mural
homeforward
Biaya Hidup di Amerika dari Mahasiswa Hingga Keluarga Beserta Tipsnya

Biaya Hidup di Amerika dari Mahasiswa Hingga Keluarga Beserta Tipsnya

Tak dapat dimungkiri bahwa biaya hidup di Amerika terbilang tinggi. Hal ini sesuai dengan kondisi perekonomian yang memang lebih maju dibandingkan Indonesia. Meskipun demikian, tak sedikit orang memiliki impian menetap di Amerika untuk melanjutkan pendidikan, bekerja, atau tinggal bersama keluarga.  

Kisaran Biaya Hidup di Amerika Serikat 

Kalau kamu tertarik tinggal di Amerika, kamu perlu merancang strategi supaya bisa hidup dengan nyaman di Negeri Paman Sam. Namun, sebelumnya kamu harus mengetahui lebih dulu kisaran biaya hidup di Amerika.  

Biaya Hidup di Amerika Untuk Mahasiswa 

Biaya hidup di Amerika untuk mahasiswa umumnya mencakup tempat tinggal, makan, transportasi, dan uang saku. Untuk menekan anggaran, disarankan memilih tinggal di sekitar area kampus. 

Menyewa kamar di asrama kampus lebih murah dibandingkan harga sewa apartemen yang mencapai Rp23 juta per bulan. Harga sewa kamar di asrama berkisar antara Rp120 juta sampai Rp150 juta per tahun. 

Biaya sewa tersebut untuk kamar pribadi yang telah dilengkapi perabotan dan peralatan standar. Apabila mencari harga lebih murah, kamu bisa berbagi kamar dengan mahasiswa lain. Harga sewa untuk kamar sharing sekitar Rp34 juta hingga Rp41 juta per semester. 

Jika memilih tinggal di kawasan kampus, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi. Kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda menuju kampus. Kamu hanya perlu mengelola biaya konsumsi sehari-hari. Alih-alih membeli makanan siap saji atau makan di restoran, disarankan untuk memasak sendiri menu makananmu. 

 

          Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Amerika dengan Jurusan Hukum yang Mendunia

Biaya Hidup di Amerika Untuk Pekerja 

Biaya hidup di Amerika untuk pekerja mencakup tempat tinggal, biaya transportasi, konsumsi, dan hal lain yang dibutuhkan. Untuk menekan biaya, disarankan mencari tempat tinggal di sekitar tempat kerja atau yang mudah dicapai menggunakan transportasi umum.

Pilih tempat tinggal berupa apartemen tipe studio yang sudah dilengkapi perabotan. Meskipun harga sewanya lebih mahal, kamu tidak harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli perabotan sendiri. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot membawa banyak perabotan ketika pindah. 

Rata-rata pekerja yang tinggal di Amerika akan mengeluarkan biaya sekitar Rp23 juta hingga Rp55 juta per bulan. Namun, pengeluaran ini bisa ditekan dengan memangkas beberapa pos keuangan. Contohnya: mengurangi makan di luar, menikmati hiburan sebulan sekali, dan menggunakan bus atau kereta untuk bepergian. 

Biaya Hidup di Amerika Untuk Keluarga 

Biaya hidup di Amerika untuk keluarga cukup menguras dompet, utamanya bagi kamu yang sudah memiliki anak. Namun, hal ini akan terbantu apabila kamu dan pasangan sama-sama bekerja atau setidaknya penghasilan bulanan yang kamu dapatkan bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan. 

Kebutuhan tersebut tidak hanya tempat tinggal dan konsumsi, melainkan juga biaya transportasi, pendidikan anak, kesehatan, dan lainnya. Rata-rata orang yang sudah berkeluarga di Amerika akan menghabiskan uang di atas Rp25 juta per bulan. Makin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, makin besar pengeluaran bulanan.

 

          Baca Juga : Cetak Banyak Tokoh Dunia, Intip Jurusan di Stanford University yang Unik

Tips Biaya Hidup di Amerika Paling Murah 

Bagaimana cara mendapatkan biaya hidup di Amerika paling murah? Berikut tips sederhana yang bisa kamu coba. 

  • Buat Kartu Membership – daftar sebagai membership supermarket yang sering kamu kunjungi. Belanjalah menggunakan kartu tersebut untuk mendapatkan diskon atau promos spesial. 
  • Belanja Pintar – jangan ragu membeli barang di thrift store. Kamu akan mendapatkan barang berkualitas dengan membayar setengah harga asli.
  • Gunakan Kartu Transportasi – apabila kamu tengah menempuh pendidikan, gunakan kartu khusus mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk bepergian dengan harga murah. Bagi pekerja, kamu bisa menggunakan metrocard bulanan. 
  • Kerja Sampingan – untuk menambah penghasilan tidak ada salahnya bekerja sampingan. Di Amerika, kamu akan dibayar dengan sistem hitungan per jam. Selain mendapatkan uang tambahan, cara ini efektif untuk memperluas jaringan dan menambah pengalamanmu. 

Demikianlah informasi mengenai biaya hidup di Amerika yang dapat kamu jadikan sebagai gambaran. Gunakan informasi tersebut untuk mempertimbangan banyak hal sebelum memutuskan untuk menetap di Amerika. Kalau kamu ingin melakukan transfer ke luar negeri tanpa repot dan aman, jangan ragu menggunakan layanan Flip Globe. Yuk, unduh dan pakai Flip  sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi