mural
homeforward
Mau Bayar dengan QRIS di Singapura? Begini Caranya!

Mau Bayar dengan QRIS di Singapura? Begini Caranya!

Selama ini, mungkin kamu sudah sering menggunakan QRIS untuk membayar belanjaan dan jajanan di Indonesia. Tapi, tahukah kamu kalau sekarang kamu juga bisa menggunakan QRIS di Singapura

Ya, semuanya berkat teknologi QRIS Cross Border atau QRIS lintas negara yang dirilis oleh Bank Indonesia dan berbagai penyedia layanan perbankan di Asia Tenggara pada awal tahun 2023 lalu! Jadi, kamu cukup bawa smartphone saat ingin bertransaksi di luar negeri, deh. Bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak di sini!

Baca Juga: Cara Bayar QRIS yang Anti-Ribet untuk Berbagai Transaksi

Langkah-langkah Bayar Pakai QRIS di Singapura

langkah bayar qris di singapura

Sumber: Freepik

Jangan khawatir, cara bayar dengan QRIS di Singapura sama sekali tidak sulit, kok. Soalnya, kamu cukup mengikuti langkah-langkah praktis di bawah ini:

  1. Pastikan kamu menggunakan aplikasi mobile banking yang mendukung fitur QRIS Cross Border;
  2. Pilih menu pembayaran dengan kode QR di aplikasi yang kamu gunakan;
  3. Berikan izin akses kamera dan scan kode yang ada di depanmu dengan kamera smartphone;
  4. Masukkan nominal pembayaran dalam mata uang dolar Singapura/SGD;
  5. Cek kembali tujuan dan nominal pembayaran yang tertera dalam mata uang rupiah pada layar aplikasi;
  6. Masukkan PIN transaksi, dan tunggu sampai notifikasi transaksi berhasil muncul.

Syarat Menggunakan QRIS Cross Border di Singapura

Selain memiliki aplikasi mobile banking lokal yang mumpuni, kamu juga perlu memperhatikan syarat lainnya sebelum bertransaksi menggunakan QRIS di Singapura. Soalnya, transaksi dengan QRIS di negara Singapura hanya bisa dilakukan di toko yang sudah tergabung dalam jaringan Network for Electronic Transfers (NETS).

Bagaimanakah kamu bisa mengetahui apakah toko yang kamu tuju sudah termasuk dalam jaringan partner tersebut? Gampang, kok! Caranya, coba lihat kertas kode QR yang mereka miliki. Kalau ada logo NETS atau SGQR + NETS di sana, berarti toko tersebut sudah bisa menerima pembayaran dengan QRIS.

Keuntungan Bayar dengan QRIS di Singapura

Bayar pakai QRIS Flip

Apa saja kelebihan membayar barang atau jasa dengan QRIS di Singapura ketimbang menggunakan uang tunai? Semuanya sangat praktis! Kamu bisa langsung menyimak penjelasan selengkapnya di bagian berikut:

1. Tidak perlu tukar uang tunai lagi

Dahulu, kalau kamu ingin berbelanja setibanya di luar negeri, besar kemungkinan kamu harus mencari jasa penukar mata uang kalau tidak punya kartu kredit. Tentunya, hal ini sangat menyita waktu dan energi, terutama kalau layanan tersebut tidak ada di lokasi sekitarmu. Tapi, dengan QRIS Cross Border, kamu tidak perlu melakukan hal tersebut lagi! 

Cukup dengan scan QR pakai smartphone, kamu bisa langsung menggunakan saldo yang tersimpan di rekening bank negara asalmu. Jadi, kamu akan lebih hemat waktu, dan kamu pun memiliki lebih banyak kesempatan untuk berbelanja serta jalan-jalan.

2. Tidak perlu repot menghitung nilai kurs mata uang

Pernahkah kamu kerepotan mengkonversi mata uang negara tujuan ke rupiah secara manual? Apalagi, mengingat nilai kurs yang bisa berubah sewaktu-waktu juga bukanlah hal mudah! Untungnya, sekarang kamu tidak perlu merasa kesulitan menghitung nilai kurs mata uang karena kecanggihan QRIS antar negara.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem aplikasi mobile banking akan langsung mengkonversi harga yang tertera dalam mata uang dolar Singapura ke rupiah mengikuti nilai kurs terkini. Hasilnya, kamu pun bisa langsung melunasi transaksi dengan lebih mudah dan cepat saat menggunakan QRIS di Singapura.

Baca Juga: 6 Aplikasi QRIS yang Mudah Digunakan untuk Transaksi

3. Lebih aman dan terjamin

Ketika jalan-jalan ke luar negeri, bahkan ke negara yang terkenal dengan tingkat keamanannya seperti Singapura, membawa banyak uang tunai tetap memiliki risiko tersendiri. Pasalnya, uang tunai lebih riskan tercecer dan hilang di tempat lain. 

Namun, dengan QRIS di Singapura, kamu bisa bertransaksi secara lebih aman karena danamu sudah terenkripsi dengan teknologi aplikasi mobile banking agar tidak mudah hilang atau dibobol pihak tidak bertanggung jawab.

Tertarik menggunakan QRIS di Singapura saat jalan-jalan nanti? Sebelum jadwal keberangkatanmu, pastikan kamu punya saldo yang mencukupi di rekening bankmu! Lalu, bagaimana kalau sebagian besar uangmu malah berada di rekening bank lain? Jangan khawatir dulu, karena ada solusi mudahnya: pakai aplikasi Flip. 

Dengan Flip, kamu bisa mengirimkan uang ke ratusan rekening bank di Indonesia sekaligus menghemat biaya transfer antarbank secara bersamaan, lho! Coba juga fitur QRIS di Flip untuk memudahkan kamu ketika belanja dan transaksi. Menarik, kanYuk, coba kemudahannya sekarang dan download aplikasinya di sini!

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi