mural
homeforward
Kamu Perlu Tahu, Segini Biaya Admin Bank BTN Per Bulan

Kamu Perlu Tahu, Segini Biaya Admin Bank BTN Per Bulan

Berapa biaya admin Bank BTN? Pertanyaan ini sering diajukan oleh calon nasabah yang tertarik menggunakan layanan dari Bank BTN. Pada dasarnya, setiap bank memang menerapkan biaya admin per bulan dengan nominal bervariasi. Biasanya, besaran biaya admin disesuaikan dengan jenis rekening tabungan dan kartu debit yang digunakan.

Lantas, apa sebenarnya biaya admin bank? Berapa biaya admin Bank BTN setiap bulannya? Yuk, cari tahu informasinya melalui artikel berikut ini ya!

Baca Juga: Produk Bank BTN: Ada 5 Jenis Tabungan Lho! Pilih Mana?

Sekilas Tentang Biaya Admin Bank

38-1 Envato-min.jpg

Sumber: Envato

Biaya admin bank merupakan biaya yang dibebankan bank pada nasabah setiap bulan untuk menikmati layanan tertentu. Biaya admin bervariasi tergantung jenis rekening, jenis layanan yang digunakan, dan kebijakan bank. 

Biaya admin digunakan oleh bank untuk mendukung layanan dan fasilitas, pemeliharaan sistem dan operasional, biaya untuk layanan tambahan, menjaga keamanan, hingga pengembangan produk dan layanan. 

Tentunya, penerapan biaya admin bulanan juga merupakan kepatuhan yang dilakukan bank terhadap aturan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. Adapun bank melakukan pengelolaan biaya admin bulanan untuk berbagai kebutuhan berikut:

  1. Biaya admin dikelola bank untuk mendanai layanan dan fasilitas, seperti ATM, penggunaan kartu debit atau kredit, layanan perbankan digital, dan dukungan pelanggan.
  2. Biaya admin secara tidak langsung telah membantu bank menutupi biaya pemeliharaan dan operasional rekening, pemrosesan transaksi, keamanan data, serta sistem teknologi informasi.
  3. Setiap transaksi, mulai dari cetak rekening koran, tarik tunai, hingga transfer memerlukan biaya operasional yang tak sedikit. Untuk menekan risiko kerugian, bank menggunakan biaya admin untuk menutupi kekurangan biaya transaksi tersebut.
  4. Bank kerap menggunakan biaya admin untuk menjaga bisnis tetap berjalan sesuai target. Melalui biaya admin yang dibebankan setiap bulan, bank bisa mendapatkan keuntungan dan memastikan bisnis tetap berlanjut.

Berapa Biaya Admin Bank BTN?

Transfer gratis dari BTN ke bank lain

Adapun besaran biaya admin bank BTN setiap bulan untuk berbagai jenis rekening, antara lain sebagai berikut.

1. BTN Batara

BTN Batara merupakan salah satu jenis tabungan yang paling banyak dipilih oleh nasabah. Maklum saja, BTN Batara menawarkan kemudahan akses layanan perbankan kapan pun dibutuhkan. Untuk membuka rekening BTN Batara diperlukan setoran awal Rp50 ribu. Biaya admin rekening BTN Batara setiap bulan Rp12.500.

2. BTN e’BATARAPOS

BTN e'BATARAPOS memungkinkan kamu untuk melakukan tarik tunai di seluruh kantor POS yang tersebar di Indonesia. Tabungan jenis ini dikenakan biaya admin Rp10 ribu setiap bulan. Pembukaan setoran awal BTN e’BATARAPOS minimal Rp50 ribu, sangat terjangkau dan bisa kamu jadikan pilihan untuk menyimpan uang dengan aman.

3. BTN Payroll

BTN Payroll Individu merupakan rekning tabungan yang ditujukan khusus untuk membayar gaji secara otomatis dari perusahaan. Pembukaan rekening ini memerlukan Rp50 ribu sebagai setoran awal. Biaya administrasinya cukup terjangkau, Rp12.500 per bulan.

4. BTN Bisnis

BTN Bisnis hadir untuk membantu para pengusaha untuk menyimpan dan mengelola keuangan dengan aman dan lebih efisien. Untuk membuka rekening BTN Bisnis diperlukan setoran awal Rp1 juta. 

Biaya admin Bank BTN untuk layanan ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni Rp25 ribu untuk Giro BTN Bisnis dan Tabungan BTN Bisnis tidak dikenakan biaya admin asalkan saldo di atas Rp5 juta. Jika saldo Tabungan BTN Bisnis di bawah Rp5 juta, kamu akan dikenakan biaya admin Rp12.500.

5. Batara Felas

Sesuai namanya, BTN Felas (Fee Less Account Service) merupakan tabungan yang tidak dibebankan biaya administrasi bulanan. Cocok bagi kamu yang ingin memiliki tabungan tanpa memikirkan potongan admin setiap bulan. Untuk membuka rekening ini, diperlukan setoran utama minimal Rp50 ribu.

6. BTN Pensiun

BTN Pensiun dirancang khusus untuk membantu kebutuhan finansial pensiunan. Biaya admin yang dibebankan bank pada pemilik rekening BTN Pensiun setiap bulannya sebesar Rp7.500.

Baca Juga: Catat! Ini Batas Limit Transfer BTN ke Bank Lain

7. Tabunganku

Tabunganku merupakan alternatif jenis tabungan yang bisa kamu pilih untuk menyimpan uang. Selain syarat pembukaan mudah dengan setoran Rp20 ribu, kamu tidak dikenakan biaya bulanan selama menjaga saldo minumum. Apabila saldo di bawah standar tersebut, kamu akan dikenakan biaya admin Rp2.000.

Demikianlah informasi mengenai biaya admin bank BTN yang perlu kamu tahu. Dari penjelasan singkat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa biaya admin yang dibebankan pada nasabah dibedakan menurut jenis rekening yang dimiliki. 

Rata-rata, biaya admin tabungan khusus untuk penggunaan pribadi lebih murah dibanding biaya admin tabungan bisnis. Nah, kalau kamu belum punya rekening Bank BTN dan ingin kirim uang ke sesama Bank BTN, kamu bisa menggunakan aplikasi Flip. 

Berbekal Flip, kamu bisa kirim uang dengan praktis, tanpa harus pergi ke bank ataupun memiliki banyak rekening bank. Asyiknya lagi, sekarang transfer dari BTN ke 100+ bank pakai Flip gratis biaya admin lho! Ayo, pakai Flip dan nikmati bebas biaya transfer!

Transfer gratis dari BTN via Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi