mural
homeforward
6 Aplikasi QRIS yang Mudah Digunakan untuk Transaksi

6 Aplikasi QRIS yang Mudah Digunakan untuk Transaksi

Kini, transaksi menggunakan QRIS sudah semakin mudah. Nggak cuma karena banyak merchant menyediakan metode pembayaran satu ini, tapi juga muncul beragam aplikasi QRIS yang ramah pemula. Alhasil, kamu yang baru pertama kali menggunakan QRIS pun bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Memangnya, aplikasi apa saja, sih, yang bisa kamu gunakan untuk pembayaran dengan QRIS? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Baca Juga: QRIS SeaBank: Kelebihan dan Cara Membuatnya yang Gampang

DANA

QRIS Dana

Sumber: Freepik

DANA dikenal sebagai salah satu aplikasi dompet digital asal Indonesia. Selama saldo dompet digital mencukupi, kamu bisa menggunakan DANA untuk melakukan berbagai transaksi cashless, mulai dari bayar tagihan hingga pembayaran QRIS.

Kalau ingin menggunakan DANA sebagai aplikasi pembayaran QRIS, kamu bisa klik opsi “Scan/Pay” pada menu utama aplikasi. Setelah itu, arahkan kamera smartphone pada kode QRIS di merchant yang kamu datangi. Tunggu hingga proses scanning selesai dan muncul notifikasi transaksi berhasil. Saldo DANA kamu akan otomatis terpotong sesuai jumlah pembayaran.

OVO

Sama seperti DANA, OVO juga merupakan aplikasi dompet digital yang digunakan banyak orang di Indonesia. Berdasarkan data E-Wallet Industry Outlook 2023 yang dirilis Insight Asia, pengguna OVO mencapai 70%. 

Hal tersebut tidak mengejutkan karena pemakaian OVO terbilang cukup mudah, termasuk untuk QRIS. Kamu hanya perlu membuka aplikasi OVO, klik opsi “QRIS” di bagian tengah bawah halaman utama, lalu arahkan kamera smartphone ke kode QR yang disediakan merchant.

Menariknya lagi, OVO juga punya program loyalty rewards bernama OVO Point. Tiap melakukan transaksi menggunakan OVO, kamu akan mendapatkan OVO Point yang bisa digunakan kembali untuk pembayaran digital.

GoPay

Bayar pakai QRIS Flip

Sebelumnya, dompet digital GoPay hanya tersedia pada aplikasi Gojek. Namun, saat ini telah hadir aplikasi GoPay yang rilis pada 26 Juli 2023 lalu. 

Kamu bisa menggunakan GoPay sebagai aplikasi QRIS dengan menekan tombol “QRIS” di halaman utama aplikasi GoPay. Kemudian, scan kode QR dari merchant dan masukkan nominal transaksi. Klik “Bayar” dan masukkan PIN untuk menyelesaikan pembayaran.

Tapi kalau belum punya aplikasi GoPay, kamu masih bisa menggunakan aplikasi Gojek untuk pembayaran QRIS, kok. Caranya, buka aplikasi Gojek dan klik tombol “Pay” di sebelah saldo GoPay. Setelah itu, kamu bisa langsung scan kode QR dan melakukan pembayaran.

BCA Mobile

QRIS BCA

Sumber: Freepik

Bank Central Asia (BCA) merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Untuk mendukung layanan perbankan, mereka menyediakan mobile banking melalui aplikasi bernama BCA Mobile. Aplikasi ini terhubung dengan rekening BCA milikmu, sehingga kamu tidak perlu top-up saldo untuk melakukan transaksi QRIS.

BCA Mobile juga merupakan aplikasi pembayaran QRIS yang mudah digunakan. Untuk menggunakannya, buka aplikasi BCA Mobile, klik opsi “m-BCA”, dan login dengan kode akses. Kemudian, klik tombol “QRIS” di bagian tengah bawah layar untuk scan kode QR dan melakukan pembayaran.

Livin' by Mandiri

Tidak hanya BCA, bank-bank lain di Indonesia juga menyediakan aplikasi pembayaran QRIS melalui layanan mobile banking mereka. Salah satunya adalah Bank Mandiri dengan aplikasi bernama Livin’ by Mandiri.

Melakukan transaksi QRIS dengan Livin’ by Mandiri juga tidak kalah mudah, kok. Setelah login pada aplikasi Livin’ by Mandiri, kamu bisa klik tombol “QR Bayar” di halaman utama aplikasi. Setelah itu, arahkan kamera smartphone pada kode QR yang tersedia dan masukkan nominal pembayaran.

Jangan lupa pilih rekening sumber yang akan digunakan untuk transaksi, lalu klik “Lanjutkan” dan aplikasi akan menampilkan Konfirmasi Transaksi. Kalau sudah sesuai, kamu bisa klik “Lanjut Transfer” dan masukkan PIN untuk menyelesaikan pembayaran.

Baca Juga: Kelebihan Bayar Pakai QRIS Bank Jago dan Caranya

BRImo

Selain BCA dan BRI, ada pula Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang juga menyediakan fasilitas QRIS melalui aplikasi mobile banking bernama BRImo. Bagi nasabah BRI yang ingin menggunakan BRImo sebagai aplikasi QRIS, kamu bisa login terlebih dulu di aplikasi BRImo.

Kemudian, klik tombol “QRIS” dan scan kode QR yang disediakan merchant. Pastikan nama merchant yang muncul pada layar smartphone sudah sesuai, lalu pilih sumber dana dan tekan “OK”. Setelah itu, input nominal pembayaran dan cek detail transaksi. Jika sudah benar, klik “Bayar” dan input PIN untuk menyelesaikan pembayaran.

Selain menggunakan aplikasi QRIS di atas, kamu bisa juga coba fitur QRIS Flip. Beli atau belanja apapun jadi lebih mudah bertransaksi dengan QRIS Flip. Supaya transaksi QRIS Flip lancar, pastikan Flip Saldo kamu selalu mencukupi, ya. 

Kamu juga bisa transfer melalui fitur Money Transfer pada aplikasi Flip. Fitur ini melayani transfer uang ke lebih dari 100 bank di Indonesia dengan biaya lebih hemat!. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Flip melalui Apple App Store atau Google Play Store untuk melengkapi transaksi QRIS kamu!

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi