatkan informasi terbaru lebih cepat, mudah, dan praktis. Kamu bisa terhubung langsung dengan Bank Indonesia melalui akun media sosial berikut:

  • Twitter: @bank_indonesia
  • Instagram: bank_indonesia

Pastikan kamu mengecek tanda centang biru pada akun untuk mencegah terjadinya salah akun.

Tata Cara Pengaduan Keluhan Konsumen

Ketika mengadukan keluhan atau bantuan, pelanggan tentu harus memenuhi tata cara dan alur yang telah ditentukan. Jika ingin memanfaatkan layanan Pengaduan Pelanggan dari Bank Indonesia, kamu bisa menghubungi call center Bank Indonesia di nomor 131 atau Contact Center Bank Indonesia Call and Interaction (BICARA), surat tertulis ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI), dan surat elektronik melalui email.

Sementara itu, bagi pelanggan yang tinggal atau berdomisili di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor, pengaduan bisa melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Divisi Perlindungan Konsumen Sistem Pembayaran KPw DKI Learning Center yang berada di Jakarta Pusat. 

Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkan Layanan Bicara Daring atau online dari aplikasi Webex. Caranya cukup dengan klik https://bankindonesia.webex.com/join/bicara. Bisa juga menggunakan Website Form Pengaduan Konsumen yang bisa diunduh secara daring. Pelanggan cukup mengisi formulir Pengaduan Konsumen BI dan menyampaikan keluhan. 

Itu tadi nomor call center Bank Indonesia dan cara lain yang bisa kamu pakai untuk melayangkan pengaduan dan bantuan ke Bank Sentral ini. Adanya BI tentu memudahkan regulasi tentang keuangan negara, termasuk cara transfer dan transaksi yang dijamin keamanannya.

Baca Juga: 6 Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula

Sekarang, kamu bisa transfer uang lebih mudah ke tujuan domestik maupun internasional dengan Flip. Bahkan, bayar tagihan, beli pulsa, paket internet, hingga berinvestasi dengan Flip. Pastikan kamu sudah punya aplikasinya ya, unduh Flip sekarang juga!

New Banner Transfer

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi