Learning | 11 Agustus 2023
Oleh : Rizqi Akbar
Call center atau pusat panggilan menjadi salah satu bentuk layanan yang diberikan dari perusahaan dengan tujuan utama untuk memfasilitasi keluhan dan kritik dari pelanggan. Dengan begitu, kepuasan pelanggan terhadap layanan perusahaan tetap terjaga dengan baik.
Layanan pelanggan sendiri memang menjadi suatu aspek yang harus dimiliki oleh perusahaan besar, tak terkecuali Bank Indonesia sebagai bank sentral. Jadi, kalau kamu mempunyai keluhan maupun pertanyaan seputar layanan atau produk dari Bank Indonesia, kamu bisa langsung menghubungi call center Bank Indonesia.
Baca Juga: Ini Cara Atasi Paket Axis Yang Tak Bisa Dipakai
Sumber : Envato
Undang-Undang Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir yaitu Undang-Undang βNomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan memberikan episode baru bagi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam melakukan tugas dan kewajibannya.
Hadirnya aturan perundangan tersebut memberikan posisi dan status Bank Indonesia sebagai lembaga negara yang memiliki kebebasan dalam melakukan wewenangnya dan tidak ada campur tangan dari pemerintah maupun pihak lainnya. Bank Indonesia memiliki kekuasaan penuh dalam membuat maupun melakukan setiap tugas serta bisa mengabaikan dan menolak intervensi yang datang dari berbagai pihak.
Kedudukan dan status ini sangat penting sehingga Bank Indonesia bisa melakukan perannya secara efektif dan efisien sebagai otoritas moneter.
Dalam pelaksanaannya, Bank Indonesia mempunyai sejumlah layanan, di antaranya:
Call center Bank Indonesia menjadi wadah yang disediakan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat yang ingin menyampaikan saran, kritik, bantuan, atau keluhan terhadap layanan yang ditawarkan oleh BI. Adapun nomor call center Bank Indonesia sebagai Pusat Pengaduan, Tindak Lanjut, dan Penyelesaian yang bisa dihubungi adalah 131.
Selain call center Bank Indonesia, ada juga beberapa cara lain untuk menyampaikan keluhan atau bantuan terhadap layanan Bank Indonesia yang perlu kamu perhatikan, yaitu:
Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial resmi Bank Indonesia untuk menyampaikan keluhan dan bantuan. Akun media sosial juga menjadi sarana mendapatkan informasi terbaru lebih cepat, mudah, dan praktis. Kamu bisa terhubung langsung dengan Bank Indonesia melalui akun media sosial berikut:
Pastikan kamu mengecek tanda centang biru pada akun untuk mencegah terjadinya salah akun.
Ketika mengadukan keluhan atau bantuan, pelanggan tentu harus memenuhi tata cara dan alur yang telah ditentukan. Jika ingin memanfaatkan layanan Pengaduan Pelanggan dari Bank Indonesia, kamu bisa menghubungi call center Bank Indonesia di nomor 131 atau Contact Center Bank Indonesia Call and Interaction (BICARA), surat tertulis ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI), dan surat elektronik melalui email.
Sementara itu, bagi pelanggan yang tinggal atau berdomisili di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor, pengaduan bisa melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Divisi Perlindungan Konsumen Sistem Pembayaran KPw DKI Learning Center yang berada di Jakarta Pusat.
Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkan Layanan Bicara Daring atau online dari aplikasi Webex. Caranya cukup dengan klik https://bankindonesia.webex.com/join/bicara. Bisa juga menggunakan Website Form Pengaduan Konsumen yang bisa diunduh secara daring. Pelanggan cukup mengisi formulir Pengaduan Konsumen BI dan menyampaikan keluhan.
Itu tadi nomor call center Bank Indonesia dan cara lain yang bisa kamu pakai untuk melayangkan pengaduan dan bantuan ke Bank Sentral ini. Adanya BI tentu memudahkan regulasi tentang keuangan negara, termasuk cara transfer dan transaksi yang dijamin keamanannya.
Baca Juga: 6 Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula
Sekarang, kamu bisa transfer uang lebih mudah ke tujuan domestik maupun internasional dengan Flip. Bahkan, bayar tagihan, beli pulsa, paket internet, hingga berinvestasi dengan Flip. Pastikan kamu sudah punya aplikasinya ya, unduh Flip sekarang juga!
Bagikan